Lifestyle

04 11 2022

7 Makanan Sehat yang Mudah Dibuat Saat Musim Hujan

Tetap sehat saat musim hujan itu harus!

370 Views

7 Makanan Sehat yang Mudah Dibuat Saat Musim Hujan

Sebagai negara yang beriklim tropis, musim hujan yang datang memang terasa menyenangkan karena membuat udara yang biasanya panas terasa lebih sejuk. Namun, sayangnya musim hujan yang datang membuat lingkungan terasa lembab. Sehingga memudahkan virus dan bakteri penyebab penyakit lebih cepat berkembang.

 

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga dan meningkatkan daya imun tubuh adalah dengan mengonsumsi makanan sehat. Bagi sebagian orang, stigma bahwa makanan sehat itu selalu mahal tidaklah benar. Berikut beberapa ide makanan sehat yang bisa kamu coba buat dari rumah.

1. Kacang Almond

undefined

Kacang almond mengandung beragam nutrisi seperti protein, karbohidrat, hingga vitamin E yang begitu baik untuk tubuh. Ada banyak olahan yang bisa kamu buat dari kacang almond. Menu pertama yang paling mudah adalah membuat smoothie almond dengan aneka buah. 

 

Kamu hanya perlu memilih buah-buahan yang kamu sukai sebagai smoothie dan jadikan kacang almond sebagai topping. Agar tidak bosan, kamu bisa ganti ganti berbagai macam buah agar lebih semangat mengomsumsi makanan sehat selama musim hujan.

2. Sup telur jagung

undefined

Saat makan di restaurant China kamu pasti familiar dengan sup telur jagung. Memiliki tekstur yang lebih kental dari sup pada umumnya, sup telur jagung akan sangat menghangatkan kamu sata musim hujan tiba. 

 

Tak hanya memiliki rasa yang enak, tapi sup telur jagung ini juga menyehatkan bagi tubuh. Agar bisa membuat sup telur jagung di rumah, kamu hanya memerlukan 2 bahan utama yaitu telur dan jagung. Sisanya hanya bumbu dapur dan tepung maizena.

3. Sundubu jjigae

undefined

Bagi kamu para pecinta drama Korea pasti sudah sangat familiar dengan menu yang satu ini. Sundubu jjigae menjadi menu selanjutnya yang bisa kamu coba buat di rumah ketika musim hujan tiba. Rasanya yang gurih, pedas, dan manis dijamin akan menghangatkan dirimu disuapan pertama. 

 

Bahan-bahan untuk membuat sundubu jjigae juga cukup mudah. Kamu hanya perlu beberapa bahan utama seperti tahu, jamur enoki, anek daging jika kamu memilikinya, daun bawang, dan gochujang. Tapi kamu bisa mengganti gochujang dengan bubuk cabai jika tidak memilikinya. 

 

Baca Juga
Mindfulness Eating, Rahasia Turunkan Berat Badan

4. Sup bakso

undefined

Makanan favorit orang Indonesia ini memang selalu ada di hati. Tapi kali ini kamu tidak membeli bakso di luar, melainkan membuatnya dari rumah. Bahan yang kamu perlukan cukup mudah hanya bakso dan bumbu jadi untuk kuah bakso yang bisa dibeli di berbagai supermarket. Agar lebih harum kamu bisa tambahkan daun seledri. Wah, pasti terasa nikmat!

5. Tomyam seafood

undefined

Selanjutnya ada menu khas Thailand yang bisa kamu coba. Olahan tomyang seafood akan sangat lezat kamu santap saat cuaca dingin. Kamu tidak perlu bingung memikirkan bumbu agar olahan ini lezat, karena kamu bisa membeli bumbu instan untuk tomyam di berbagai supermarket. Jadi kamu hanya perlu menyiapkan aneka seafood yang kamu sukai. 

6. Miso sup

undefined

Jepang juga memiliki menu yang sehat dan menghangatkan saat musim hujan tiba. Miso sup jadi menu yang mudah untuk kamu buat di rumah, karena hanya memerlukan beberapa bahan saja tapi kaya akan protein dan nutrisi.

 

Bahan utama yang kamu perlukan hanya satu, pasta tauco Jepang, dan rumput laut. Sedangkan untuk bumbu dapurnya hanya perlu bawang putih dan daun bawang. Gimana, mudahkan untuk dibuat?

 

 

7. Krim sup

undefined

Menu terakhir yang tidak kalah mudah untuk kamu buat adalah krim sup. Bahan-bahan yang kamu perlukan cukup mudah didapatkan. Kamu hanya perlu ayam cincang atau chicken stock, wortel, susu full kream, jagung manis, lada, dan tepung maizena.

7 makanan sehat ini tidak hanya bisa menghangatkan tubuh tapi juga begitu mudah untuk dibuat. Selain mengonsumsi makanan sehat, tapi juga perlu dibarengi dengan mengonsumsi vitamin secara teratur untuk menjaga daya imun tetap sehat selama musim hujan. 

 

Baca Juga
Gangguan Kesehatan yang Sering Menyerang Milenial

Topik Terkait

loading