Lifestyle

31 03 2023

Tips Memulai Hidup Zero Waste bagi Milenial

Ayo sayangi bumi kita!

299 Views

Tips Memulai Hidup Zero Waste bagi Milenial

Di tengah semakin meningkatnya kesadaran akan isu lingkungan, konsep zero waste semakin populer di kalangan milenial. Konsep ini bertujuan untuk mengurangi sampah di kehidupan sehari-hari. Namun, untuk menjalani hidup zero waste bukanlah hal yang mudah, terutama bagi mereka yang baru memulai.

 

Kali ini HIGO akan membahas tentang tips memulai hidup zero waste bagi kamu generasi milenial yang ingin mengubah lingkungan menjadi lebih baik. Sebelum memasuki pembahasan lebih lanjut, ayo pahami terlebih dahulu tentang zero waste!

Apa itu hidup zero waste?

undefined

Zero waste atau hidup tanpa sampah adalah konsep hidup yang bertujuan untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan penghasilan sampah di kehidupan sehari-hari. Konsep ini didasarkan pada prinsip-prinsip seperti reduksi, reuse, recycle, dan kompos.

 

Konsep zero waste sendiri bukan hanya tentang mengurangi sampah, tetapi juga tentang menciptakan sebuah lingkungan yang lebih berkelanjutan dan mempertahankan sumber daya alam untuk generasi yang akan datang. Idealisme dari konsep ramah lingkungan ini pun mendapat perhatian milenial yang lebih sadar akan kelestarian alam sehingga banyak diterapkan saat ini.

Tips menjalani hidup zero waste

Memulai suatu kebiasaan baru memang sulit untuk dilakukan, apalagi jika kebiasaan tersebut sangat berbeda dari apa yang biasa kamu lakukan sehari-hari. Namun sulit bukan berarti tidak bisa, untuk memudahkan kamu menjadi pribadi yang lebih sayang lingkungan, berikut ini adalah tips menjalani zero waste yang bisa kamu terapkan.

1. Menghindari penggunaan produk sekali pakai

undefined

Tips pertama yang harus kamu terapkan adalah dengan menghindari penggunaan produk sekali pakai. Tanpa kamu sadari sebenarnya kamu sangat sering menggunakan produk sekali pakai. Meskipun hanya sebuah wadah plastik kecil, setidaknya butuh waktu selama 20 tahun untuk dapat terbuai, sungguh tidak seimbang dengan waktu pemakaian yang hanya beberapa menit saja bukan?

 

Coba lah untuk menghindarinya dengan membawa peralatan sendiri seperti tas belanja, botol minum, gelas, serta peralatan makan yang bisa kamu pakai berulang kali. Jika kamu bisa mengurangi produk sekali pakai maka kamu juga ikut berpartisipasi dalam upaya pengurangan limbah utama dari penyebab kerusakan lingkungan, lho.

2. Mengurangi konsumsi makanan siap saji

undefined

Terletak di berbagai lokasi yang mudah terjangkau dengan waktu penyajian yang cepat tentu membuat makanan cepat saji menjadi pilihan banyak orang. Namun, dibalik makanan yang terkesan simple dan praktis ini rupanya ada banyak limbah yang dihasilkan dari proses pengemasannya, lho.

 

Kemasan makanan cepat saji sering kali menggunakan wadah yang sulit terbuai sehingga nantinya akan menimbun di tempat pembuangan sampah. Beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi konsumsi makanan cepat saji adalah dengan membawa bekal makanan sendiri atau memilih restoran yang menawarkan bahan-bahan organik dan ramah lingkungan. 

3. Mengurangi penggunaan kemasan plastik

undefined

Kemasan plastik adalah salah satu produk yang paling umum digunakan di dunia, namun kemasan plastik juga menjadi salah satu penyebab terbesar limbah plastik yang merusak lingkungan. Oleh karena itu sebisa mungkin kamu harus mengurangi pemakaian plastik sekecil apapun.

 

Sebagai opsi kamu bisa memilih produk dengan kemasan yang bisa didaur ulang seperti kaca atau kertas. Contohnya jika kamu sedang berbelanja coba lah untuk memilih shampo dan sabun dengan botol kaca atau kemasan ramah lingkungan lainnya karena sebuah botol shampo membutuhkan setidaknya 500 tahun untuk dapat terbuai.

4. Memilih bahan yang bisa didaur ulang

undefined

Daur ulang merupakan proses mengubah limbah menjadi produk yang dapat digunakan kembali. Dengan memilih bahan yang bisa didaur ulang, kamu dapat membantu mengurangi jumlah limbah yang dihasilkan dan mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan.

 

Ketika kamu membeli produk seperti kertas, baterai, atau botol minuman, pastikan bahan tersebut bisa didaur ulang, lalu setelah digunakan, jangan buang begitu saja ya. Kamu bisa mengumpulkan barang-barang yang bisa didaur ulang tersebut dan menyerahkannya kepada lembaga atau tempat daur ulang yang ada di sekitar kamu.

5. Meminimalisir penggunaan energi

undefined

Taukah kamu? Penggunaan energi fosil yang berlebihan dapat menyebabkan emisi karbon dioksida yang berbahaya bagi lingkungan dan dapat menyebabkan perubahan iklim global. Oleh karena itu, kamu perlu mengurangi penggunaan energi fosil dengan meminimalisir penggunaan energi sehari-hari.

 

Caranya bisa dengan mematikan lampu yang sedang tidak digunakan, tidak membeli alat elektronik yang tidak diperlukan, hingga menggunakan transportasi umum atau menggunakan sepeda untuk beraktivitas. Jadi mulai sekarang lebih bijaklah dalam menggunakan elektronik dan berkendara ya, selain dapat lebih berhemat, menggunakan energi secara terbatas juga bukti bahwa kamu mencintai lingkungan.

Memulai hidup zero waste adalah langkah yang penting dan dapat dilakukan oleh siapa saja yang menginginkan kelestarian lingkungan. Dengan menerapkan tips-tips yang telah disebutkan di atas, semoga kamu dapat menerapkan konsep zero waste yang dapat melindungi bumi dari kerusakan.

 

Meskipun tidak mudah dan membutuhkan konsistensi yang kuat, namun dengan kesadaran dan tindakan yang tepat, kamu pasti dapat memberikan kontribusi kecil namun penting bagi lingkungan dan keberlangsungan hidup planet kita. Ayo bersama membuat dunia yang lebih baik untuk generasi mendatang!

 

Baca Juga

Buah yang Baik Dikonsumsi Untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh

5 Cara Sederhana Agar Bisa Berteman dengan Perasaan Stres

Topik Terkait

loading