Lifestyle

28 05 2022

5 Penyebab Seseorang Merasa Kesepian Meski di Tempat Ramai

Tenang, kamu tidak sendiri!

104 Views

5 Penyebab Seseorang Merasa Kesepian Meski di Tempat Ramai

Kesepian jadi salah satu emosi yang pasti dirasakan oleh manusia. Perasaan ini biasanya akan muncul saat kamu baru saja kehilangan orang yang berarti dalam hidup, atau saat mengalami masalah sulit, tapi tidak memiliki seseorang yang bisa diajak berbagi perasaan. Tapi bagaimana jadinya kalau perasaan sepi yang kamu rasakan terjadi secara tiba-tiba dengan intensitas waktu yang terbilang sering? 

 

Perasaan kesepian yang muncul pada dasarnya adalah respon dari kejadian yang kita alami. Sehingga rasa kesepian yang muncul pasti memiliki sebuah alasan, meski terkadang kamu tidak menyadarinya. Agar kamu bisa memahami penyebab dari perasaan kesepian yang kamu rasakan, berikut alasanmu untuk kamu.

1. Sulit meminta bantuan

undefined

Tak semua orang mudah untuk bergantung dengan orang lain. Bagi sebagian orang yang hidup mandiri karena faktor keadaan, selalu menyelesaikan segal hal sendiri bukanlah menjadi pilihan, melainkan sebuah keharusan. 

 

Rasa sepi bisa melanda saat perasaan butuh bantuan muncul, namun sulit untuk mengungkapkannya. Meski sulit untuk memulainya, tapi cobalah untuk mempercayai orang lain dan membiarkan mereka membantu masalahmu. 

 

Meminta bantuan bukan berarti kamu menjadi seorang yang tidak mandiri, karena adakalanya sesuatu tidak bisa diselesaikan seorang diri. Mulai sekarang tidak perlu sungkan untuk meminta bantuan, jika dirasa diperlukan ya.

2. Terlalu mementingkan orang lain

undefined

Saat kamu merasa sudah mengorbankan kebahagiaan dirimu sendiri untuk orang lain, rasa kesepian pasti akan muncul dengan sendirinya. Perasaan tersebut seperti bentuk perlawanan yang muncul dari dalam tubuh, untuk kamu sadar bahwa hal tersebut tidaklah benar untuk dilakukan. 

 

Mementingkan diri sendiri bukanlah sebuah bentuk tindakan egois, tapi wujud cinta diri. Jadi mulai sekarang cobalah memilah dan memilih, agar kebaikan yang kamu lakukan tidak hanya berdampak baik untuk orang lain, tapi juga membuat perasaan kamu bahagia.

 

Baca Juga
Mengenal Slow Living dan Penerapannya untuk Lebih Memaknai Hidup

3. Sulit meluapkan emosi

undefined

Memendam perasaan emosi bukan hanya menimbulkan gangguan kecemasan, tapi juga perasaan kesepian. Sehingga cobalah untuk jujur dengan perasaan yang kamu rasakan. Saat kamu merasa tidak nyaman, segeralah utarakan. Kamu tidak perlu untuk memikirkannya sendiri dan membuat dirimu kesulitan seorang diri.

4. Merasa tidak ada yang memahami

undefined

Merasa tidak memiliki siapa pun yang memahami perasaanmu menjadi faktor yang paling sering menjadi penyebab seseorang merasa kesepian. Perasaan berbeda dan sulit untuk diterima membuat kamu merasa sulit untuk dimengerti atau dipahami. Rasanya tidak ada satu orang pun yang bisa memahami kondisi kamu dan membuat kamu semakin merasa kesepian. 

 

Agar bisa mengatasi perasaan tersebut, cobalah untuk terbuka dengan seseorang yang kamu percaya. Saat kamu mampu menceritakan apa yang kamu rasakan, maka secara alamiah akan ada satu orang yang pasti memahami dirimu dan menerima kamu dengan tangan terbuka.

5. Sulit merasa terhubung dengan orang lain

undefined

Beberapa penelitian menemukan, seseorang yang merasa sulit terhubung dengan orang lain akan mudah merasa kesepian. Mereka berharap untuk memiliki hubungan yang erat dan hangat, tapi sulit untuk melakukannya. 

 

Memiliki hubungan dengan orang lain memang butuh waktu dan proses penerimaan yang besar. Meski bagi kamu proses tersebut terasa sulit, namun jika kamu bisa melewatinya, kamu akan menemukan seseorang yang bisa memahami kamu karena hubungan yang saling terjalin dengan baik.

Perasaan kesepian memang membuat kamu merasa hampa dalam menjalani hidup, tapi kamu harus ingat bahwa bukan hanya kamu yang merasakan perasaan kesepian tersebut. Di luar sana ada banyak orang lain yang sedang berjuang melawan rasa kesepian yang mereka rasakan, jadi jangan putus semangat ya. 

 

Meski prosesnya tidak mudah, tapi dengan kamu menjalani hidup dengan pikiran yang positif dan merelakan segala hal yang memang di luar kontrol kamu, maka jalan menuju kebahagian dan lepas dari perasaan kesepian akan semakin mudah. Tetap semangat dan jangan ragu untuk berbagi pengalaman kamu tentang perasaan kesepian di kolom komentar.

 

Baca Juga
Cara Kelola Stres dan Overthinking dengan Teknik Brain Dumping
Love Languages: Buta Hubungan dengan Teman Kantor Makin Solid

Topik Terkait

loading