Lifestyle

25 12 2022

Rekomendasi Tempat Wisata di Bogor Untuk Liburan Tahun Baru

Saatnya liburan di kota hujan!

30 Views

Rekomendasi Tempat Wisata di Bogor Untuk Liburan Tahun Baru

Sebentar lagi libur akhir tahun akan seger datang. Setelah bekerja keras selama 12 bulan kamu pasti mendambakan libur akhir tahun untuk melepas penat dan juga perasaan stres akibat pekerjaan. Tak heran di libur akhir tahun ini banyak dari kita yang mengambil cuti untuk berlibur bersama teman, keluarga, atau pasangan.

 

Meskipun hanya libur singkat, tapi kamu ingin libur akhir tahun kali ini tetap berkesan dan bisa merelaksasikan otak. Kali ini agar kamu tidak perlu pusing mencari tepat untuk liburan, ada rekomendasi tempat di Bogor yang bisa kamu datangi untuk bersantai di akhir tahun.

 

1. Tirta Sanita Hot Spring

undefined

Bagi kamu yang ingin melepas penat sambil berendam di air panas dan menikmati pemandangan alam yang hijau, maka Tirta Sanita Hot Spring bisa menjadi tujuan pertama kamu ketika wisata di kota Bogor. Di area seluas 8 hektar ini, kamu dapat lebih rileks dengan air dari gunung kapur yang mengandung banyak belerang.

 

Pemandian air panas ini juga menyediakan tempat VIP bagi kamu yang tidak suka berendam dengan orang lain di ruang terbuka. Namun harga tiket yang dikenakan juga pastinya lebih mahal untuk bilik yang diperuntukan hanya untuk satu orang saja. Selain itu, tempat wisata ini juga menyediakan wahana lain seperti outbound dan terapi ikan untuk pengunjung, lho.

 

Letaknya yang berada di pedesaan memang memiliki kendala akses, tapi pemandangan asri yang disajikan di area berendam pasti akan membuat kamu puas sudah menempuh perjalanan yang lama. Sedikit info untuk kamu, di area sekitar Tirta Sanita Hot Spring tidak terdapat hotel atau penginapan jadi pastikan untuk menyewa penginapan di tempat lain ya.

 

Tirta Sanita Hot Spring

Jl. Raya Ciseeng, Bojong Indah, Kec. Parung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16330

 

2. Curug Cilember

undefined

Tempat wisata berikutnya adalah Curug Cilember yang terkenal akan 7 air terjun yang mempesona. Lokasi yang dikelilingi oleh hutan pinus ini cocok untuk kamu kunjungi bersama keluarga, karena memiliki banyak spot wisata yang menarik untuk liburan kamu.

 

Memiliki pemandangan yang indah tentunya membuat Curug Cilember menjadi rumah bagi banyak spot wisata termasuk penginapan. Bagi kamu yang ingin berkemah, tempat ini juga menyediakan area camping ground dekat air terjun sehingga kamu bisa menikmati suara air yang bergemericik dengan jelas dari dalam tenda kamu. Malas berkemah? Tenang saja karena tempat ini juga menyediakan beberapa vila yang bisa kamu sewa sesuai kebutuhan.

 

Sayangnya dari area parkiran menuju lokasi air terjun dan area penginapan, kamu perlu melewati tangga berbatu sehingga mungkin tempat wisata ini tidak cocok jika kamu membawa lansia atau orang dengan kursi roda. Walaupun tangganya tidak licin atau terjal, pastikan untuk berhati-hati ketika berkunjung ke Curug Cilember ya.

 

Curug Cilember

Megamendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16770

 

3. Little Venice Kota Bunga

undefined

Dari judulnya saja, kamu sudah bisa menebak konsep dari tempat wisata ini bukan? Yap! tempat ini mengusung konsep ala kota Venesia di Italia, yang terkenal sebagai kota dengan banyak kanal-kanal kecil dan gondalanya. Sama seperti blue print-nya, di Little Venice kamu juga bisa menaiki gondala sambil menelusuri kanal-kanal yang ada.

 

Tempat yang penuh dengan banyak spot instagramable ini bisa kamu akses dengan mudah, karena terletak di kawasan puncak yang strategis dan banyak tempat wisata lainnya. Agar menambah kesan Venesia pun pengelola tempat wisata ini membuat bangunan yang semirip mungkin dengan suasana kota Venesia yang seperti melampung di atas air.

 

Agar bisa pergi ke Little Venice, tentunya akan lebih nyaman jika kamu menggunakan kendaraan pribadi karena kamu akan lebih mudah berpindah dari satu lokasi ke lokasi lainnya. Namun kamu juga bisa pergi menggunakan Kereta Commuterline dan lanjut naik angkutan hijau 03 jurusan Bubulak - Baranangsiang dan turun di Terminal Baranangsiang Bogor. Lalu dari Terminal Baranangsiang, kamu dapat melanjutkan perjalanan dengan naik Elf jurusan Bogor - Cianjur dan turun di Pasar Cipanas.

