Lifestyle

10 06 2021

Cara Ampuh Membangun Kebiasaan Baik dengan Atomic Habits

Bangun kebiasaan baik dengan mudah!

319 Views

Cara Ampuh Membangun Kebiasaan Baik dengan Atomic Habits

Melihat banyak orang di media sosial membagikan rutinitas harian mereka, seperti bangun pagi, berolahraga, hingga membuat sarapan lezat, rasanya ingin dicontoh. Namun saat ingin mencobanya, meski terlihat begitu mudah pada kenyataanya sulit untuk dilakukan. 

 

Membangun kebiasaan baik meski terlihat sederhana memang tidaklah mudah. Mengutip dari Psychology Today, para peneliti dari MIT menemukan bahwa sel saraf (neuron) akan menerima rangsangan yang sangat kuat saat ada kegiatan baru yang dilakukan. Setelah kegiatan tersebut dilakukan secara berulang, barulah sel saraf secara refleks akan mengelompokan kegiatan tersebut dan menjadikannya sebuah kebiasaan melihat dari pola yang dilakukan dalam keseharian. 

 

Agar bisa membangun kebiasaan baik, James Clear lewat bukunya yang berjudul Atomic Habits akan memberikan cara bagaimana membangun kebiasaan baik dimulai dari hal yang kecil. Dimana kebiasaan kecil yang terlihat sederhana ini merupakan sumber daya yang luar biasa dalam komponen pengembangan diri. Agar lebih mudah memulainya ada 4 cara yang perlu kamu terapkan saat ingin membangun kebiasaan baik. 

4 Cara Melakukan Kebiasaan Baik

Membangun kebiasaan baik dengan cara Atomic Habits akan melewati beberapa tahapan. Saat kamu bisa melewati semua tahapan ini kamu tidak hanya bisa membangun satu kebiasaan baik, tapi bahkan banyak kebiasaan baik lainnya.

1. Make it obvious

undefined

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan untuk membangun kebiasaan baik adalah dengan menjadikan jelas. Artinya kamu harus mengatur kapan waktu yang tepat untuk melakukannya dan pastikan dilakukan sebelum atau sesudah kebiasaan yang sudah lama menjadi rutinitas kamu.

 

Misalnya saat kamu ingin rutin membaca buku setiap hari, buatlah jadwal yang pasti dan pastikan di waktu tersebut kamu tidak terganggu dengan kegiatan lainnya. Sebagai contoh kamu bisa melakukannya setelah selesai bersih-bersih selepas pulang kantor.

 

Baca Juga
Cara Berlatih Mindfulness Bagi Kesehatan Mental Menghadapi Pandemi

2. Make it attractive

undefined

Bagaimana caranya membuat kebiasaan baru yang kamu lakukan terlihat menarik? Cara yang paling sederhana adalah dengan bergabung ke berbagai komunitas yang sejenis.

 

Hal ini dilakukan karena biasanya seseorang ikut melakukan kebiasaan tersebut saat lingkungan menganggap kebiasaan tersebut menarik. Jadi semakin banyak bertemu seseorang yang memiliki minat yang sama, maka akan tumbuh semangat yang lebih besar untuk melakukannya. 

3. Make it easy

undefined

Membuatnya menjadi mudah wajib untuk kamu terapkan saat ingin memulai kebiasaan baru. Jangan memulainya dengan ambisi yang besar dan akhirnya berhenti di tengah jalan. 

 

Cobalah untuk melakukannya secara perlahan agar terasa ringan dan mudah. Misalnya kamu ingin coba untuk memasak, kamu bisa membuat masakan yang mudah terlebih dahulu atau jika kamu ingin terbiasa membaca buku setiap hari, kamu bisa memulainya dengan membaca dua sampai tiga halaman per malam. 

4. Make it satisfying

undefined

Meski hal sederhana, tapi saat hasilnya langsung terlihat rasanya pasti akan sangat memuaskan. Misalnya saat kamu berhasil menghabiskan beberapa lembar buku, dimana kamu sudah lupa kapan terakhir kamu membaca buku, pasti di dalam hati kamu akan sangat bangga dengan diri sendiri.

 

Agar lebih semangat melakukannya, kamu bisa share cerita kamu di media sosial. Bisa jadi kamu akan lebih banyak mendapatkan dukungan dari teman-teman kamu.

 

Buku Atomic Habits memang menarik sekali untuk dibaca bagi kamu yang sulit mewujudkan kebiasaan baru. Buku ini mampu menawarkan solusi yang mudah dan menyenangkan dalam membangun kebiasaan baru tanpa perlu usaha besar. Cukup berusaha untuk menciptakan kebiasaan kecil dan lakukan secara konsisten. 

 

Baca Juga
5 Rekomendasi NGO Bagi Kamu yang Ingin Menjadi Relawan
Rekomendasi Film Sedih Buat Kamu yang Butuh Alasan untuk Menangis

Topik Terkait

loading