Lifestyle

02 01 2023

Buah yang Baik Dikonsumsi Untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh

Ayo jalani pola makan sehat!

28 Views

Buah yang Baik Dikonsumsi Untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh

Musim penghujan dapat membuat daya tahan tubuh kamu menjadi lebih lemah, sehingga kamu lebih mudah dan cepat terserang penyakit. Hal ini disebabkan oleh suhu rata-rata udara yang menurun dan membuat udara di sekitar kamu menjadi lebih dingin dan lembab. Kondisi udara tersebut membuat bibit penyakit dan virus, lebih mudah lagi menyebar dan menjerat orang-orang di sekitarnya.

 

Dikutip dari situs Universitas Surabaya, menurut dr. Puri Safitri Hanum, setiap manusia telah memiliki sistem imun atau daya tahan tubuh di dalam dirinya. Sistem imun atau daya tahan tubuh ini merupakan sistem pertahanan atau kekebalan tubuh yang memiliki peran dalam mengenali dan menghancurkan benda-benda asing atau sel abnormal yang dapat merugikan tubuh. Tetapi tidak setiap orang bisa menjaga daya tahan tubuh mereka supaya tetap sehat, lho.

 

Supaya daya tahan tubuh kamu tetap terjaga di musim penghujan seperti sekarang, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan seperti pola hidup yang kamu jalani sehari-hari. Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa simak penjelasan yang dirangkum oleh Blog HIGO berikut ini.

 

Hal yang harus dilakukan untuk menjaga daya tahan tubuh

undefined

Ada banyak faktor yang memengaruhi daya tahan tubuh kamu, seperti adanya perasaan stres, pola makan yang buruk, hingga jam tidur yang kurang. Untuk mencegah hal-hal tersebut memengaruhi daya tahan tubuh kamu di musim penghujan, maka kamu perlu menerapkan pola hidup sehat supaya tubuh kamu tetap bugar.

 

Menurut Cindiawaty Pudjiadi seorang Dokter Spesialis Gizi, pola hidup sehat bisa terwujud apabila didukung banyak hal, seperti makan sehat, olahraga teratur dan istirahat. Oleh karena itu kamu perlu olahraga dan istirahat yang cukup untuk meningkatkan metabolisme tubuh dan menjaga tubuh untuk tetap bugar.

 

Makanan yang kamu makan juga harus lebih terjaga asupannya, jadi pastikan kamu mengonsumsi makanan yang kaya akan gizi dan vitamin untuk membuat tubuh kamu lebih sehat ya. Selain untuk meningkatkan imun tubuh, makanan sehat yang kamu konsumsi juga dapat membuat berat badan lebih stabil, lho.

 

Vitamin yang dibutuhkan untuk menjaga daya tahan tubuh

Semua vitamin yang terkandung dalam makanan memang baik dikonsumsi untuk menunjang kesehatan tubuh. Namun ada beberapa vitamin yang wajib kamu konsumsi di musim penghujan, agar daya tahan tubuh agar tidak menurun. Berikut adalah vitamin-vitamin yang kamu butuhkan.

 

1. Vitamin C

undefined

Dikenal juga dengan nama Asam Askorbat (AA), vitamin C memiliki pengaruh yang besar untuk sistem kekebalan tubuh. Jenis vitamin ini, bisa kamu temui di banyak makanan sehingga kamu tidak perlu mengonsumsi suplemen tambahan untuk memenuhi kebutuhan vitamin ini.

 

Manfaat lain dari mengonsumsi vitamin C selain meningkatkan daya tahan tubuh yaitu mengelola tekanan darah tinggi serta mencegah kekurangan zat besi. Selain itu vitamin C juga bisa mengurangi resiko terkena penyakit kronis, lho. Jadi jangan lupa untuk sering-sering mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C ya.

 

2. Vitamin D

undefined

Vitamin yang dikenal dengan istilah vitamin matahari ini sebenarnya diproduksi secara alami ketika tubuh kamu terkena sinar matahari. Jadi untuk memperoleh jenis vitamin ini, langkah termudah yang perlu kamu lakukan adalah dengan berjemur selama 15 menit di pagi hari.

