Lifestyle

10 05 2023

Tips Menghindari Stres Sebelum Menghadapi UTBK 2023

Semangat para pelajar Indonesia!

306 Views

Tips Menghindari Stres Sebelum Menghadapi UTBK 2023

Tes ujian masuk Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia atau UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) menjadi medan perang bagi para pelajar SMA tingkat akhir di seluruh Indonesia. Ujian ini menentukan nilai yang nantinya para peserta dapatkan untuk mendaftarkan diri di Perguruan Tinggi Negeri yang menjadi incaran mereka.

 

Adanya tekanan dari dalam diri sendiri dan keinginan untuk memenuhi ekspetasi orang di sekitar dapat membuat para pelajar mengalami gejala stres. Tingkat stres yang tinggi ini dapat menurunkan performa para peserta ujian ketika menghadapi UTBK terutama bagi kamu yang sering merasa cemas.

 

Perasaan stres dan rasa cemas yang datang saat ujian memang tidak bisa dihindari, tetapi merasa stres dan cemas terlalu berlebih juga tidak baik untuk tubuh kamu, lho. Untuk meminimalisir stres ketika menghadapi UTBK 2023 yang sedang berlansung, berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan.

1. Atur waktu belajar

undefined

Sebagai upaya untuk memaksimalkan waktu belajar yang kamu punya, kamu bisa menentukan durasi belajar yang efektif bagimu terlebih dahulu. Misalnya kamu hanya bisa fokus belajar dalam waktu 2 jam, maka selingkan waktu istirahat selama 30 menit setiap 2 jam sekali untuk membuat fokus kamu tetap terjaga.

 

Kamu juga harus mengetahui gaya belajar apa yang paling efektif untuk kamu gunakan, seperti gaya belajar menulis, membaca, atau auditori. Gaya belajar yang sesuai akan lebih memudahkan kamu untuk memahami materi sehingga tingkat stres yang kamu alami juga akan lebih rendah.

2. Cukupi kebutuhan cairan tubuh

undefined

Ketika tubuh kamu kekurangan cairan, kinerja otak kamu akan berkurang dan kamu menjadi sulit untuk berpikir. Alasannya adalah karena tubuh yang kekurangan cairan akan membuat aliran darah ke otak terhambat akibat pengentalan pada darah. Hal ini juga dapat membuat kamu kehilangan konsentrasi hingga menurunkan daya tahan tubuh, lho.

 

Supaya kamu bisa mengerjakan soal dengan optimal, sebaiknya konsumsi air putih yang cukup untuk menjaga tubuh tetap terdehidrasi. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuat jadwal minum air setiap satu atau dua jam sekali. Selain itu menambah cairan tubuh juga bisa dengan mengonsumsi kaldu sayur atau jus buah. Pastikan juga untuk menghindari minuman berkafein seperti kopi ya.

3. Perhatikan kondisi fisik

undefined

Kondisi fisik yang baik akan membuat otak kamu bekerja dengan maksimal, sebaliknya kondisi tubuh yang kurang baik juga akan membuat otak kamu kehilangan kinerjanya. Hal yang bisa kamu lakukan untuk membuat tubuh kamu tetap dalam kondisi yang baik saat UTBK salah satunya adalah dengan tidur yang cukup dan makan makanan yang bergizi.

 

Meskipun kamu ingin menghabiskan sebagian besar waktu yang kamu punya untuk belajar, namun tidur dan makan makanan sehat juga merupakan hal yang penting. Jangan sampai kamu tidur larut malam dan makan sembarangan sehingga daya konsentrasi kamu saat belajar dan ujian berkurang ya. 

4. Olahraga secara teratur

undefined

Olahraga ringan juga dapat membantu kamu menjelang UTBK, lho. Ketika kamu berolahraga, tubuh kamu akan melepaskan hormon endorfin yang dapat mengurangi stres, sehingga amat dianjurkan bagi kamu untuk berolahraga 15-30 menit setelah belajar. Kamu juga bisa menyelipkan sesi olahraga ini sebagai selingan ketika waktu istirahat kamu supaya sesi belajar kamu tidak membosankan.

 

Tapi ingat untuk jangan berolahraga secara berlebihan dan membuat tubuh kamu menjadi lebih lelah ya. Alih-alih menghilangkan stres, olahraga berat malah akan membuat tubuh kamu kelelahan sehingga kamu akan lebih sulit untuk berpikir nantinya. Olahraga yang disarankan untuk menghilangkan stres adalah yoga, jogging, atau menari yang bisa kamu lakukan di rumah.

5. Survei lokasi sebelum hari ujian

undefined

Meskpun kamu sudah mengetahui di mana lokasi yang menjadi tempat kamu melakukan tes UTBK, sebaiknya kamu tetap melakukan survei sebelum hari-h ujian. Alasannya adalah untuk mengetahui kondisi jalan dan medan yang harus kamu lalui untuk sampai di lokasi.

 

Kamu juga bisa mengukur waktu perjalanan yang kamu butuhkan untuk sampai ke lokasi ujian, sehingga kamu tidak akan terlambat saat hari ujian berlangsung. Selain itu, bukankah kamu juga akan lebih tenang jika sudah mengetahui seperti apa tempat yang menjadi medan perang kamu nantinya?

