Lifestyle

16 11 2022

10 Destinasi Wisata Jakarta Dengan Harga Ekonomis dan Gratis

Ayo liburan, murah meriah!

43 Views

10 Destinasi Wisata Jakarta Dengan Harga Ekonomis dan Gratis

Menjadi ibu kota negara, tentunya membuat Jakarta menjadi salah satu kota dengan banyak tempat wisata yang wajib kamu kunjungi. Akses transportasi yang mudah dan menjadi kota yang masuk wilayah metropoiltan, membuat Jakarta menjadi destinasi wisata favorit masyarakat.

 

Namun citra yang melekat sebagai kota besar yang modern, membuat banyak orang berpikir akan memerlukan biaya besar untuk berlibur di Jakarta. Akhirnya tak sedikit yang mengurungkan niat untuk berwisata di Jakarta. 

 

Sebenarnya di tengah banyaknya destinasi wisata yang mewajibkan pengunjung membayar biaya masuk yang mahal, ternyata masih banyak lho destinasi wisata di Jakarta dengan harga ekonomis bahkan gratis. 

1. Galeri Nasional

undefined

Destinasi pertama yang wajib kamu kunjungi ketika berlibur ke Jakarta adalah Galeri Nasional yang terletak di Jakarta Pusat. Lokasinya yang strategis akan memudahkan kamu jika ingin bepergian menggunakan TransJakarta, lho. Hanya dengan turun di halte Gambir dan berjalan sedikit kamu sudah bisa sampai di area galeri.

 

Di dalam bangunan putih besar tersebut, kamu dapat menemukan berbagai karya seni mulai dari patung, lukisan, hingga karya seni lainnya dari seniman Indonesia maupun mancan negara. Salah satu karya seni yang terkenal adalah lukisan Kapal Karam Dilanda Badai karya dari Raden Saleh.

 

Agar bisa mengunjungi Galeri Nasional kamu tidak perlu mengeluarkan biaya alias Gratis. Bagi kamu yang yang ingin mengunjungi museum ini silahkan datang di hari Selasa-Minggu pada pukul 9 pagi sampai 4 sore ya. Waktu yang pas untuk museum date bukan?

2. Kota Tua

undefined

Masih berwisata di lokasi dengan unsur kolonial yang kental, kamu yang menyukai suasana Batavia tempo dulu wajib berkunjung ke Kota Tua Jakarta. Kawasan yang dulunya merupakan balai kota dan gedung pemerintahan VOC ini banyak menjadi destinasi pilihan bagi turis lokal maupun mancan negara.

 

Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan di Kota Tua Jakarta, dari mulai mengunjungi museum, makan siang di cafe batavia, memandangi nuansa kota dari kawasan kali besar, hingga berkeliling menggunakan sepeda jadul.

 

Kamu tidak perlu membayar jika ingin mengunjungi kawasan Kota Tua, namun jika ingin memasuki museum-museum yang ada, kamu perlu mengeluarkan biaya mulai dari Rp2000 tergantung dari museum apa yang ingin kamu kunjungi, menarik ya!

3. Masjid Istiqlal dan Katedral Jakarta

undefined

Beralih ke tempat wisata dengan unsur religius, kamu pasti sudah mengetahui tentang tempat ibadah besar yang terletak berseberangan ini bukan? Tempat yang sering diliput media ini seolah menunjukan tingginya toleransi warga Indonesia terhadap satu sama lain.

 

Meskipun terpisah oleh jalanan di depan kedua tempat ibadah ini, namun terdapat lorong basement yang menghubungkan kedua bangunan sehingga istiqlal dan katedral bisa saling meminjamkan area parkir, jika jemaat yang hadir sedang banyak seperti di hari-hari besar.

 

Bagi kamu yang ingin mengunjungi dua lokasi wisata ini pastikan kamu datang dengan tenang dan sopan. Selalu hargai orang-orang yang sedang beribadah dengan tidak membuat keributan hingga mengganggu ibadah mereka. Salam toleransi!

