Lifestyle

19 07 2022

5 Website Tes Psikolog Agar Kamu Lebih Mengenal Diri Sendiri

Yakin sudah mengenal diri sendiri dengan baik?

780 Views

5 Website Tes Psikolog Agar Kamu Lebih Mengenal Diri Sendiri

Mengenal diri sendiri bukan hanya sebatas mengetahui apa makanan favoritmu, tapi mengenal diri sendiri artinya kamu paham tentang tujuan hidupmu, pilihan karir yang kamu impikan, potensi yang ada, bagaimana kamu ingin diperlakukan oleh pasangan atau teman, hingga bisa mengontrol segala perilaku yang ada di dalam diri. 

 

Mengenal diri sendiri rasanya memang lebih sulit ketimbang memahami orang lain. Ini wajar, karena kamu melihat dan merasakan bagaimana perilaku orang lain terhadap dirimu, sedangkan diri sendiri kamu sering melakukannya secara tidak sadar. 

 

Agar bisa mengenal diri sendiri dengan baik, ada beberapa situs website yang memberikan tes psikolog secara gratis untuk membantu kamu lebih mengenal diri sendiri lebih baik. 

1. 16 Personalities untuk mengetahui tipe kepribadian

undefined

Tes kepribadian yang membantu kamu untuk mengenal siapa dirimu serta alasan yang membuatmu melakukannya adalah 16 Personalities. Tes ini memerlukan waktu 12 menit untuk menyelesaikannya dengan beberapa pertanyaan.

 

Sebelum memulai ada beberapa aturan yang perlu kamu pahami, jika ingin hasil dari tes ini beguna. Pertama cobalah untuk menjawabnya dengan jujur tanpa perlu takut dihakimi dan sebisa mungkin tidak menjawab netral agar hasilnya bisa lebih condong ke tipe kepribadian tertentu. 

 

Tes tipe kepribadian: www.16personalities.com

2. Riddle untuk mengetahui kecerdasan emosi

undefined

Setelah mengetahui tipe kepribadian yang ada pada dirimu, cobalah berlanjut pada kecerdasan emosi. Memiliki kecerdasan emosi begitu penting agar kamu bisa berinteraksi dengan orang lain. 

 

Namun sayangnya tidak banyak website yang menyediakan tes kecerdasan emosi secara gratis. Sehingga kehadiran riddle akan membantu kamu untuk mengetahui ada di level berapa tingkat kecerdasan emosi kamu. 

 

Meski lebih lekat untuk para pelajar, tapi dengan menjawab 35 pertanyaa kamu akan mengetahui ada di tingkat berapa kecerdasan emosi kamu. Sebelum mulai pastikan kamu menjawab semua pertanyaan dengan jujur dan tidak ada benar dan salah dalam tes kecerdasan emosi ini.

 

Tes kecerdasan emosi: www.riddle.com

3. 5 Love Languages untuk mengetahui bahasa cinta

undefined

Pembahasan tentang love language atau bahasa cinta memang semakin populer di kalangan generasi muda. Mereka yang memiliki pasangan mulai peduli dan ingin diperlakukan sesuai dengan love language yang dimiliki. 

 

Memahami love language diri sendiri dan pasangan mampu mengharmoniskan sebuah hubungan dan membuatnya langgeng. Jika kamu belum mengetahui apa love language kamu dan pasangan 5 Love Languages menjadi website yang tepat untuk kamu melakukan tes. 

 

Kamu bisa pilih bagian deskripsi "I am an adult", kemudian pilih "I am in a relationship" bagi kamu yang sedang menjalin hubungan dan "I am a single" untuk kamu yang sedang melajang. Setelahnya kamu bisa menjawab semua pertanyaan dengan jujur untuk mengetahui love language yang kamu miliki. 

 

Tes bahasa cinta: www.5lovelanguages.com

 

Baca Juga
Kenali 5 Bahasa Cinta Manusia, Kamu Dominan yang Mana?

4. Drozshow untuk mengetahui jam produktivitas

undefined

Mengetahui jam biologis tubuh atau yang dikenal dengan istilah chronotype akan membantu kamu menjadi lebih produktif. Bisa jadi selama ini kamu sulit berkonsentrasi di pagi hari dan baru semangat bekerja di siang hari karena memang jam produktif kamu itu siang hari. 

 

Layaknya kepribadian, setiap orang juga memiliki chronotype yang berbeda-beda. Ada 4 tipe chronotype yang berbeda. Mulai dari tipe beruang, tipe serigala, tipe singa, dan tipe lumba-lumba. 

 

Agar kamu mengetahui mana tipe chronotype yang ada pada dirimu, cobalah untuk melakukan tes yang dibuat oleh website Droz Show. Ada 30 pertanyaan yang perlu kamu jawab dengan jujur. 10 pertanyaan pertama kamu hanya perlu menjawab "True" or "False" dan sisanya pertanyaan tentang kebiasaan dirimu.

 

Tes jam produktif: www.drozshow.com

 

Baca Juga
Identifikasi Chronotype Diri untuk Tingkatkan Produktivitas

5. Satu Persen untuk mengetahui tingkat stres

undefined

Kehidupan di kota besar yang menuntut kecepatan memang sering berdampak pada tingkat stres yang tinggi. Berbagai tekanan secara fisik dan psikologis yang terus datang membuat rasa stres tidak mudah hilang begitu saja. 

 

Mengetahui tingkat stres dalam diri akan membantu kamu mengetahui keadaan kesehatan mental yang kamu alami sekarang. Tes tingkat stres di website Satu Persen akan membantu kamu mengukur tingkat stres. 

 

Ada 10 pertanyaan yang perlu kamu jawab dengan jujur. Pertanyaan tersebut berisi kondisimu dalam sebulan terakhir dalam menangani masalah untuk mengetahui tingkat stres yang sedang kamu rasakan. 

 

Tes tingkat stres: www.satupersen.net

Lewat kelima website di atas kamu bisa mengenal diri sendiri dan paham apa yang sedang kamu rasakan. Sehingga kamu bisa mulai fokus terhadap hal yang kamu suka, kelebihan yang kamu miliki, serta mulai memperbaiki berbagai hal yang dirasa kurang baik. 

 

Jika kamu memiliki rekomendasi website untuk tes kepribadian, kamu bisa share di kolom komentar. Bagi kamu yang butuh rekomendasi tempat nongkrong dengan fasilitas wifi, kamu bisa lihat berbagai lokasi HIGOspot di Google Maps. 

 

Baca Juga
Zeigarnik Effect: Selalu Teringat dengan Pekerjaan yang Belum Selesai

Topik Terkait

loading