Lifestyle

09 08 2022

Big Five Personality: Cara Mudah Kenali Karakter Diri Sendiri

Kamu lebih dominan yang mana nih?

81 Views

Big Five Personality: Cara Mudah Kenali Karakter Diri Sendiri

Ungkapan tentang mengenal diri sendiri jauh lebih sulit daripada mengenal orang lain nyatanya benar adanya. Kadang kita begitu paham dengan karakter dari sahabat kita karena sudah lama mengenal mereka, tapi kita sering tidak memahami karakter yang ada pada diri sendiri. 

 

Merasa sulit memahami diri sendiri bukan hanya dirasakan oleh dirimu saja, ada banyak orang lain yang juga mengalami permasalahan yang sama. Lewat Big Five Personality, kamu akan dimudahkan untuk bisa mengenal karakter dan sifat yang sering tidak kamu sadari. 

Apa itu Big Five Personality

undefined

Teori psikolog kepribadian yang terus berkembang memunculkan berbagai teori yang lebih dipermudah untuk dipahami dan akhirnya memunculkan Big Five Personality. Big Five Personality adalah teori kepribadian yang mempercayai bahwa setiap manusia memiliki lima dimensi dasar dalam pembentukan kepribadian atau karakter.

 

Big Five Personality yang dikenal dengan nama OCEAN merupakan akronim dari Openness, Conscientiousness, Extraversion, Agreeableness, dan Neuroiticsm, dimana masing-masing sifat merupakan perwakilan dari kepribadian yang ada pada manusia.

 

Meski teori kepribadian Big Five Personality dirasa begitu umum karena meringkas teori yang dikemukakan oleh Cattel sebelumnya, tapi teori ini telah didukung oleh berbagai riset dan literasi sehingga dapat dijadikan acuan untuk lebih mengenal kepribadian yang ada pada diri sendiri. 

5 Kepribadian dari Big Five Personality

Kemunculan teori Big Five Personality bukan berarti membatasi berbagai kepribadian yang ada pada diri manusia, tapi sebagai garis besar yang memudahkan manusia untuk mengetahui dengan jelas kepribadian diri sendiri. 

1. Openess

undefined

Openness menjadi kepribadian yang terbuka, menonjol dalam imajinasi serta suka mengeksplorasi pengalaman baru. Orang yang memiliki nilai openness tinggi cenderung lebih suka melakukan petualangan, agar bisa mengekspresikan segala rasa keingintahuan mereka. Mereka merasa nyaman bermain dengan ide-ide baru dan tidak takut dengan perubahan.

 

Jika hasil persentasenya kecil, artinya kamu kepribadian yang cenderung menyukai sesuatu yang sudah pasti dan tidak abstrak. Menjalankan sesuatu yang sudah jelas akan terasa lebih mudah serta mengurangi timbulnya kesalahan. 

 

Baca Juga
Identifikasi Chronotype Diri untuk Meningkatkan Produktivitas

2. Conscientiousness

undefined

Conscientiousness adalah sifat well-organize, tepat waktu, perfeksionis, dan ambisius. Mereka cenderung suka sesuatu yang teratur dan butuh waktu lebih lama untuk beradaptasi dengan perubahan. 

 

Seseorang yang memiliki skor atau persentase tinggi dari conscientiousness artinya mereka memiliki sifat disiplin yang tinggi, pekerja keras, rapi, dan dapat diandalkan. Sebaliknya seseorang yang memiliki skor atau persentase rendah, mereka akan kehilangan arah, tidak teratur, dan kurang disiplin, tidak menyukai struktur, suka menunda pekerjaan penting, dan cenderung untuk tidak memperdulikan hal detail dalam mengurus sesuatu.

 

Baca Juga
Kenali 8 Tipe Kreatif untuk Melihat Potensi yang Kamu Miliki

3. Extraversion

undefined

Extraversion menjadi karakter yang senang bersosialisasi, memiliki kemampuan berbicara yang terarah, mampu menyampaikan pendapat dengan baik, dan dapat mengekspresikan emosi dengan caranya sendiri. 

 

Orang yang memiliki ekstraversi tinggi dapat dilihat dari cara mereka yang mudah bergaul dan bersosialiasi. Sementara orang yang memiliki ekstraversi rendah, mereka cenderung tertutup, lebih suka menyendiri, dan butuh energi yang besar agar bisa bersosialisasi dengan lingkungan sekitar.

4. Agreeableness

undefined

Agreeableness menjadi karakter yang lekat dengan sifat kooperatif dan dapat dipercaya. Kepribadian ini begitu cinta kedamaian dan sebisa mungkin menghindar dari segala hal yang dapat membuat keributan. 

 

Seseorang yang memiliki agreebleness dengan skor tinggi mengindikasikan seseorang yang ramah, suka menghindri konflik, serta cinta damai. Sebaliknya, jika seseorang agreeableness rendah, artinya mereka tidak mudah setuju dengan berbagai pendapat dan suka beradu argumen.

5. Neuroticism

undefined

Suasana hati yang mudah berubah menjadi salah satu tanda bahwa kamu memiliki neuroticism dengan angka yang tinggi. Perubahan mood dari senang ke sedih atau pun sebaliknya menandakan bahwa kamu memiliki ketidakstabilan emosi. Tak jarang kamu juga merasa gelisah dengan sesuatu yang belum terjadi. 

 

Seseorang yang memiliki skor tinggi dalan neuroticism menandakan bahwa seseorang tersebut mudah terganggu, sering cemas, khawatir, dan sulit untuk ditebak. Sebaliknya, jika skor neuroticism rendah artinya kamu bisa mengontrol emosi lebih baik.

Mengetahui karakter diri sendiri akan memudahkan kamu dalam bersosialisasi dan mengontrol diri sendiri di lingkungan sekitar. Jika kamu belum mengetahui karakter dari dirimu sendiri, cobalah untuk melakukan tes di link ini Truity.com.

 

Baca Juga
5 Website Tes Psikolog Agar Kamu Lebih Kenal Diri Sendiri
Kenali Love Language Wooga Squad di Acara In The Soop Friendcation

Topik Terkait

loading