Business Tip

Trend Marketing yang Efektif Untuk Bisnis di 2024

Brand baru harus coba!

2191 views
Trend Marketing yang Efektif Untuk Bisnis di 2024

Trend marketing di tahun 2024 mengalami beberapa perubahan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Perubahan ini terjadi karena adanya penyesuaian untuk membuat sebuah strategi marketing yang lebih efektif. 

 

Untuk menemukan strategi marketing yang tepat, brand perlu mengetahui dengan baik strategi marketing yang sesuai dengan brand mereka. Berikut adalah beberapa trend marketing di 2024 yang bisa kamu coba untuk mencapai tujuan bisnis kamu.

1. Konten Interaktif

Trend Marketing yang Efektif Untuk Bisnis di 2024

Konten interaktif adalah konten yang memungkinkan audiens untuk terlibat secara aktif dan langsung dengan konten yang diposting. Jenis konten ini mendorong audiens yang melihat konten untuk berpartisipasi dengan memberikan respon dan lebih terlibat, sehingga hubungan antara brand dengan audiens bisa menjadi lebih dekat.

 

Visibilitas brand juga akan meningkat jika audiens banyak yang beinteraksi dalam konten-konten yang dibuat. Contoh konten interaktif yang bisa dicoba antara lain adalah polling, ask me question, dan pilihan ganda yang ada di Instagram Story. Kamu juga bisa membuat konten interaktif di feed seperti mengadakan giveaway, atau mengikuti konten meme yang sedang trend namun dibuat related dengan brand.

 

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan untuk membuat konten yang interaktif adalah memahami audiens seperti behavior mereka dan apa yang membuat mereka tertarik, lalu pilihlah jenis konten yang sesuai dengan target audiens serta tentukan juga hashtag yang sesuai, kamu juga bisa memberikan hadiah jika ingin menarik lebih banyak audiens. Jangan lupa untuk memantau dan analisis kinerja konten untuk melihat efektifitasnya ya.

2. AI

Trend Marketing yang Efektif Untuk Bisnis di 2024

Dalam dunia marketing, AI atau Artificial Intelligence dapat dimanfaatkan untuk menjangkau pelanggan lebih luas. Metode marketing ini menggunakan machine learning untuk mengetahui apa saja yang pelanggan sukai dan mengembangkannya menjadi data yang dapat digunakan untuk menarik pelanggan.

 

Teknologi AI memiliki beberapa keuntungan dalam dunia marketing seperti mempermudah strategi pemasaran karena AI bisa menganalisis jenis dan target marketing suatu campaign, hal tersebut dapat meningkatkan efisiensi dan meringankan biaya operasional menjadi lebih terjangkau.

 

Contoh penggunaan AI marketing adalah cara Netflix merekomendasikan film dan tv show mereka kepada penggunanya. Netflix menganalisis riwayat penggunanya seperti preferensi genre dan jenis tayangan apa yang disukai, dengan begitu Netflix bisa merekomendasikan tayangan yang sesuai dengan selera penonton.

3. Chatbot

Trend Marketing yang Efektif Untuk Bisnis di 2024

Fitur live chat merupakan cara yang efektif untuk berkomunikasi dengan pelanggan, namun terkadang performa membalas chat yang kurang dapat membuat pelanggan kurang puas terhadap pelayanan brand. Oleh karena itu chatbot bisa menjadi solusi yang baik untuk brand yang memiliki fitur live chat untuk meningkatkan performa chat dengan pelanggan.

 

Chatbot dirancang untuk berinteraksi dengan manusia melalui teks atau pesan suara menggunakan bahasa yang mudah dipahami. Tujuannya adalah supaya customer experiencemeningkat, namun selain itu chatbot juga tergolong hemat biaya dan waktu sehingga memungkinkan brand untuk meningkatkan penjuaan.

 

Contohnya adalah Vutura Chatbot Indonesia yang memiliki teknologi untuk membuat chatbot di beberapa platform seperti Facebook, Telegram, Line, dan website.

4. Influencer Marketing

Trend Marketing yang Efektif Untuk Bisnis di 2024

Marketing jenis ini membentuk kerjasama antara brand dengan sosok yang punya pengaruh besar di media sosial atau yang biasa disebut dengan istilah influencer. Kemampuan para influencer untuk memengaruhi followers mereka bisa dimanfaatkan oleh brand guna meningkatkan brand awareness.