 

Tetapi bukan berarti tidak ada makanan yang mengandung vitamin D ya. Jika kamu tidak memiliki waktu untuk berjemur, kamu bisa mengonsumsi ikan salmon, telur, dan jamur untuk memenuhi kebutuhan vitamin D dalam tubuh kamu. Mengonsumsi vitamin D yang cukup dapat membantu kamu dalam memperkuat tulang dan otot, sehingga tubuh kamu akan terasa lebih ringan dan segar.

 

3. Vitamin E

undefined

Vitamin satu ini berfungsi sebagai antioksidan dan pelindung sel-sel tubuh dari kerusakan, sehingga kamu wajib mengonsumsi vitamin E dengan rutin. Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh The United States National Library of Medicine, sayur-sayuran berdaun hijau seperti bayam, sawi, dan brokoli juga memiliki kandungan vitamin E yang cukup tinggi.

 

Vitamin E juga bisa menangkal radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh dan menjadi penyebab dari penyakit kronis seperti kanker dan jantung, lho. Jadi selain menjaga imun tubuh, dengan vitamin E kamu juga dapat menjaga tubuh dari banyak penyakit yang dapat menyerang kamu di masa depan.

 

4. Vitamin A

undefined

Disebut dengan retinol, selain berfungsi untuk menjaga kesehatan organ pengelihatan, vitamin A juga penting untuk pertumbuhan tubuh, kesehatan sistem reproduksi, serta pembelahan sel, dan sistem kekebalan tubuh. Beberapa gen yang terlibat dalam proses kekebalan tubuh diatur oleh vitamin A, sehingga vitamin satu ini tentunya memiliki peran yang penting dalam tubuh kamu.

 

Terdapat 2 jenis vitamin A yang terdapat dalam makanan yang kamu konsumsi, yaitu vitamin A yang berasal dari produk hewani (Retinoid) seperti hati sapi dan vitamin A yang bersal dari produk nabati seperti wortel (Beta Karoten atau Karotenoid). Wah cukup mudah ditemukan di makanan sehari-hari ya.

 

5. Vitamin B Kompleks

undefined

Jenis vitamin satu ini merupakan gabungan dari beberapa vitamin B yang menjadi satu suplemen. Vitamin-vitamin itu terdiri atas vitamin B1 (Tiamin), vitamin B2 (Riboflavin), vitamin B3 (Niacin), vitamin B5 (Asam Pantotenat), vitamin B6 (Pyridoxine), vitamin B7 (Biotin), vitamin B9 (Folat), dan vitamin B12 (Cobalamin).

 

Pastikan kamu mengonsumsi suplemen vitamin B kompleks di musim penghujan untuk mempertahankan daya tahan tubuh kamu ya. Selain meminum suplemen, kamu juga bisa menemukan vitamin B kompleks dalam makanan seperti ikan salmon, sayuran hijau, telur, dan yogurt.

 

Baca Juga

Manfaat Decluttering Bagi Kesehatan Mental dan Tips Memulainya

Rekomendasi Tempat Wisata di Bogor Untuk Liburan Tahun Baru

Buah-buahan yang wajib dikonsumsi untuk menjaga daya tahan tubuh

Jika ingin memiliki tubuh yang kebal terhadap penyakit, tentu kamu perlu daya tahan tubuh yang kuat di tengah musim pancaroba seperti saat ini. Salah satu cara yang bisa kamu coba adalah dengan mengonsumsi buah-buahan yang kaya akan vitamin dan bisa membantu kamu meningkatkan metabolisme tubuh seperti buah-buah berikut ini.

 

1. Jeruk

undefined

Buah pertama yang wajib kamu konsumsi adalah Jeruk. Vitamin C yang terkandung dalam jeruk mampu meningkatkan sel darah putih sehingga tubuh kamu akan mampu untuk melawan virus dan bakteri yang masuk. Mengonsumsi sebuah jeruk saja kamu sudah mendapat 130% dari kebutuhan vitamin C harian kamu.

