Lifestyle

30 07 2021

Mindful Eating, Rahasia Turunkan Berat Badan dengan Sehat

Cobain, yuk!

128 Views

Mindful Eating, Rahasia Turunkan Berat Badan dengan Sehat

Memiliki tubuh ideal memang jadi impian banyak wanita. Tidak hanya meningkatkan rasa percaya diri, tapi kemudahan gerak karena tubuh terasa ringan jadi hal postif lainnya memiliki tubuh ramping. 

 

Tubuh ramping nan ideal sebenarnya bisa kamu dapatkan, lho. Tak perlu memerlukan obat-obatan hingga cara lain yang tidak aman bagi tubuh, tapi cobalah melakukan teknik mindful eating

 

Mindful eating adalah teknik makan dimana kamu menjaga kesadaran penuh saat sedang mengonsumsi makanan dan minuman yang masuk kedalam tubuh. Artinya kamu memperhatikan berapa banyak makanan dan minuman yang dikonsumsi, sehingga tidak berlebihan. 

 

Saat menerapkan mindful eating, artinya kamu melakukan makan tanpa gangguan, seperti gadget, atau mengobrol dengan orang lain. Kamu benar-benar fokus dengan makanan yang ada di tangan kamu. Tujuan dari mindful eating sebenarnya bukan tentang kamu mengurangi atau menambah jumlah makanan, tapi lebih ke proses bisa menikmati makanan dengan tenang. 

Cara melakukan mindful eating untuk mengurangi berat badan

Melakukan mindful eating tidaklah sulit untuk diterapkan, kamu hanya perlu fokus dan konsisten melakukan teknik makan ini agar hasilnya bisa terlihat dan membuat berat badan kamu semakin berkurang. 

1. Menghargai makanan

undefined

Selepas berdoa, mulai sekarang cobalah untuk menghargai makanan dengan mengucapkan syukur atas rezeki yang kamu dapatkan hari ini. Lewat cara menghargai makanan, kamu bisa mengontrol keinginan untuk terus makan, karena takut tubuh kamu tidak bisa menghabiskannya.

2. Makanlah dengan perlahan

undefined

Sesibuk apa pun kegiatan yang kamu lakukan, pastikan memiliki waktu yang cukup untuk makan. Hal ini karena makan tidak hanya membuat perut kenyang, tapi dengan menikmati tekstur dan rasa makanan dapat meningkatkan suasana hati dengan baik.

 

Saat perasaan hati baik, kamu bisa lebih produktif melakukan berbagai aktivitas lain dan tentunya jadi lebih fokus. Jadi makanan yang sudah dikonsumsi dapat terbakar di dalam tubuh dan menjadi sumber energi. Sehingga tidak akan menjadi timbunan lemak yang membuat tubuh berlebihan berat badan.

3. Pastikan tidak ada gangguan

undefined

Ponsel jadi benda yang selalu hadir di setiap kegiatan yang dilakukan, termasuk saat makan. Agar bisa melakukan mindful eating, pastikan tidak ada gangguan dari apa pun, termasuk dari ponsel. 

 

 

Cobalah dengan membuat peraturan tidak ada ponsel saat di meja makan. Cara ini akan memudahkan kamu untuk tidak tergoda membuka ponsel saat sedang makan, sehingga kamu lebih sadar dengan makanan yang kamu makan.

4. Pahami motif kamu sebelum makan

undefined

Saat berniat ingin makan sebenarnya tidak hanya karena kamu merasa lapar, lho. Melansir dari Eat This, penelitian dari Jerman menemukan ada 15 motif yang menjadi alasan seseorang untuk makan, salah satunya adalah kebutuhan. 

 

Saat motif kebutuhan ini muncul, kamu bisa langsung meresponnya. Hal ini karena motif kebutuhan artinya tubuh kamu butuh energi agar dapat menjalani aktivitas. Jika motif keinginan yang muncul padahal kamu sudah makan, kamu perlu untuk menekan keinginan ini.

5. Peduli dengan kandungan dari makanan

undefined

Tidak hanya memikirkan tentang rasa makanan yang ingin dikonsumsi, tapi cobalah untuk mulai peduli dengan berbagai kandungan vitamin dan gizi di dalamnya. Misalnya makanan yang terlalu banyak mengandung lemak, sebisa mungkin untuk dijauhi dan beralih dengan mengonsumsi makanan yang sehat. 

 

Saat peduli dengan kandungan dari makanan yang dikonsumsi, kamu bisa memilih mana makanan yang baik dan kurang bagi tubuh. Sehingga kamu tidak hanya bisa menurunkan berat badan, tapi juga membuat tubuh tetap sehat. 

Setidaknya Mindful eating menjadi salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menurunkan berat badan, serta merubah kebiasaan makan menjadi lebih sehat. Jika kamu ingin memulainya, cobalah secara bertahap dan konsisten. 

 

Jika kamu ingin memesan berbagai menu sehat mulai hari ini, kamu bisa kunjungi beberapa merchant HIGO yang tidak hanya memiliki banyak menu sehat, tapi juga lezat. 

 

Baca Juga
Cara Meningkatkan Hormon Kebahagiaan Saat Pandemi
Bumble, Aplikasi Kencan Online yang Ramah Bagi Wanita

Topik Terkait

loading