Tech & Social Media

06 06 2024

Rekomendasi Aplikasi AI Voice Generator Untuk Mengubah Suara

Ubah audio dengan mudah dengan platform ini!

59 Views

Rekomendasi Aplikasi AI Voice Generator Untuk Mengubah Suara

Teknologi AI saat ini banyak digunakan untuk mempermudah kehidupan masyarakat modern. Salah satunya adalah teknologi voice generator yang banyak digunakan oleh para konten kreator untuk membuat konten. Meskipun voice AI generator masih pro-kontra di kalangan masyarakat, namun teknologi voice AI ini tetap populer di kalangan konten kreator dan pengguna internet, lho.

 

Ada banyak hal yang bisa dibuat dengan voice generator seperti mengubah logat bahasa, membuat suara menjadi mirip dengan selebriti, hingga membacakan teks yang kamu buat dengan suara khas ala Google. Bagi kamu yang penasaran dengan teknologi voice AI, berikut ini adalah beberapa rekomendasi voice AI generator yang bisa kamu coba!

1. Voicify

undefined

Sering dengar istilah AI cover? AI cover adalah cover dari para penyanyi atau tokoh terkenal yang dibuat menggunakan AI. Beberapa AI cover populer di media sosial karena terdengar sangat mirip bagaikan dinyanyikan secara sungguhan oleh tokoh yang mengcover. Bukan hanya tokoh di dunia nyata saja, tokoh animasi seperti Patrick Star dari Spongebob Squarepants juga bisa menjadi model AI di Voicify, lho.

 

Berikut adalah cara menggunakan fitur di Voicify.

1. Buat akun dan Login.

2. Pilih AI Model (Ada banyak pilihan tokoh terkenal seperti Ariana Grande, Michael Jackson, Monkey D. Luffy dll).

3.  Setelah pilih model, klik "Create Conversion" dan input audio yang ingin kamu ubah atau "Text-to-Speech" dan ketik kalimat yang ingin model katakan.

4. Klik "Ready to Convert" dan tunggu audio kamu selesai.

5. Download audio yang sudah jadi.

2. Meta Voice Studio

undefined

Fitur yang ada di Meta Voice Studio bisa kamu gunakan untuk membuat suara AI seperti suatu narasi, presentasi, bahkan sampai dengan karakter dalam game, lho. Kamu juga bisa membuat suara dengan karakteristik yang kamu inginkan, jadi meskipun dibuat dengan AI, tetap ada emosi di intonasi dalam setiap pelafalannya.

 

Berikut adalah cara menggunakan fitur di Meta Voice Studio.

1. Buat akun di Meta Voice Studio.

2. Pilih suara yang kamu mau (Di Meta Voice Studio library ada banyak jenis suara yang bisa kamu cocokan dengan kebutuhan kamu).

3. Siapkan audio yang ingin kamu ubah, selain input audio yang sudah ada, kamu juga bisa langsung bicara di microphone.

4. Ubah audio!

5. Setelah proses audio selesai, kamu juga bisa melakukan customize seperti adjusting pitch, volume, menambah reverb ataupun echo.

3. Speechify

undefined

Kamu yang sering scroll TikTok pasti sudah sering mendengar suara AI yang dibuat berdasarkan text yang diketik oleh pembuatnya. Nah dengan Speechify kamu bisa juga lho membuat fitur AI text to speech. Jadi kamu bisa membuat voiceover untuk konten dengan lebih mudah dan efisien. 

 

Hal yang membuat Speechify lebih unik dibandingkan dengan voice generator lainnya adalah kemampuannya untuk menerjemahkan image dari sebuah teks buku menjadi audio. Dengan fitur ini tentunya kamu bisa lebih mudah untuk membuat audio text.

4. Elevenlabs.io

undefined

Dibandingkan dengan voice generator lain, Elevenlabs.io punya suara yang sangat mirip dengan manusia, jadi buat kamu yang konten kreator bisa menggunakan fitur di Elevenlabs.io untuk membuat konten yang lebih menarik dengan voiceover nya. Untuk menikmati fitur Elevenlabs.io kamu bisa memilih banyak paketan nya dari mulai yang Gratis hingga yang seharga 275 USD per bulannya.

 

Layanan Gratisnya sendiri termasuk fitur text to speech, speech to speech, dan dubbing untuk maksimal 10,000 karakter, dilihat dari benefit yang ditawarkan,  Elevenlabs.io cukup worth it untuk kamu coba bukan? Jika kamu memilih paket berbayar maka jumlah karakter untuk dubbing akan ditambah sesuai dengan budget kamu hingga total 2 Juta karakter untuk sekali langganan.

5. VEED

undefined

Fitur di VEED menawarkan text to speech yang dapat membantu kamu dalam membuat konten di media sosial. Dengan total lebih dari 35 range suara yang berbeda dan 7 style suara unik, kamu bisa menciptakan karakter sendiri untuk suara di konten kamu. Jika tidak ingin repot, kamu juga bisa memilih karakter yang sudah tersedia di VEED, lho. Ada lebih dari 50 karakter dari etnis berbeda yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan konten.

 

Sayangnya VEED belum mendukung text to speech untuk aplikasi mobile untuk saat ini. Tetapi di versi web nya kamu bisa menemukan banyak fitur menarik seperti fitur video editing, kemampuan untuk mengubah kecepatan ataupun range suara, serta tersedia juga template yang siap digunakan untuk mempermudah pekerjaanmu.

Itu dia beberapa voice generator yang menggunakan AI untuk mengubah suara, dari mulai mengubah teks menjadi audio hingga mengubah suara seseorang menjadi orang lain termasuk para tokoh terkenal. Meskipun terdengar mudah dan menyenangkan, pastikan bahwa kamu menggunakan AI dengan bijak dan sesuai kebutuhan ya!

 

Baca Juga

Mengenal Apa Itu Meta Advantage+ Audience

Tips Viral! 7 Cara Meningkatkan Views Instagram Reels

Topik Terkait

loading