Lifestyle

08 10 2020

Ingin Berkebun Saat Pandemi? 5 Tamanan Ini Mudah untuk Dirawat

Selain aesthetic, tamanan ini juga gampang dirawat!

606 Views

Ingin Berkebun Saat Pandemi? 5 Tamanan Ini Mudah untuk Dirawat
Selama pandemi covid-19, pasti ada banyak kegiatan yang harus kamu sesuaikan. Entah itu belajar, bekerja, hingga mendapatkan hiburan dari rumah.
 
Aktivitas yang lebih banyak dilakukan di dalam rumah akhirnya memunculkan kebiasaan baru. Mengutip dari Antaranews, melalui siaran pers yang dilakukan oleh Lazada, ada beberapa kebiasaan baru yang mulai digandrungi masyarakat untuk mengusir kebosanan saat berada di dalam rumah, salah satunya berkebun. 
 
Bahkan Peter Hohtoulas selaku Retail and Consumer Leader di PwC, mengungkapkan sebanyak 26 persen masyarakat mulai melakukan aktivitas berkebun untuk mengusir kebosanan saat berada di rumah. 
 
Berkebun mulai jadi tren karena diyakini mampu menjaga kesehatan mental untuk bisa menghadapi pandemi covid-19. Bagi kamu yang baru memiliki niatan untuk melakukan aktivitas berkebun, ada 5 tanaman indoor yang bisa kamu pilih selain karena aesthetic juga mudah untuk dirawat.  

1. Sansevieria

undefined
Lebih dikenal dengan nama lidah buaya, tanaman ini pasti sering kamu lihat wara-wiri di akun Instagram para artis. Sansevieria begitu terkenal bukan hanya karena bentuknya yang aesthetic, tapi juga mudah untuk dirawat.
 
Kamu hanya perlu menyiramnya sebanyak dua kali dalam seminggu. Jika kamu menyimpan tanaman ini di dalam ruangan, kamu tidak perlu repot menjemurnya setiap hari, tapi cukup 2 hari sekali saja. 
 
Tanaman ini baik di letakan di dalam ruangan karena dapat menghasilkan oksigen dan bisa melenyapkan polusi.
 

2. Monstera

undefined
Saat berkunjung ke kafe kekinian, kamu pasti sering melihat tanaman monstera di setiap sudut ruangan guna mempercantik tampilan ruangan. 
 
Tanaman yang banyak tumbuh di hutan tropis Meksiko dan Panama ini memang memiliki bentuk yang cantik dan selalu pas di letakan di setiap ruangan. 
 
Kamu yang baru ingin belajar merawat monstera, kamu hanya perlu meletakannya di tempat yang memiliki cahaya yang cukup atau di jendela dan menyiramnya seminggu sekali.

3. Kaktus koboi

undefined
Tanaman berikutnya yang eksis di media sosial adalah kaktus koboi. Kaktus ini dapat tumbuh hingga 7 meter jika dirawat dengan baik. 
 
Hampir sama dengan merawat jenis kaktus lainnya, kaktus koboi juga memiliki perawatan yang mudah. Kamu hanya perlu memastikan tanaman ini terkena sinar matahari yang cukup dan disirim sekali dalam seminggu. Jika terlalu sering, kaktus ini akan busuk.

4. Sirih gading variegata

undefined
Jenis tanaman berambat ini memiliki bentuk yang menyerupai hati. Tanaman yang sering kamu lihat dipekarangan rumah ini juga bisa kamu masukkan ke dalam pot cantik dan hidup di dalam ruangan. 
 
Jika kamu menaman sirih gading variegata di dalam air, kamu hanya perlu mengganti airnya setiap hari. Tapi, jika kamu menggunakan tanah sebagai medianya, kamu cukup menyiramnya sehari sekali. 

5. Philodendron lemon

undefined
Tanaman philodendron lemon masih jadi favorit sebagai interior ruangan. Cara merawat tanaman indoor ini hanya perlu diletakan di tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung dan siramlah secara teratur.
 
Beberapa tanaman di atas bisa kamu pilih untuk mulai berkebun di rumah. Tak hanya membuat kamu memiliki kesibukan yang baru dan menyenangkan, tapi juga bisa menjadi terapi untuk melupakan sejenak pandemi covid-19 yang masih ada hingga sekarang. 
 
Jika kamu memiliki rekomendasi tanaman lainnya, kamu bisa tulis di kolom komentar ya...
 

Topik Terkait

loading