 

Baca Juga

Rekomendasi Akun TikTok dengan Konten Masak Simple

Tips Memulai Hidup Zero Waste bagi Milenial

6. Dengarkan musik/melodi yang menenangkan

undefined

Mendengarkan musik atau melodi yang kamu sukai dapat membuat kamu menjadi lebih bahagia dan meredakan perasaan cemas yang sedang kamu alami. Beberapa penelitian juga mengatakan jika kamu mendengarkan musik dengan tempo yang lambat dapat membantu menurunkan detak jantung, tekanan darah, dan tingkat hormon stres seperti kortisol.

 

Namun tidak semua jenis musik dapat membuat kamu merasa tenang, lho. Beberapa lagu dengan melodi adiktif dan lirik yang berulang sebaiknya kamu hindari menjelang hari ujian berlangsung. Jenis musik tersebut dapat mengganggu konsentrasi kamu dan membuat kamu lebih mengingat lagu itu dibandingkan dengan materi yang sudah kamu pelajari sebelumnya.

7. Jangan belajar di lokasi ujian

undefined

Belajar di lokasi ujian dapat membuat tingkat kecemasan kamu meningkat drastis. Selain itu studi menunjukkan bahwa belajar di tempat yang sama dengan tempat ujian dapat memperburuk daya ingat karena otak kamu akan kebingungan mengelola informasi sebab sebelumnya kamu belajar di tempat yang berbeda. Fenomena ini disebut interferensi kontekstual, yakni fenomena di mana otak kamu akan mengkaitkan informasi yang kamu peroleh dengan tempat di mana kamu memperolehnya.

 

Saat di lokasi sebaiknya kamu memanfaatkan waktu untuk mempersiapkan diri seperti pergi ke toilet dan makan makanan yang cukup karena selama UTBK berlangsung kamu tidak diperkenankan untuk makan atau sekedar pergi ke toilet. Tetapi ingat untuk jangan makan terlalu banyak demi menghindari rasa kantuk ketika sedang mengerjakan soal ya.

8. Hindari overthinking berlebih

undefined

Kamu pastinya memiliki kekhawatiran menjelang UTBK, namun memikirkan hal tersebut terus menerus juga tidak baik untuk kondisi kamu, lho. Percayalah pada kemampuan yang kamu miliki dan yakin bahwa kamu bisa mengerjakan semua soal yang ada. Memikirkan hal-hal yang belum tentu terjadi hanya akan menambah tingkat kecemasan kamu dan membuat kinerja otak menurun.

 

Alih-alih overthinking pada hal yang tidak pasti, ada baiknya jika kamu memikirkan hal-hal yang membuat kamu bahagia sehingga mood kamu akan naik dan merasa senang. Perasaan senang akan membuat otak kamu lebih rileks dan mudah untuk berpikir ketika ujian berlangsung.

9. Berdoa untuk ketenangan emosional

undefined

Bagi kamu yang memeluk kepercayaan bisa berdoa selagi menunggu giliran UTBK kamu dimulai. Berdoa dapat membantu kamu mengurangi kecemasan, meningkatkan kepercayaan diri, serta mengurangi stres sebelum menghadapi ujian. Ketika berdoa kamu akan dipenuhi harapan positif sehingga kamu bisa tenang secara emosional.

 

Namun, penting untuk diingat bahwa berdoa saja tidak bisa menjamin keberhasilan kamu dalam UTBK, kamu juga perlu mempelajari materi pembelajaran dan menguasainya dengan baik. Berdoa hanya dapat meningkatkan rasa percaya diri dan positivity yang ada dalam diri kamu saja ya!

10. Bercerita dengan orang lain

undefined

Meskipun bagi para pelajar topik seputar UTBK merupakan hal yang sensitif untuk dibahas, tetapi tidak ada salahnya jika kamu mempercayai salah seorang kenalan kamu sebagai tempat kamu mencurahkan keluh kesah. Kamu bisa merasa sedikit ringan dan lega jika kamu membagi keluh kesah dan perasaan cemas kamu kepada orang lain.

 

Sedikit tips, sebaiknya kamu bercerita tentang keluh kesah yang kamu alami kepada seseorang yang tidak dalam persiapan UTBK juga ya. Alih-alih merasa lega, kamu mungkin saja ikut memikirkan masalah orang yang menjadi teman seperjuangan kamu itu. Sebaiknya bercerita kepada seseorang yang lebih tua dan pendengar yang baik, akan lebih efektif karena mereka bisa menjadi sosok mental supporter untuk kamu.

Meskipun kamu sedang merasa takut dan cemas akan UTBK 2023 mendatang, jangan terlalu larut dalam perasaan negatif itu ya. Percayalah bahwa usaha yang sudah kamu lakukan selama mempersiapkan UTBK dapat membuahkan hasil yang manis dan menebus semua kecemasan yang sudah kamu rasakan beberapa bulan terakhir.

 

Berapapun skor UTBK yang kamu dapatkan nanti, berbangga hati lah karena kamu sudah mengerjakannya dengan jujur dan penuh perjuangan. Jangan berkecil hati dan segera buat strategi untuk mendaftar di Perguruan Tinggi Negeri atau jurusan yang kamu minati ya. Bagi kamu yang sedang berjuang untuk UTBK 2023, semangat!

 

Baca Juga

5 Website AI yang Bisa Nemenin Kamu Saat Gabut

Syarat dan Cara Mendapat Centang Biru Verifikasi di Instagram

Topik Terkait

loading