4. Pasar Baru

undefined

Berpindah ke destinasi wisata Jakarta berikutnya, kali ini kamu wajib mengunjungi Pasar Baru jika ingin berwisata sekaligus berbelanja sambil menikmati nuansa klasik dari kota Jakarta. Pasa yang sudah ada sejak tahun 1820 ini akan memberikan kamu pengalaman unik yang menyenangkan.

 

Jika kamu hobi berbelanja, maka kamu akan senang mengunjungi Pasar Baru karena ada banyak penjul mulai dari pakaian, elektronik hingga uang kuno. Jika kamu pintar memilih barang, maka kamu akan menemukan barang layaknya harta karun karena berkualitas, tapi harganya murah.

 

Selain itu ketika berkunjung ke Pasar Baru, kamu juga harus mencoba kuliner legendaris, Bakmie Gang Kelinci yang sudah ada sejak tahun 1957. Cuaca yang panas paling cocok mencicipi es krim jadul yang lembut dan cremy di Restoran Tropik. Uniknya mereka masih mempertahankan membuat es krim dengan metode tradisional sejak tahun 1970, lho.

5. Monas

undefined

Menjadi ikon kota Jakarta tentu kamu juga harus mengunjungi Monumen Nasional atau Monas ketika berwisata di ibu kota. Hanya dengan tiket seharga Rp5 ribu, kamu sudah bisa masuk ke museum Monas. Tapi jika ingin naik ke puncak kamu perlu membayar sejumlah uang lagi yaitu Rp15 ribu.

 

Monumen yang berada di Jakarta Pusat ini memiliki lahan seluas 80 hektar sehingga kamu bisa melakukan banyak hal mulai dari bersepeda, bermain layang-layang, hingga berpiknik sambil menikmati indahnya pemandangan gedung tinggi Jakarta di sore hari.

 

Untuk mengunjungi Monas, kamu tidak perlu repot memikiran transportasi yang akan kamu gunakan karena kawasan wisata ini dekat dengan stasiun dan halte sehingga bisa dijangkau dengan Commuterline maupun TransJakarta, praktis ya!

 

Baca Juga
Tempat Nongkrong Bernuansa Jepang yang Populer di Jakarta

6. Taman Suropati

undefined

Terletak di kawasan Menteng, Jakarta Pusat menjadikan taman ini sering dikunjungi oleh muda-mudi untuk sekedar melepas penat. Banyaknya pepohonan di Taman Suropati membuat suasana taman menjadi lebih sejuk dan cocok untuk dijadikan tempat refreshing.

 

Taman ini juga cocok untuk kamu kunjungi jika kamu ingin berpiknik bersama sahabat. Selain biaya masuknya yang gratis, kamu juga bisa menemukan berbagai spot foto menarik yang bisa kamu gunakan untuk berfoto dengan aesthetic bersama sahabatmu.

 

Jika malas membawa makanan, kamu juga bisa berwisata kuliner karena banyak pedagang di sekitar area taman yang menawarkan jajanan lezat yang murah-meriah. Sungguh tempat strategis untuk berwisata di tengah kota ya!

7. Skywalk Senayan Park

undefined

Sebelumnya bernama Taman Ria Senayan, kini berubah menjadi Senayan Park dan menjadi salah satu pusat perbelanjaan paling instagramable yang ada di Jakarta. Sejak diresmikannya Skywalk pada tahun lalu, mall ini pun mendapat lebih banyak perhatian dari netizen.

 

Indahnya kota Jakarta bisa kamu lihat dengan jelas jika kamu memasuki kawasan Skywalk yang ada di Senayan Park. Kawasan yang hanya buka dari sore hingga malam hari ini, membuat kamu bisa menyaksikan indahnya langit jingga di sore hari dan citylight Jakarta saat malam mulai datang.

 

Di area taman kamu juga bisa membawa hewan peliharaan untuk berjalan-jalan. Ada juga tempat penyewaan perahu di danau yang bisa kamu gunakan untuk berswafoto sambil berkeliling area Senayan Park.