 

Influencer marketing yang berhasil akan membawa brand milik kamu lebih dikenal di kalangan tertentu berdasarkan kategori influencer dan followers nya. Oleh karena itu ketika hendak memilih influencer untuk bekerjasama, sebaiknya pastikan terlebih dahulu apakah audiens influencer tersebut sesuai dengan target market kamu atau tidak.

 

Beberapa hal lain yang perlu diperhatikan sebelum memilih influencer antara lain, kredibilitas sang influencer dan image nya di mata masyarakat, hindarilah memilih influencer dengan image buruk dan image yang tidak cocok dengan brand kamu. Lakukan research terlebih dahulu mengenai kerjasama dan skandal sang influencer di masa lalu.

5. Live Streaming

Trend Marketing yang Efektif Untuk Bisnis di 2024

Dulu hanya media saja yang bisa melakukan live streaming, namun seiring dengan adaya fitur live di aplikasi seperti TikTok, Instagram, YouTube, Facebook dan e-commerce, semua orang bisa melakukan live streaming. Dibandingkan dengan teknik digital marketing lainnya, live streaming memiliki interaksi yang paling mendekati dengan interaksi langsung karena audiens dan brand bisa melakukan komunikasi dua arah (melalui live streaming dan live chat).

 

Live streaming bisa mendorong sosialisasi melalui obrolan dengan konteks yang sama sehingga audiens yang ingin bertanya sesuai seputar brand atau produk bisa langsung menanyakannya ketika brand sedang live streaming. Hal ini tentu saja bisa meningkatkan kepuasan audiens terhadap respon yang mereka dapatkan dari pertanyaan mereka.

 

Keuntungan dari adanya fitur live streaming bagi brand adalah mereka dapat gratis melakukan promosi di media sosial secara langsung dengan audiens, selain itu untuk brand yang ingin berkolaborasi juga bisa dimudahkan dengan adanya live streaming.

Gunakanlah strategi marketing yang sesuai dengan brand dan goals yang ingin kamu capai, menggunakan stategi marketing yang tepat bisa membuat brand kamu memiliki image baik dan mudah diingat oleh target pasar. 

 

Untuk bisa memahami kebutuhan pelanggan dengan baik, kamu bisa coba layanan WiFi Advertising Platform dari HIGO. Dengan adanya survey di platform WiFi, pelanggan kamu bisa dengan mudah mengutarakan kebutuhan mereka dan kamu juga bisa memahami pelanggan lebih jauh lagi. Kunjungi higo.id jika ingin tau lebih lanjut!

 

