Lifestyle

13 12 2022

Tips Membuat Resolusi Tahun Baru 2023 Anti Gagal

Ayo jadi lebih baik di tahun baru!

112 Views

Tips Membuat Resolusi Tahun Baru 2023 Anti Gagal

Menurut Dictionary Cambridge, resolusi tahun baru adalah janji yang dibuat pada diri sendiri untuk mulai melakukan sesuatu yang baik atau berhenti melakukan sesuatu yang buruk mulai dari hari pertama di tahun baru. Oleh karena itu, menjelang akhir tahun seperti sekarang ini, kamu tidak boleh melewatkan kesempatan untuk membuat resolusi tahun baru.

 

Namun karena sifat dasar manusia yang memang suka berubah-ubah, banyak orang yang gagal menjalani resolusi mereka. Bahkan menurut survey yang dilakukan oleh Richard Wiseman, sebanyak 88% orang gagal untuk menjalankan resolusi yang sudah mereka buat di tahun baru, lho.

 

Nah, supaya resolusi tahun baru kamu tidak gagal, berikut ada beberapa tips yang dapat kamu terapkan dalam membuat dan menerapkan resolusi tahun baru kamu.

1. Menentukan goals yang spesifik

undefined

Ketika kamu membuat resolusi tahun baru tentu kamu akan menuliskan goal-goal yang akan membuat hidup kamu menjadi lebih baik. Tetapi dalam menentukan goal itu, kamu harus spesifik dengan apa yang menjadi tujuan kamu, karena dengan tujuan yang spesifik kamu akan bisa lebih fokus untuk mencapainya.

 

Contohnya adalah jika kamu ingin menjadi lebih rajin, maka kamu harus membuat goal yang lebih jelas dari arti rajin itu sendiri. Apakah rajin yang kamu maksud adalah rajin membersihkan rumah, rajin berolahraga, atau rajin lainnya? Sebaiknya kamu tetapkan terlebih dahulu goal yang kamu maksud dengan spesifik.

2. Goals berasal dari diri sendiri

undefined

Sebagai orang yang tinggal di Indonesia, kamu sudah hafal dengan kebiasaan orang Indonesia yang mudah untuk memberikan komentar, entah itu positif atau negatif. Jadi sebaiknya untuk menentukan resolusi tahun baru, pastikan keputusan yang kamu ambil itu berasal dari diri sendiri dan bukan pengaruh dari orang lain.

 

Misalnya jika kamu ingin menurunkan berat badan maka pastikan bahwa hati kamu lah yang benar-benar menginginkan hal tersebut. Bukan karena orang-orang di sekitar kamu berkata bahwa kamu sudah overweight dan meminta kamu untuk diet ya. Jika kamu merasa nyaman dengan berat badan kamu saat ini, maka abaikan saja perkataan orang-orang yang meminta kamu untuk menurunkan berat badan. Sehingga hidupmu akan terasa lebih ringan dan bahagia.

3. Jangan membuat goals terlalu banyak

undefined

Cobalah untuk mengukur kemampuan diri kamu sendiri sebelum menentukan resolusi tahun baru yang ingin kamu capai. Dengan begitu maka kamu akan membuat goal-goal yang sesuai dengan apa yang bisa kamu jalankan, dan tujuan kamu tentunya akan lebih memungkinkan untuk terwujud.

 

Mulailah dengan membuat goal yang lebih realistis dan tidak terlalu banyak. Semakin banyak goals yang ingin kamu capai maka akan semakin sulit bagi kamu untuk mewujudkan semuanya. Akibatnya jika kamu tidak bisa memenuhi goals tersebut, kamu akan merasa rendah diri dan kecewa pada diri kamu sendiri.

 

Baca Juga

Perasaan Insecure Jangan Dibiarkan, Coba Usir Pelan-pelan!

4. Membuat rencana untuk mencapai goals

undefined

Sebuah tujuan tidak akan tercapai jika kamu tidak menyertai rencana untuk mewujudkannya. Oleh karena itu, penting untuk kamu mempersiapkan rencana dengan rapih supaya kamu bisa memenuhi goal-goal kamu di 2023 nantinya. Perlu kamu ingat, tanpa rencana yang matang, sangat sulit untuk menjalani resolusi kamu, lho.

 

Sebagai contoh, jika tahun baru yang akan datang kamu ingin menjadi seorang designer maka rencana yang harus kamu lakukan adalah mempelajari software-software yang relevan, belajar tentang unsur seni, hingga memahami tentang prinsip desain. Kamu tidak bisa langsung menjadi designer tanpa rencana dan usaha secara instan.

5. Bagi goals menjadi beberapa timeline

undefined

Satu tahun bukanlah waktu yang sebentar. Bahkan menurut riset yang dilakukan oleh Discover Happy Habits, sebanyak 64% orang yang membuat resolusi tahun baru sudah gagal di bulan Januari. Sebab itu lah alih-alih membuat resolusi untuk langsung dilaksanakan setahun penuh, alangkah baiknya jika kamu membagi resolusi kamu menjadi beberapa timeline.

 

Kamu bisa menentukan goal setiap minggu atau setiap bulan, tetapi sebelum itu pastikan kamu menentukan timeline goals yang sesuai dengan kemampuan kamu. Dengan timeline goals yang lebih pendek, kamu bisa lebih bersemangat dalam menjalani rencana-rencana yang sudah kamu buat.

6. Konsisten pada progress

undefined

Setiap orang yang tekun melakukan sesuatu, pasti akan mendapatkan yang mereka inginkan. Maka dari itu kamu butuh konsistensi yang tinggi untuk mewujudkan resolusi yang kamu buat. Goals yang kamu tetapkan juga bisa memengaruhi konsistensi, lho. Jadi pastikan juga kamu mencatat detail dari goals yang kamu maksudnya.

 

Misalnya kamu ingin lebih rajin berolah raga, karena yang dimaksud rajin itu relatif maka kamu harus menentukannya dengan lebih detail dengan menetapkan berapa hari dalam seminggu kamu harus berolahraga. Jumlah hari yang pasti tentunya membuat kamu lebih konsisten dalam menjalaninya bukan?

7. Nikmati prosesnya

undefined

Menikmati sebuah proses membuat kamu menjadi lebih bisa menghargai kerja keras dan usaha yang selama ini sudah kamu lakukan, sehingga jika suatu saat kamu ingin menyerah untuk mencapai goals tersebut, kamu bisa teringat terhadap proses yang kamu telah lalui. 

 

Menikmati proses itu bukan berarti kamu santai-santai saja ya. Menikmati proses perlu kamu lakukan untuk menstabilkan mental sehingga jika sesuatu terjadi, kamu bisa mengatasinya dengan lebih baik dan tentunya masalah tersebut tidak akan memengaruhi kamu untuk memenuhi resolusi kamu.

Memiliki resolusi untuk 2023 menjadi langakah awal agar kamu bisa lebih fokus terhadap pengembangan diri sendiri. Sekecil apa pun resolusi yang kamu miliki, tulislah dan jangan sekalipun kamu menganggapnya remeh.

 

Jadi apapun resolusi kamu di tahun depan, pastikan untuk menikmati setiap langkah yang kamu ambil untuk mencapai tujuan tersebut ya. Nikmati hidup yang kamu jalani dan jangan terlalu terfokus pada hasil yang perfect. Semangat dan selamat tahun baru!

 

Baca Juga

Hal yang Harus Kamu Lepaskan Sebelum Berganti Tahun
Tidak Hanya Tidur, Kenali Jenis Istirahat Agar Hidup Lebih Baik

Topik Terkait

loading