 

Supaya tidak bosan, kamu bisa memvariasikan buah jeruk yang kamu makan menjadi beberapa menu seperti jus, popsicle, dan infused water. Namun untuk jeruk jenis sunkist, mandarin, dan medan akan lebih lezat jika kamu menyantapnya langsung ketika masih buah utuh.

 

2. Stroberi

undefined

Buah yang identik dengan warna merah muda ini juga memiliki manfaat yang dapat membantu tubuh kamu untuk meningkatkan imun, lho. Mengonsumsi 150 gram stroberi artinya kamu sudah dapat memenuhi kebutuhan harian vitamin. Tetapi pastikan kamu memakan stroberi segar, karena stroberi beku yang biasanya di jual di supermarket tidak memiliki kandungan vitamin setinggi stroberi segar.

 

Selain memakannya secara langsung, kamu bisa mengolah stroberi yang kamu miliki menjadi selai untuk membuatnya lebih awet. Jika bosan mengonsumsi buah stroberi sebagai makanan, kamu juga bisa membuat smoothie, jus, atau cocktail dari buah stroberi yang kaya akan vitamin C.

 

3. Jambu Biji

undefined

Kaya akan vitamin membuat buah jambu biji wajib kamu konsumsi ketika daya tahan tubuh kamu mulai melemah, nih. Buah yang satu ini mengandung banyak vitamin seperti vitamin A, vitamin B, vitamin K, vitamin E, dan vitamin C. Jambu biji juga bisa membantu kamu menyembuhkan penyakit seperti diare dan disantri. Sungguh kaya akan manfaat ya.

 

Selain diolah menjadi jus, kamu juga bisa membuat olahan lainnya dari bahan dasar jambu biji seperti setup jambu biji. Cara membuatnya juga cukup mudah, kamu cukup memasukan gula pasir, cengkih, dan kayu manis ke dalam air mendidih, lalu masukan juga jambu biji yang sudah dipotong dan diamkan sesaat sebelum mengangkatnya dan sajikan dalam gelas.

 

4. Semangka

undefined

Zat antioksidan yang terkandung dalam semangka mampu untuk meredakan peradangan yang terdapat dalam tubuh. Jadi bagi kamu yang sedang merasa tidak fit, mengonsumsi buah semangka dijamin bisa membuat tubuh kamu lebih terhidrasi dan pastinya meningkatkan daya tahan tubuh terhadap virus dan bakteri.

 

5. Kiwi

undefined

Memiliki rasa manis dan segar yang enak, buah kecil berwarna hijau ini rupanya kaya akan manfaat, lho. Selain untuk memberikan daya tahan tubuh ekstra untuk kamu, buah kiwi juga bisa meredakan asma serta menjaga kesehatan saluran pencernaan kamu.

 

Meskipun buah memang lebih baik disantap dalam kondisi segar, namun kamu juga wajib membuat beberapa olahan kiwi seperti sandwich kiwi yang sedang trend di kalangan anak sekolah, atau kiwi bingsoo ala Korea dengan toping sereal yang renyah dan nata de coco.

Selain mengonsumsi buah-buahan, kamu bisa menjaga daya tahan tubuh kamu dengan meminum suplemen dan tetap menjaga pola makan. Selain itu waktu ketika kamu beristirahat juga memengaruhi sistem imun kamu, lho. Jadi kamu juga harus menjalani pola hidup yang sehat jika ingin tetap bugar dan sehat di musim penghujan.

 

Tetap jaga kesehatan dan jangan lupa untuk segera beristirahat jika tubuh kamu sudah terasa lelah ya. Semoga kesehatan selalu menyertai hari-hari kamu yang sibuk. Selamat tahun baru semuanya!

 

Baca Juga

7 Makanan Sehat yang Mudah Dibuat Saat Musim Hujan

Tips Membuat Resolusi Tahun Baru 2023 Anti Gagal

 

Topik Terkait

loading