8. Chinatown Jakarta

undefined

Meskipun setiap daerah memiliki chinatown masing-masing, kamu tetap harus berkunjung ke Chinatown Jakarta karena keunikannya. Berbeda dengan daerah lainnya, di sini kamu akan menemukan perbaduan budaya dan adat serta sejarah kota Jakarta yang menarik untuk para turis kunjungi.

 

Di kawasan ini kamu bisa mengunjungi banyak tempat seperti vihara, candra naya, hingga berbelanja di petak sembilan. Kamu juga akan menemukan banyak spot foto menarik karena bangunan Chinatown Jakarta, masih kental akan budaya China yang menarik untuk dijadikan objek foto.

 

Jika berkunjung ke kawasan ini, pastikan kamu untuk mampir ke Gang Gloria untuk berburu aneka jenis kuliner lezat khas negeri bambu. Menu yang wajib kamu cicipi adalah Rujak Shanghai Encim dan Es Kopi Takkie yang akan memanjakan lidah kamu.

9. PIK

undefined

Destinasi wisata berikutnya yang bisa kamu kunjungi ketika berada di Jakarta adalah Pantai Indah Kapuk atau yang biasa disebut PIK. Lokasi ini juga bisa menjadi pilihan yang tepat bagi kamu yang ingin mengajak anabul kesayangan jalan-jalan, karena area PIK dikenal juga sebagai kawasan yang pet friendly.

 

Di PIK ada beberapa lokasi pantai yang bisa kamu kunjungi seperti Pantai Pasir Putih yang cocok untuk duduk santai di atas pasir putih. Kamu juga bisa berkunjung ke Pantai Maju jika ingin bersepeda bersama teman-teman.

 

Jika kamu mengunjungi PIK jangan lupa untuk mampir ke kawasan Pantjoran yang memiliki nuasa bangunan khas Tionghoa yang oriental. Selain memiliki banyak spot foto yang cantik, kamu juga bisa mencicipi banyak jajanan lezat di kawasan Pantjoran ini. 

10. Kebun Binatang Ragunan

undefined

Kebun binatang bisa menjadi destinasi kamu berikutnya jika ingin pergi berlibur bersama keluarga dan anak-anak. Di Jakarta, kamu dapat mengunjungi Kebun Binatang Ragunan yang memiliki 2101 satwa dengan hanya membayar Rp6 ribu.

 

Di kebun binatang seluas 147 hektar ini, kamu bisa melakukan banyak aktivitas seru. Mulai dari memberi makan satwa, berkeliling dengan kereta, bersepeda, hingga melihat atraksi satwa. Namun untuk menikmati beberapa fasilitas tertentu, kamu perlu membayar biaya sewa. 

 

Agar bisa pergi ke kebun binatang ini aksesnya pun mudah. Kamu hanya perlu menggunakan TransJakarta maupun kereta Commuterline. Ketika hendak berkunjung untuk melihat satwa, pastikan kamu datang di hari Selasa-Minggu ya. Ini karena setiap hari Senin para satwa akan libur dan beristirahat, sementara fasilitas kebun binatang akan mendapat perawatan.

Melihat rekomendasi destinasi wisata di atas tentu kamu jadi tidak ragu lagi untuk berlibur di kota metropolitan bukan? Hanya dengan budget minim, kamu tetap bisa berlibur dengan seru dan penuh semangat di kota Jakarta.

 

Sedikit tips untuk kamu yang tidak memiliki kendaraan pribadi, alih-alih menyewa kendaraan lebih baik kamu menggunakan transportasi umum seperti JakLingko, Commuterline, TransJakarta, MRT untuk bepergian ke destinasi wisata yang menjadi tujuan kamu.

 

Selain memiliki tarif yang murah, kamu juga harus merasakan sensasi berkeliling dengan transportasi umum di ibu kota. Sambil menunggu TransjaJakarta atau MRT, kamu bisa terhubung ke free WiFi yang sudah bekerja sama dengan HIGOspot. Jadi di mana pun dan kapan pun, kamu bisa terkoneksi dengan mudah. 

 

Baca Juga
5 Tempat Nongkrong di Jakarta yang Ramah Hewan Peliharaan
Rekomendasi Tempat Work From Home di Jaksel Anti Ramai

Topik Terkait

loading