Lifestyle

12 06 2022

Kenali 8 Tipe Kreatif untuk Melihat Potensi yang Kamu Miliki

Kamu tipe yang mana?

703 Views

Kenali 8 Tipe Kreatif untuk Melihat Potensi yang Kamu Miliki

Selama ini secara tidak sadar kita menganggap bahwa orang kreatif adalah mereka yang berprofesi sebagai artis, sutradara, penyanyi, designer, atau content creator. Padahal, setiap orang memiliki tipe kreatifnya masing-masing yang tidak bisa disamakan, meski mereka tidak bekerja di industri kreatif.

 

Menurut Adobe Creative, tipe kreatif manusia dibedakan menjadi 8. Dimana setiap setiap tipe memiliki keunikan serta kelebihan yang tidak bisa disamakan. Agar lebih memahami kedelapan tipe kreatif tersebut, berikut penjelasannya untuk kamu. 

1. The Artist (Melihat dan membuat keindahan)

undefined

Potensi besar yang kamu miliki adalah kemampuan untuk mewujukan ide dan konsep. Saat berkreasi dan mengekspresikan apa yang kamu rasa menjadi sebuah karya, di situlah kamu merasa hidup dan bahagia.

 

Tak heran, otak kamu selalu dipenuhi dengan ide dan visi yang jelas untuk bisa membuat atau bahkan merubah sesuatu yang ada di sekitar kamu, menjadi lebih menarik untuk dinikmati.

 

Kecintaanmu terhadap keindahan, secara naluriah mengasah rasa yang kamu miliki dalam menciptakan sebuah karya. Tak heran tipe seniman seperti dirimu selalu menciptakan karya yang seolah-olah mampu berbicara kepada orang lain secara mendalam, serta mampu menginspirasi orang lain untuk melihat dunia dengan cara yang berbeda. 

2. The Thinker (Pemikir yang mendalam)

undefined

Keingintahuan yang besar membuatmu dapat menemukan dan menciptakan berbagai hal yang lebih bermakna. Kamu begitu tertarik dengan pemikiran yang mendalam tentang segala hal. Tak jarang pemikiranmu ini akan membawamu pada hal-hal yang tidak disadari orang lain. 

 

Namun, kamu memiliki tantangan besar yaitu harus belajar untuk menyeimbangkan teori yang ada dipikiranmu dengan tindakan. Cobalah untuk tidak terlalu terjebak dalam konsep dan abstraksi, karena ide-ide besar perlu untuk diwujudkan bukan hanya berhenti di pemikiran saja.

3. The Adventurer (Si petualang)

undefined

Sang petualang memiliki energi serta dan antusias yang tidak terbatas. Tak heran mereka mudah terinspirasi karena sering berkelana untuk melihat dan memuaskan keingintahuannya akan banyak hal. 

 

Jiwa kreatif yang penuh semangat, ekspresif, multi-talenta dengan kemampuan alami untuk menghibur dan menginspirasi, membuat tipe petualang memiliki daya pikat yang besar.

 

Mereka adalah pembelajar yang cepat, dengan banyak bakat, minat, dan juga hobi. Tak heran dengan bergerak dan bebas untuk menyalurkan bakat bagi kepentingan banyak orang, menjadi sebuah nilai kebahagian bagi tipe petualang. 

4. The Maker (Berkomitmen untuk selalu membuat)

undefined

Kamu adalah tipe kreatif yang paling mahir dalam membuat sistem dan mengembangkannya menjadi sebuah struktur yang sangat bermanfaat bagi orang lain. The maker selalu sibuk untuk memecahkan masalah untuk dapat menyelesaikan pekerjaan menjadi sebuah karya nyata. Tak heran tipe ini unggul dalam desain, kerajinan, arsitektur, dan bidang lain yang memadukan seni dengan bisnis dan teknologi.

 

The maker adalah tipe yang tidak pernah takut untuk melakukan kerja keras, memiliki fokus yang tinggi dan dedikasi yang tidak perlu diragukan lagi. Tipe kreatif ini mampu menggabungkan intuisi dan emosi untuk menghasilkan karya. Sehingga hasilnya terlihat lebih otentik dan orisinil.

5. The Producer (Proses adalah kekuatan)

undefined

The producer menjadi tipe kreatif yang paling berorientasi pada hasil. Di matanya , sebuah ide memiliki nilai nyata hanya ketika itu berubah menjadi sesuatu yang dapat dinikmati dan dimanfaatkan oleh orang lain. Tak heran the producer sering dijuluki sebagai tukang menyelesaikan. 


The producer akan merasa bangga dan puas ketika idenya dapat diimplementasi. Mereka akan menemukan kegembiraan dalam proses penciptaan meski dengan segala tantangan yang dihadapi. Kamu juga mampu membuat semua orang yang terlibat dapat bekerja sama dengan sangat baik untuk mencapai tujuan yang sudah direncanakan.

6. The Dreamer (Kekuatan dari imajinasi bisa dilepaskan)

undefined

The dreamer adalah tipe yang melihat dunia yang cara yang berbeda. Di saat banyak orang melihat dunia lewat fakta dan angka, the dreamer akan melihat dunia lewat simbol, metafora serta berbagai makna yang tersembunyi. 

 

Secara alami the dreamer tertarik untuk mengekspresikan apa yang mereka rasakan melalui sastra, musik, dan seni visual. Ini karena sifat emosional serta intuitif yang sudah begitu melekat dengan dirinya. 

 

Karunia terbesar dari the dreamer adalah kepekaan dan rasa empati yang begitu tinggi. Tak heran kamu mampu menyuarakan pendapat yang dapat menyentuh dan berkesan di hati setiap orang yang mendengarnya. 

7. The Innovator (Selalu bergerak)

undefined

Bagi sebagian orang perubahan adalah hal yang menakutkan, tapi bagi the innovator, perubahan menjadi jalan untuk menghasilkan karya yang lebih kreatif lagi. Kamu tipe orang yang suka mengambil risiko dan bereksperimen dengan ide-ide baru. 

 

Kamu tipe yang melihat segala sesuatu melalu lensa kemungkinan dan kemajuan. Kamu percaya setiap masalah yang datang selalu menyertakan solusi untuk diselesaikan dan selalu memikirkan perubahan untuk menciptakan sesuatu yang lebih baik lagi. 

8. The Visionary (Membayangkan yang mustahil)

undefined

Kamu percaya bahwa batasan hanya diciptakan dari dalam diri. Saat sebagian orang  percaya bahwa sesuatu itu mustahil untuk lakukan, namun bagi dirimu itu menjadi hal yang menyenangkan untuk dilakukan

 

The visionary mampu menggabungkan imajinasi yang jelas dengan keinginan untuk membuatnya menjadi nyata. Karismatik dan ekspresif adalah pesona kamu sebagai the visionary. Kamu bahkan mampu melihat potensi dari setiap orang yang kamu kenal, sehingga mampu memilih tim yang tepat untuk setiap project yang dikerjakan. 

Kedelapan tipe kreatif ini membuktikan bahwa setiap orang memiliki sisi kreatif masing-masing yang tidak perlu dibandingkan. Bagi kamu yang penasaran dan ingin membuktikan sendiri apa tipe kreatif yang ada di dalam dirimu, kamu bisa ikuti tes singkatnya di My Creative Type.

 

Baca Juga
Identifikasi Chronotype Diri untuk Tingkatkan Produktivitas
Love Language, Buat Hubungan dengan Teman Kantor Makin Solid

Topik Terkait

loading