Tech & Social Media

28 11 2023

Tips Viral! 7 Cara Meningkatkan Views Instagram Reels

Jangan lupa terapkan ya!

289 Views

Tips Viral! 7 Cara Meningkatkan Views Instagram Reels

Dikenal sebagai saingan TikTok, saat ini Instagram Reels merupakan salah satu fitur Instagram yang paling banyak digunakan dan dilihat oleh para penggunanya. Jenis konten yang berbasis video ini, akan mendapatkan banyak views jika konten yang dimuat merupakan konten yang menarik sehingga akan lebih mudah untuk tampil di explore pengguna lainnya.

 

Konten yang menarik perhatian netizen biasanya merupakan konten yang sedang viral atau ramai dibahas di dunia maya, oleh karena itu penting bagi konten kreator untuk melakukan riset terlebih dahulu sehingga bisa membuat materi konten yang sesuai dengan trend pasar.

 

Namun meskipun sudah menyesuaikan dengan trend yang ada, tidak semua tayangan Instagram Reels bisa menarik perhatian audiens, oleh karena itu bagi kamu yang ingin meningkatkan jumlah views Instagram Reels akun mu, berikut ini adalah beberapa tips dan cara yang bisa kamu coba terapkan.

1. Buat dengan Simple

undefined

Istilah simple is the best memang benar adanya, terutama untuk konten di Instagram. Media sosial berbasis foto dan video ini memiliki pengguna yang cenderung malas membaca banyak teks, oleh karena itu jika kamu ingin menarik banyak views, buatlah konten semenarik mungkin dengan teks yang minim.

 

Bukan hanya teks saja yang perlu "simple" kamu juga perlu memerhatikan cara editing Instagram Reels supaya video yang kamu hasilkan tidak diedit secara berlebihan. Selain itu sebisa mungkin hindari pemakaian kata atau istilah sulit yang tidak umum dalam konten untuk menghindari kesalahpahaman dengan audiens.

2. Optimalkan Waktu

undefined

Hal lain yang perlu kamu perhatikan selain isi konten adalah waktu penayangan atau jam posting. Di setiap wilayah memiliki waktu berbeda yang efektif untuk posting Instagram Reels, oleh karena itu kamu perlu mengetahui waktu penayangan yang pas sesuai dengan target wilayah para audiens kamu.

 

Untuk mengetahui jadwal yang pas, kamu bisa melihat aktivitas followers kamu, lho. Caranya buka insight pada profile kamu, pilih "Total Followers" dan scroll hingga bawah, kamu akan melihat section "Most Active Times" selama beberapa hari ke sebelumnya. Setelah itu kamu bisa menyesuaikan jadwal posting kamu berdasarkan jam aktif followers.

3. Share ke Story

undefined

Setelah memposting Instagram Reels, sebaiknya kamu juga share konten tersebut atau repost ke Instagram Story. Selain untuk memberitau bahwa kamu memiliki konten baru, membuat Story juga bisa menambah views, lho. Reels yang dishare ke Story dan dilihat oleh orang lain, akan terhitung sebagai views juga.

 

Supaya Instagram Story yang kamu posting tidak diskip, kamu harus membuat Story yang menarik dan tidak berlebihan. Hal-hal yang perlu kamu perhatikan ketika membuat Instagram Story antara lain adalah penempatan sticker, jumlah kata atau caption yang digunakan, serta pemilihan kata atau kalimatnya. Pastikan hal-hal tersebut tidak berlebihan ya!

4. Perhatikan Frekuensi

undefined

Dalam satu minggu, biasanya berapa kali kamu memposting Instagram Reels? Jumlah Reels yang kamu post juga memengaruhi jumlah views pada setiap konten Reels yang kamu buat. Semakin sering kamu memposting Reels, maka followers kamu juga akan makin terbiasa dengan akun kamu, oleh karena itu konten kamu mungkin akan sering lewat explore followers kamu.

 

Tidak perlu memposting setiap hari jika kamu merasa keberatan, kamu bisa menyesuaikan jadwal posting Instagram Reels sesuai dengan kebutuhan dan tujuan yang ingin kamu capai dengan akun kamu. Ada beberapa jadwal posting Instagram yang bisa kamu sesuaikan dengan tujuan akun kamu, seperti untuk keperluan bisnis atau personal.

5. Berkualitas Tinggi

undefined

Bukan hanya isi konten saja yang perlu kamu perhatikan kualitasnya, kamu juga perlu memerhatikan kualitas dari video dan audio yang kamu rekam. Sebagai media sosial yang berbasis foto dan video, tentu saja visual konten yang kamu upload memiliki peran yang besar untuk menarik minat audiens karena sebuah konten yang bagus tidak akan populer jika visual yang digunakan dibawah standard.

 

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat konten dengan visual yang berkualitas, cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan perangkat yang proper dan melakukan recording di tempat yang sesuai dengan konten kamu. Jangan lupa untuk mengeditnya kembali sehingga Reels yang dihasilkan nantinya bisa lebih sesuai dengan target audiens kamu.

6. Shareable Content

undefined

Pernah kah ketika kamu sedang scroll Instagram Reels dan tiba-tiba ingin mengirimkan konten tersebut kepada teman kamu? Hal tersebut bisa dengan sengaja kamu buat supaya konten kamu shareable, lho. Konten dengan tipe shareable ini bisa membuat views Instagram Reels kamu naik karena audiens kamu yang membagikan konten tersebut pada pengguna Instagram lainnya.

 

Syarat untuk membuat konten yang shareable sebenarnya cukup mudah jika kamu memahami target audiens kamu dengan baik. Yup! Kamu harus membuat konten yang relateable dengan audiens kamu jika ingin konten kamu dibagikan ke DM pengguna lain. Jenis konten ini bisa berupa edukasi atau konten entertain seperti meme.

7. Pelajari Trend

undefined

Tips terakhir yang tentunya sangat penting adalah mempelajari trend yang sedang berlangsung. Kamu yang memang sering scrolling Instagram Reels pasti akan hafal konten atau sound apa saja yang sekarang sedang trend atau viral, namun kamu yang tidak memiliki banyak waktu untuk scroll media sosial, bisa mempelajari trend dengan beberapa tools seperti Google Trends.

 

Menggunakan sound atau remake konten yang sedang trending bisa meningkatkan views Instagram Reels kamu karena konten tersebut akan mendapat presentase yang lebih tinggi untuk muncul di explore pengguna lain. Selain itu sound yang viral juga akan lebih sering dicari sehingga mungkin saja Reels kamu juga akan muncul jika seseorang mencarinya di search bar bukan?

Butuh waktu yang tidak sebentar untuk membangun akun Instagram kamu supaya dipercaya oleh audiens hingga memiliki views konten yang tinggi. Namun jika kamu terus berusaha keras, bukan suatu kemustahilan konten kamu masuk jajaran video viral, bukan? Teruslah membuat konten positif dengan menhindari unsur yang mengandung SARA atau kebencian kepada seseorang dan kelompok tertentu.

 

Jika kamu memiliki media sosial untuk bisnis kamu dan tidak memiliki waktu untuk mengelolanya, serahkan saja pada HIGO! Sebagai integrated digital agency, HIGO bisa membantu kamu mencapai tujuan brand yang kamu miliki dan menyesuaikan konsep akun media sosial dengan keinginan kamu.

 

Baca Juga

Rekomendasi Konten Instagram Reels untuk Si Introvert Akut

5 Kesalahan Instagram Story yang Sering Dilakukan

Topik Terkait

loading