Lifestyle

19 06 2022

Zeigarnik Effect: Selalu Teringat Pekerjaan yang Belum Selesai

Ini yang bikin kelapa pusing pas pulang kantor!

43 Views

Zeigarnik Effect: Selalu Teringat Pekerjaan yang Belum Selesai

Bekerja dari pagi hingga sore dan sudah banyak pekerjaan yang telah usai, tapi kenapa pikiran begitu tidak tenang karena mengingat sisa pekerjaan yang belum tuntas hari ini. Nah, kamu ada yang pernah merasa seperti ini?

 

Ternyata merasa digentayangi dengan pekerjaan yang belum selesai bukan berarti ada yang salah dengan diri kamu, tapi fenomena seperti ini ada penjelasan secara ilmiah yang dikenal dengan istilah zeigarnik effect.

Pengertian Zeigarnik Effect

undefined

Zeigarnik effect adalah sebuah kecenderungan mengingat sesuatu hal yang belum selesai, dibandingkan dengan hal yang sudah selesai dikerjakan. Sederhananya otak akan selalu mengingat dengan jelas segala hal yang belum selesai dan mengesampingkan segala hal yang sudah selesai dilakukan.

 

Misalnya kamu sedang maraton nonton series Stranger Things Season 4, otak kamu akan mengingat dengan jelas setiap episode akhirnya sambil menunggu episode baru tayang. Sedangkan, kamu akan mudah melupakan film lain yang sudah selesai kamu tonton dengan mudahnya.

 

Mengutip dari goodteraphy.org, kecenderungan mengingat hal yang belum selesai dikarenakan adanya ketegangan kognitif yang terjadi di otak ketika ada tugas atau pekerjaan yang belum selesai. Ketegangan inilah yang membuat otak terus mengingatnya dengan tujuan untuk mendorong kamu segera menyelesaikan pekerjaan tersebut.

 

Bahkan menurut penelitian lainnya, 90% otak manusia akan mengingat tugas atau pekerjaan yang belum selesai, ketimbang pekerjaan yang sudah selesai. Tak heran kamu selalu kepikiran bahkan kesulitan tidur saat ada tugas atau pekerjaan yang belum selesai. 

Manfaat dari Zeigarnik Effect

undefined

Terus mengingat pekerjaan atau tugas yang belum selesai terkadang membuat kamu merasa cemas, tertekan, dan perasaan tidak nyaman lainnya. Tapi, jika menyikapinya dengan cara yang positif, kamu bisa merubah kebiasaan buruk menjadi lebih baik lagi. Berikut beberapa manfaat positif dari zeigarnik effect.

1. Menghilangkan kebiasaan menunda pekerjaan

undefined

Terbayang dengan pekerjaan yang belum usai, memang membuat pikiran jadi tidak tenang. Dorongan pikiran agar kamu segera menyelesaikan pekerjaan, membuat kamu tidak akan menunda pekerjaan. 

 

Jadi kamu bisa memastikan semua pekerjaan bisa selesai sesuai dengan deadline yang sudah direncanakan. Sehingga kehidupanmu bisa seimbang antara waktu untuk bekerja dan untuk istirahat. 

2. Menjaga kesehatan mental

undefined

Terbayang-bayang dengan pekerjaan yang belum selesai tentu membuat pikiran tidak nyaman. Tapi sisi baiknya zeigarnik effect dapat memotivasi kamu untuk segera menyelesaikan pekerjaan.

 

Pekerjaan yang selesai membuat ketegangan otak menurun, efeknya kamu tidak akan merasa stres dan kesehatan mental pun akan terjaga dengan baik. Jadi pikiran yang tenang membuat suasana hati ikut senang!

 

Baca Juga
Masih Kesulitan Atur Waktu Kerja? Yuk, Terapin Hal Ini!

3. Meningkatkan produktivitas

undefined

Zeigarnik effect juga mampu meningkatkan produktivitas, lho. Hal ini karena otak memberi dorongan untuk segera menyelesaikan pekerjaan agar pikiran bisa lebih rileks. Kamu bisa mulai untuk membuat list pekerjaan yang wajib untuk diselesaikan hari ini atau esok hari.

 

Lewat list ini kamu bisa lebih tenang saat ada pekerjaan yang belum selesai dan tidak mudah merasa bersalah saat kamu me time atau hangout bareng teman-teman.

4. Meningkatkan rasa percaya diri

undefined

Sisi positif dari zeigarnik effect bisa meningkatkan rasa percaya diri, lho. Kamu yang sudah bisa mengatur waktu dan tidak menunda pekerjaan membuat performa jadi lebih baik di kantor dan memiliki waktu untuk membantu teman kantor lainnya. 

5. Dapat menerapkan work-life balance

undefined

Pola hidup work-life balance banyak diimpikan kaum urban yang selalu sibuk dengan pekerjaan. Rasanya waktu 5 hari untuk bekerja tidak pernah cukup untuk menyelesaikan semua tugas yang dimiliki, hingga sering mengambil waktu weekend

 

Saat bisa menerapkan zeigarnik effect, kamu bisa mengatur waktu kerja secara efisien dan efektif. Sehingga kamu tetap memiliki waktu untuk diri sendiri dan melakukan kegiatan yang kamu sukai tanpa perlu khawatir dengan pekerjaan. 

Zeigarnik effect yang membuat kamu terus memikirkan pekerjaan yang belum selesai dapat memberikan semangat dan motivitasi untuk segera menyelesaikannya. Tapi, jika kamu rasa cemas dan khawatir yang kamu rasakan terlalu berlebihan dan di luar kontrol kamu, cobalah untuk berkonsultasi dengan ahlinya ya.

 

Baca Juga
5 Penyebab Seseorang Merasa Kesepian Meski di Tempat Ramai
Mengenal Slow Living dan Penerapannya untuk Lebih Menikmati Hidup

Topik Terkait

loading