Business Tips

20 06 2024

Cara Supaya Bisnis Lebih Menonjol Dibanding Pesaing

Intip rahasianya di sini!

121 Views

Cara Supaya Bisnis Lebih Menonjol Dibanding Pesaing

Mengembangkan bisnis di tengah persaingan yang ketat memang bukan perkara mudah. Kita harus lebih kreatif dan inovatif dalam menjalankan usaha. Dengan semakin banyaknya pesaing, tentu saja brand perlu terus beradaptasi agar bisnis tetap relevan dan menarik di mata pelanggan. Mengetahui cara membuat bisnis kita lebih menonjol adalah langkah penting untuk mencapai kesuksesan jangka panjang.

 

Dalam persaingan yang ketat, kita nggak cuma butuh produk atau layanan yang bagus, tapi juga strategi yang tepat untuk menarik perhatian dan kepercayaan konsumen. Baik usaha kecil maupun perusahaan besar, semua perlu menemukan cara untuk beda dari yang lain.

 

Menonjolkan keunikan dan membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan bisa jadi kunci untuk memenangkan persaingan di pasar yang dinamis ini. Dengan pendekatan yang tepat, setiap bisnis punya peluang untuk tumbuh dan berkembang, menciptakan dampak positif tidak cuma bagi pemiliknya, tapi juga bagi komunitas dan industri secara keseluruhan.

1. Menawarkan Produk dan Layanan yang Unik

undefined

Ada banyak produk dengan kualitas yang sama dijual di pasaran, oleh karena itu sebuah brand butuh faktor unik yang membedakan produk atau layanan yang ditawarkannya dengan brand lain. Brand bisa menambahkan nilai tambah seperti manfaat tambahan, fitur baru, atau kemasan yang lebih menarik.

 

Jika brand tersebut tergolong baru tentu saja penting untuk memiliki faktor unik ini karena sulit untuk memikat pelanggan jika produk atau layanan yang kamu tawarkan sama seperti brand yang digunakan oleh mereka sebelumnya.

2. Branding yang Kuat

undefined

Untuk menciptakan branding yang kuat kamu harus membuat identitas brand yang kuat juga. Buatlah nama brand yang mudah diingat namun tetap sesuai dengan image yang ingin kamu bangun. Lalu buat juga logo yang khas dengan menampilkan unsur yang menggambarkan brand tapi dengan design yang mudah diingat audiens. Pilihan color pallete juga dapat memengaruhi, lho. Bukan hanya sekedar harmonisasi warnanya saja, kamu juga harus melihat kecocokan antara warna dan image brand yang ingin kamu buat.

 

Brand storytelling juga bisa membantu kamu dalam memperkuat branding sesuatu. Metode storytelling dapat membuat brand lebih dekat dengan konsumen mereka secara emosional. Hal ini karena konsumen akan lebih related terhadap sesuatu yang relevan dengan mereka, oleh karena itu penting bagi brand untuk menyampaikan pesan mereka dengan baik kepada konsumen jika ingin punya branding yang kuat.

3. Strategi Marketing yang Efektif

undefined

Membuat strategi marketing yang efektif sangat lah penting bagi suatu brand, seiring berkembangnya waktu maka strategi yang digunakan juga harus menyesuaikan dengan zaman. Contohnya seperti di era digital seperti saat ini, kamu akan lebih efektif jika menggunakan teknik marketing digital seperti promosi di media sosial, email marketing, dan SEO dibandingkan menggunakan marketing tradisional di media cetak.

 

Marketing digital juga memungkinkan kamu untuk mendapat data preferensi pelanggan seperti apa yang menarik bagi mereka dan minat belinya sehingga kamu bisa menyesuaikan startegi marketing yang lebih baik untuk memikat lebih banyak pelanggan.

4. Perkembangan Hubungan dengan Pelanggan

undefined

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat pelanggan loyal dan tidak beralih ke brand lainnya, salah satunya bisa dengan membuat program royalitas. Kamu bisa memberikan penawaran khusus, harga spesial, hingga diskon kepada pelanggan setia. Kamu juga bisa membuat membership dengan benefit tertentu seperti poin kepada pelanggan.

 

Ajak pelanggan untuk memberikan feedback melalui survey tentang apa saja yang mereka sukai dan tidak sukai, dengan begitu kamu bisa lebih menyesuaikan layanan dan meningkatkan kualitas produk yang kamu tawarkan. 

5. Terus Berinovasi

undefined

Langkah yang paling penting untuk membuat pelanggan bertahan dan tidak kalah saing dengan brand lain adalah adanya inovasi. Melakukan inovasi dari segi produk ataupun pelayanan merupakan sesuatu yang harus dilakukan sebuah brand karena sebuah brand yang berfokus pada pelanggan akan lebih lama bertahan di pasaran.

 

Selain memahami pelanggan, penting juga bagi brand untuk mengetahui hal-hal apa saja yang sedang trend di pasaran. Inovasi baru yang sesuai dengan trend bisa menarik perhatian pelanggan baru untuk mencoba brand kamu!

Itu dia beberapa hal yang kamu perlukan untuk membuat suatu brand lebih menonjol di pasaran. Supaya brand kamu lebih terlihat dibandingkan pesaing memang butuh usaha yang besar. Selain harus memahami kebutuhan pelanggan dengan baik, kamu juga membutuhkan strategi pemasaran yang tepat untuk mencapai target pasar. 

 

Untuk bisa memahami kebutuhan pelanggan dengan baik, kamu bisa coba layanan WiFi Advertising Platform dari HIGO. Dengan adanya survey di platform WiFi, pelanggan kamu bisa dengan mudah mengutarakan kebutuhan mereka dan kamu juga bisa memahami pelanggan lebih jauh lagi. Kunjungi higo.id jika ingin tau lebih lanjut!

 

Tentang Brand Storytelling yang Perlu Kamu Ketahui

Rekomendasi Aplikasi AI Voice Generator Untuk Mengubah Suara

Topik Terkait

loading