 

Little Venice Kota Bunga

Batulawang, Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43253

 

4. Gunung Pancar

undefined

Kamu yang suka berkemah sambil menikmati indahnya suasana Bogor bisa memilih Gunung Pancar sebagai destinasi wisata kamu saat libur tahun baru nanti. Dikelilingi oleh hutan pinus yang rindang, kamu dijamin akan betah ketika berkemah dan bersenang-senang di area ini.

 

Jika kamu tidak ingin repot, tersedia juga area glamping yang bisa kamu kunjungi. Di area tersebut kamu tidak perlu repot membawa tenda dan bekal karena pihak pengelola sudah menyiapkan tenda mewah dan makanan untuk kamu. Fasilitas yang ditawarkan juga lebih lengkap dan mewah dibandingkan dengan area camping ground biasanya.

 

Lokasinya yang dekat dengan Sentul City membuat Gunung Pancar juga mudah diakses dari Jakarta, lho. Dengan lalu lintas normal via toll Jagorawi, kamu hanya memerlukan waktu selama 1 sampai 1,5 jam saja dari Jakarta, lho. Cukup dekat ya ternyata dari ibu kota?

 

Gunung Pancar

Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat

5. Devoyage Bogor

undefined

Bergeser ke Bogor bagian selatan, kamu akan menemukan tempat wisata lainnya yang tidak kalah instagramable, lho. Bernama Devoyage Bogor, tempat satu ini mengususng konsep desa ala eropa yang cantik. Kamu juga dapat menemukan berbagai landmark populer di tempat ini seperti menara Eiffel atau kincir raksasa.

 

Agar membuat suasana semakin seru, kamu bisa menyewa kostum tradisional sambil berfoto dan berkeliling. Resto yang ada di tempat ini juga tidak kalah totalitas dengan menyediakan menu ala western untuk para pengunjung. Jangan lupa juga untuk mencicipi jajanan ringan ala Eropa seperti churros dan gelato di tempat wisata ini ya.

 

Untuk pergi ke tempat wisata seluas 1,5 hektar ini juga tidak sulit, karena letaknya yang dekat dengan pusat kota. Bagi kamu yang ingin menggunakan Kereta Commuterline, kamu bisa turun di stasiun Bogor dan berjalan sedikit ke arah KFC Taman Topi Square, dari sana kamu tinggal memesan layanan ojek atau taksi online untuk sampai ke Devoyage Bogor.

 

Devoyage Bogor

Jl. Bogor Nirwana Residence Jl. Indigo Raya, Mulyaharja, Kec. Bogor Sel., Kota Bogor, Jawa Barat 16135

 

Baca Juga

10 Destinasi Wisata Jakarta Dengan Harga Ekonomis dan Gratis

5 Tempat Wisata Kuliner Jakarta yang Populer di Sekitar MRT

 

6. Taman Safari

undefined

Siapa sih yang tidak mengetahui kebun binatang terkenal se-Indonesia ini? Letaknya yang berada di kawasan Puncak Bogor, pasti membuat kamu sering melihat simbol atau tanda-tanda dari Taman Safari ketika melintasi jalan raya puncak ketika sedang macet.

 

Seperti namanya, tempat wisata ini bagaikan rumah bagi ribuan satwa yang tinggal di alam bebas. Bukan hanya bermain dan berfoto bersama satwa saja, di Taman Safari kamu juga bisa menaiki balon udara, bermain boom boom car, hingga menaiki berbagai wahana seru seperti spining boat dan flume ride.

 

Jika berkunjung hal yang wajib kamu coba adalah Safari Journey di mana kamu akan berkeliling memasuki hutan safari dengan kendaraan pribadi, kamu juga bisa memberi makan satwa dari jendela mobil kamu, lho. Bagi kamu yang tidak membawa kendaraan pribadi juga tidak perlu khawatir karena pihak pengelola menyediakan bus gratis yang bisa kamu gunakan.

 

Taman Safari

Jalan Kapten Harun Kabir No.724, Cibeureum, Kec. Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16750

 

7. Jalan Surya Kencana

undefined

Rekomendasi tempat wisata Bogor berikutnya yang wajib kamu kunjungi adalah Jalan Surya Kencana. Tempat ini cocok untuk kamu kunjungi jika kamu ingin berwisata kuliner dan mencicipi berbagai street food legendaris ala Kota Bogor yang dapat memanjakan lidah kamu.

 

Di sepanjang Jalan Surya Kencana, kamu akan disuguhkan banyak pedagang dan ruko yang menjual makanan sehingga kamu mungkin akan kebingungan ingin mulai mencoba yang mana. Salah satu pedagang yang harus kamu kunjungi adalah Laksa Gang Aut Mang Wahyu yang sudah ada sejak tahun 1960-an, di sana kamu akan merasakan laksa yang digadang-gadang sebagai Laksa terenak se-Bogor.

