Lifestyle

14 07 2021

Cara Meningkatkan Hormon Kebahagiaan di Saat Pandemi

Yuk, sama-sama berjuang meningkatkan hormon kebahagiaan

201 Views

Cara Meningkatkan Hormon Kebahagiaan di Saat Pandemi

Tetap merasa bahagia di saat kasus covid-19 terus meningkat tentu bukanlah hal yang mudah. Terlebih jika orang terdekat kamu, seperti keluarga atau sahabat yang terkena covid-19 dan mereka sedang berjuang dalam proses penyembuhan.

 

Namun kamu perlu tahu, bahwa perasaan bahagia itu dipengaruhi oleh 4 hormon yang ada di dalam tubuh. Sebagai pemilik tubuh, kamu bisa mengontrol hormon tersebut untuk tetap bekerja dan menghasilkan perasaan bahagia. 

 

Agar bisa meningkatkan perasaan bahagia dan membuat suasana hati menjadi senang, kamu perlu tahu 4 hormon kebahagian tersebut. Berikut penjelasan dari 4 hormorn kebahagian tersebut. 

 

1. Hormon Dopamin

undefined

Horman dopamin juga dikenal sebagai hormon perasaan baik. Hormon ini berpengaruh untuk memunculkan perasaan menyenangkan, gembira, jatuh cinta, hingga kepercayaan diri di dalam tubuh. 

 

Agar bisa memunculkan serta meningkatkan hormon dopamin di dalam tubuh, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan dengan mudah.

a. Mengonsumsi makanan lezat atau makanan favorit 

b. Tidur yang cukup selama 8 jam 

c. Lakukan olahraga dengan rutin

d. Lakukan meditasi sebelum memulai aktivitas

 

Baca Juga
Cara Membangun Kebiasaan Baik dengan Atomic Habits

2. Hormon Endorfin

undefined

Saat tubuhmu merasa sakit, hormon endorfin akan bekerja sebagai pereda nyeri alami hingga bertindak sebagai penenang saat dibutuhkan oleh tubuh. Berkat kemampuannya mengurangi rasa sakit, hormon endorfin dikenal layaknya zat kimia morfin. 

 

Hormon endorfin diproduksi oleh kelenjar pituari dan sistem saraf pusat manusia. Kelenjar pituari adalah masternya kelenjar, karena mengendalikan banyak fungsi pada tubuh manusia. Agar dapat meningkatkan hormon endorfin di dalam tubuh, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan dengan mudah.

 

a. Sering-seringlah untuk tertawa

b. Mendengarkan musik favoritmu

c. Perbanyak makan cokelat

d. Luangkan waktu untuk memonton film meski sebentar

 

Baca Juga
7 Alasan Film Ali & Ratu Ratu Queens Wajib Ditonton Saat Pandemi

3. Hormon Oksitosin

undefined

Hormon oksitosin atau yang sering disebut sebagai hormon cinta ini memang berkaitan erat dengan perasaan cinta, kasih sayang, hingga perasaan tertarik dengan lawan jenis.

 

Tak hanya itu, hormon oksitosin memiliki peran yang besar untuk menghasilkan empati dan ikatan cinta yang kuat antar pasangan. Salah satu hormon kebahagiaan ini dapat kamu ciptakan dengan melakukan beberapa hal berikut ini. 

 

a. Berpelukan dengan orang tersayang

b. Berbagi cerita dengan sahabat, keluarga, atau pasangan 

c. Bermain dengan hewan peliharaan 

d. Melakukan kebaikan sekecil apa pun itu

4. Hormon Serotonin

undefined

Hormon kebahagiaan selanjut adalah hormon serotonin. Hormon ini berpengaruh untuk mengelola suasana hati serta mengendalikan emosi. Ini bisa terjadi karena di dalam hormon serotonin terdapat zat kimia yang diproduksi oleh triptofan yang erat kaitannya dengan suasana hati.

 

Agar dapat memunculkan hormon ini dalam tubuh, ada beberapa cara yang perlu kamu lakukan dan ternyata itu tidaklah sulit. 

 

a. Berjemur di bawah sinar matahari

b. Melihat pemandangan alam 

c. Jalan-jalan sambil menikmati pemandangan sekitar

d. Serta melakukan ibadah dan berdoa

 

Meski semua kegiatan di atas rasanya begitu mudah, namun nyatanya mampu meningkatkan hormon kebahagian yang begitu penting kamu miliki di saat pandemi seperti sekarang. 

 

Kamu juga perlu ingat, pandemi yang terjadi sekarang bukanlah sesuatu yang bisa kamu kontrol. Jadi jangan bairkan kekhawatiranmu merenggut semua kehidupanmu sekarang. Cukup pikirkan hal yang bisa kamu kontrol dan fokus dengan hal yang bisa kamu lakukan. Seperti meningkatkan hormon kebehagaiaan, berbuat baik dan tentunya menjaga kesehatan. 

 

Baca Juga
Berlatih Mindfulness Bagi Kesehatan Mental Saat Pandemi
Ingin Berkebun Saat Pandemi, 5 Tanaman Ini Mudah untuk Dirawat

Topik Terkait

loading