Baca Juga

Cara Supaya Bisnis Lebih Menonjol Dibanding Pesaing

Tentang Brand Storytelling yang Perlu Kamu Ketahui

Topik Terkait

Artikel Populer

Artikel Terkait

Artikel Terbaru

53 Komentar
Berikan Komentar
The glowing sunset painted the sky with shades of

The glowing sunset painted the sky with shades of orange, pinkalsalllaa

Test komen

he standard Lorem Ipsum passage, used since the 1500s "Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat. Duis aute irure dolor in reprehenderit in voluptate velit esse cillum dolore eu fugiat nulla pariatur. Excepteur sint occaecat cupidatat non proident, sunt in culpa qui officia deserunt mollit anim id est laborum." Section 1.10.32 of "de Finibus Bonorum et Malorum", written by Cicero in 45 BC "Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque laudantium, totam rem aperiam, eaque ipsa quae ab illo inventore veritatis et quasi architecto beatae vitae dicta sunt explicabo. Nemo enim ipsam voluptatem quia voluptas sit aspernatur aut odit aut fugit, sed quia consequuntur magni dolores eos qui ratione voluptatem sequi nesciunt. Neque porro quisquam est, qui dolorem ipsum quia dolor sit amet, consectetur, adipisci velit, sed quia non numquam eius modi tempora incidunt ut labore et dolore magnam aliquam quaerat voluptatem. Ut enim ad minima veniam, quis nostrum exercitationem ullam corporis suscipit laboriosam, nisi ut aliquid ex ea commodi consequatur? Quis autem vel eum iure reprehenderit qui in ea voluptate velit esse quam nihil molestiae consequatur, vel illum qui dolorem eum fugiat quo voluptas nulla pariatur?" 1914 translation by H. Rackham "But I must explain to you how all this mistaken idea of denouncing pleasure and praising pain was born and I will give you a complete account of the system, and expound the actual teachings of the great explorer of the truth, the master-builder of human happiness. No one rejects, dislikes, or avoids pleasure itself, because it is pleasure, but because those who do not know how to pursue pleasure rationally encounter consequences that are extremely painful. Nor again is there anyone who loves or pursues or desires to obtain pain of itself, because it is pain, but because occasionally circumstances occur in which toil and pain can procure him some great pleasure. To take a trivial example, which of us ever undertakes laborious physical exercise, except to obtain some advantage from it? But who has any right to find fault with a man who chooses to enjoy a pleasure that has no annoying consequences, or one who avoids a pain that produces no resultant pleasure?" Section 1.10.33 of "de Finibus Bonorum et Malorum", written by Cicero in 45 BC "At vero eos et accusamus et iusto odio dignissimos ducimus qui blanditiis praesentium voluptatum deleniti atque corrupti quos dolores et quas molestias excepturi sint occaecati cupiditate non provident, similique sunt in culpa qui officia deserunt mollitia animi, id est laborum et dolorum fuga. Et harum quidem rerum facilis est et expedita distinctio. Nam libero tempore, cum soluta nobis est eligendi optio cumque nihil impedit quo minus id quod maxime placeat facere possimus, omnis voluptas assumenda est, omnis dolor repellendus. Temporibus autem quibusdam et aut officiis debitis aut rerum necessitatibus saepe eveniet ut et voluptates repudiandae sint et molestiae non recusandae. Itaque earum rerum hic tenetur a sapiente delectus, ut aut reiciendis voluptatibus maiores alias consequatur aut perferendis doloribus asperiores repellat." 1914 translation by H. Rackham "On the other hand, we denounce with righteous indignation and dislike men who are so beguiled and demoralized by the charms of pleasure of the moment, so blinded by desire, that they cannot foresee the pain and trouble that are bound to ensue; and equal blame belongs to those who fail in their duty through weakness of will, which is the same as saying through shrinking from toil and pain. These cases are perfectly simple and easy to distinguish. In a free hour, when our power of choice is untrammelled and when nothing prevents our being able to do what we like best, every pleasure is to be welcomed and every pain avoided. But in certain circumstances and owing to the claims of duty or the obligations of business it will frequently occur that pleasures have to be repudiated and annoyances accepted. The wise man therefore always holds in these matters to this principle of selection: he rejects pleasures to secure other greater pleasures, or else he endures pains to avoid worse pains."

TESTA

test dulu yaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa*********((((((((()______+++++++++++++++{}""""""""""""""?><<::

Test dummy (3)

yes

Test dummy (2)

TEST 123 TEST 123 TEST 123 TEST 123 VTEST 123 TEST 123 TEST 123 TEST 123 TEST 123 TEST 123 TEST 123 TEST 123 TEST 123 TEST 123 TEST 123 TEST 123 TEST 123 TEST 123 TEST 123 TEST 123 TEST 123 TEST 123 TEST 123 TEST 123 TEST 123 TEST 123 TEST 123 TEST 123 TEST 123 TEST 123 TEST 123 TEST 123 TEST 123 VTEST 123 TEST 123 TEST 123 VTEST 123 TEST 123 TEST 123 VTEST 123 VTEST 123 VTEST 123 TEST 123 TEST 123 TEST 123 TEST 123 TEST 123 TEST 123 VTEST 123 VTEST 123 TEST 123 TEST 123 TEST 123 TEST 123 TEST 123 TEST 123 TEST 123 TEST 123 TEST 123 TEST 123 TEST 123 TEST 123 TEST 123 TEST 123 TEST 123 TEST 123 TEST 123 VTEST 123 TEST 123 TEST 123 TEST 123 TEST 123 TEST 123 TEST 123 TEST 123 TEST 123 TEST 123 TEST 123 TEST 123 TEST 123 TEST 123 TEST 123 TEST 123 VTEST 123 TEST 123 TEST 123 TEST 123 TEST 123 TEST 123 TEST 123 TEST 123 VVVTEST 123 TEST 123 TEST 123 TEST 123 TEST 123 TEST 123 VVTEST 123 TEST 123 TEST 123 TEST 123 TEST 123 TEST 123 TEST 123 TEST 123 VVTEST 123 TEST 123 TEST 123 TEST 123 TEST 123 TEST 123 TEST 123 TEST 123 TEST 123 VTEST 123 TEST 123 TEST 123 VTEST 123 TEST 123 TEST 123 TEST 123 DUMMY TEST TEST 123 TEST 123 DUMMY TEST TEST 123 TEST 123 DUMMY TEST TEST 123 TEST 123 DUMMY TEST TEST 123 TEST 123 DUMMY TEST TEST......../https://blog.higo.id/en/trend-marketing-yang-efektif-untuk-bisnis-di-2024 DUMMY TEST COMMENT .............