 

Kenyang dengan laksa, kamu bisa mencicipi hidangan pencuci mulut seperti Martabak Encek yang legendaris. Martabak ini tetap bertahan diantara banyaknya jenis martabak baru sejak didirikan tahun 1975 lalu, lho. Jadi jangan ragu untuk berwisata ke Jalan Surya Kencana saat ke Bogor ya.

 

Jalan Surya Kencana

Jl. Surya Kencana, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat.

8. Rajawali Shooting Range

undefined

Tidak hanya wisata alam, kamu juga bisa menemukan wisata olahraga seperti Rajawali Shooting Range di Bogor. Kurangnya minat olahraga menembak di Indonesia membuat tempat wisata yang satu ini tidak banyak dibicarakan netizen. Wah sayang sekali ya.

 

Bagi kamu yang ingin coba bermain tembakan bersama teman-teman kamu, bisa coba paket Paintball sehingga kamu bisa menunjukan kerja sama tim yang kompak untuk menjatuhkan tim lain. Kamu yang datang sendiri juga tidak perlu sedih karena kamu bisa mencoba latihan memanah dan Fire Arm di arena lainnya.

 

Agar bisa bersenang-senang di tempat ini pastikan peserta sudah lebih dari 10 tahun karena anak-anak tidak boleh ikut bermain. Meskipun permainan yang dimainkan adalah tembak-menembak, kamu tidak perlu khawatir karena kamu akan didampingi oleh seorang instruktur profesional yang sudah berpengalaman.

 

Rajawali Shooting Range

Jl. Bukit Angsana Hijau, Bojong Koneng, Kec. Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16810

 

9. The Ranch Cisarua Puncak

undefined

Jika kamu ingin libur tahun baru kamu habiskan bersama keluarga, maka tempat ini bisa kamu masukan dalam list destinasi wisata yang akan kamu kunjungi. Lewat konsep peternakan yang asri, kamu bisa berwisata sambil bermain dengan hewan ternak di tempat ini, lho.

 

Kawasan The Ranch Cisarua Puncak juga dihiasi oleh bangunan-bangunan ala peternakan eropa yang membuat tempat ini semakin nyaman dan family-friendly untuk lansia serta anak-anak. Selain hewan ternak, kamu juga bisa menjalani aktivitas seru lainnya seperti berkuda, memanah, hingga bermain dengan banyak jenis kelinci kecil di rumah kelinci.

 

Akses menuju The Ranch Cisarua Puncak juga mudah karena terletak tidak jauh dari Jalan Raya Puncak dan dekat dengan Cimory Riverside yang populer. Area parkir yang luas juga menjadikan tempat wisata ini tempat singgahan ketika macet atau jalur buka-tutup diperlakukan. Apakah kamu tertarik untuk berkunjung?

 

The Ranch Cisarua Puncak

Jl. Raya Puncak Gadog No.KM, RW.5, Kopo, Kec. Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16750

 

10. Highland Park Resort

undefined

Tidak lengkap rasanya jika kamu berlibur tanpa menginap di penginapan sekitar. Bagi kamu yang sedang ingin mencari penginapan aesthetic yang dekat dengan alam, maka pilihlah Highland Park Resort sebagai penginapan selama kamu menghabiskan waktu liburan kamu.

 

Berkonsep The Mongolian Camp, kamu bisa merasakan serunya menginap dalam tenda kerucut ala bangsan Mongolia yang legendaris. Di dalam tenda tersebut kamu mendapat fasilitas yang lengkap seperti sofa bed, AC, TV LED, Wi-Fi, lemari bufet, hingga kamar mandi yang lengkap dengan wastafel dan toilet, seperti di hotel berbintang ya?

 

Tempat wisata satu ini juga kids-friendly karena menyediakan fasilitas seperti outbound, kolam renang, arena memancing, serta taman bermain yang disukai anak-anak. Jadi pastikan kamu mengajak sanak-saudara kamu ketika berkunjung untuk menyenangkan mereka ya. 

 

Highland Park Resort

Jl. Curug Nangka, Sinarwangi, Sukajadi, Kec. Tamansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16610

 

Setelah melihat rekomendasi tempat wisata di Bogor untuk liburan tahun baru di atas tentu kamu jadi mengurungkan niat kamu untuk berlibur jauh bukan? Tidak perlu ke luar negeri, tanpa kamu sadari sebenarnya tempat wisata di Indonesia tidak kalah menyenangkan jika kamu berkunjung dengan orang yang kamu sayangi, lho.

 

Selamat tahun baru dan selamat berlibur! Semoga di tahun baru yang baru, kamu mendapat lebih banyak kesempatan untuk menelusuri tempat-tempat wisata yang indah di Indonesia ya. 

 

Baca Juga

5 Rekomendasi Tempat Wisata di Bogor yang Lagi Populer

5 Tempat Wisata di Jakarta yang Buat Weekend Makin Chill

 

Topik Terkait

loading