Lifestyle

04 12 2019

Hal yang Harus Kamu Lepaskan Sebelum Berganti Tahun

Buat tahun 2020 lebih cerah!

528 Views

Hal yang Harus Kamu Lepaskan Sebelum Berganti Tahun
Gimana rasanya berada di penghujung tahun? Merasa kalau kamu belum siap untuk berganti tahun, atau kamu merasa pergantian tahun bukan menjadi hal yang penting dalam hidup kamu?
 
Kenyataannya waktu berjalan begitu cepat memang benar adanya, bahkan sering kita merasa sudah hari Minggu saja padahal rasanya baru kemarin hari Senin. Perjalanan tahun 2019 memang sudah hampir berakhir, tapi jangan biarkan segala hal yang membuat kamu resah terbawa di tahun 2020 nanti.
 
Melepaskan berbagai hal yang mengganggu pikiran kamu penting untuk dilakukan. Langakah ini agar kamu bisa memiliki kehidupan yang jauh lebih baik dari tahun sebelumnya. Berikut ini beberapa hal yang perlu kamu lepaskan, agar di tahun 2020 hidup kamu bisa jauh lebih bermakna.

1. Mementingkan perasaan adalah tindakan egois

undefined
Kadang untuk menyenangkan banyak orang dan agar tidak dianggap sebagai pengganggu, kamu sering mengabaikan perasaan pribadi dan mengikuti hasil yang paling dominan. Di dalam hati kamu masih merasa mementingkan perasaan diri sendiri adalah tindakan egois yang bisa merugikan banyak orang.
 
Di awal tahun 2020, mulailah untuk melepaskan perasaan demikian, karena itu sama sekali tidaklah benar. Mementingkan perasaan diri sendiri adalah tindakan yang perlu kamu lakukan.
 
Kamu memiliki peran penuh dan bertanggung jawab terdahap hidup kamu sendiri. Jadi jika perasaan kamu tidak menyetujuinya itu tidaklah salah. Hal yang perlu kamu ingat, untuk apa menjadi sama jika perbedaan yang dihasilkan akan jauh lebih baik.

2. Perasaan insecure yang menghambat

undefined
Melihat banyak teman yang memiliki kehidupan sempurna dengan karir yang cemerlang pada akhirnya menjadi trigger memunculnya perasaan insecure. Perasaan insecure yang besar lambat-laun akan meruntuhkan dinding kepercayaan diri dan akhirnya melupakan kelebihan yang kamu miliki.
 
Mengawali tahun yang baru ini, lepaskanlah perasaan insecure yang sering mengganggu kamu. Ini waktunya kamu menonjolkan kelebihan kamu dan mulai untuk belajar hal-hal yang kamu anggap kurang, tapi perlu untuk dikembangkan. Percayalah, bahwa semua orang juga pernah mengalami perasaan insecure jadi jangan biarkan perasaan tersebut dibiarkan berlarut-larut.
 

3. Perasaan takut tidak disukai orang lain

undefined
Penilaian orang lain tentang apa yang kamu kerjakan dan seperti apa kepribadian yang kamu miliki, menjadi pembahasan yang paling sering dibicarakan banyak orang termasuk juga dengan kamu.
 
Perasaan takut tidak disukai orang lain jadi hal selanjutnya yang perlu kamu lepaskan untuk menjalani hari yang lebih baik lagi di tahun 2020. Pada dasarnya, kamu memang tidak bisa membahagiakan semua orang.
 
Jadi saat ada hal yang mengganggu kamu, tapi kamu merasa itu tidaklah benar segeralah tutup kuping kamu dari semua komentar negatif dan teruslah berjalan untuk menghasilkan karya yang lebih baik lagi.

4. Berpura-pura merasa baik padahal kenyataanya tidak

undefined
Terkadang kita sangat mahir berpura-pura dengan menganggap semua yang ada baik-baik saja, padahal kenyataanya tidaklah demikian. Sesekali merasa sedih dan kecewa menjadi hal yang biasa bahkan bisa menjadi healing, karena kamu mampu melepaskan emosi yang bergejolak di dalam diri. 
 
Menahan perasaan kecewa dan sedih hanya akan menyakiti diri sendiri, bahkan akhirnya bisa mengganggu kamu secara psikologis yang mana bisa berdampak pada kesehatan fisik. 

5. Terlalu mengkhawatirkan masa depan

undefined
Memiliki masa depan yang cerah dengan karir bagus, tabungan yang banyak, dan bisa bebas finansial sudah pasti diimpikan banyak orang. Untuk meraihnya kamu pasti akan bekerja keras dan mengorbankan banyak waktu kamu dengan teman atau orang tersayang. 
 
Menyiapkan masa depan sejak dini tentu menjadi kegiatan yang baik, bahkan dirasa perlu dilakukan, tapi jangan sampai kamu terlalu mengkhawatirkannya dan mengesampingkan hari ini.
 
Masa sekarang menjadi penentu kamu di masa depan. Jangan sampai terlalu sibuk dengan masa depan, kamu jadi kehilangan banyak momen berharga dan akhirnya kehilangan makna dari semua kegiatan yang kamu kerjakan hari ini. 
 
Mustahil jika kamu tidak memiliki masalah sepanjang hidup, tapi dengan melepaskan hal-hal di atas sebelum pergantian tahun akan membuat hidup kamu terasa lebih ringan. 
 
Cobalah untuk memulainya satu persatu dan lihat apa yang akan kamu rasakan. Hal penting lainnya yang perlu kamu tanamkan adalah kamu juga berhak untuk hidup bahagia dengan semua orang yang kamu sayangi. Jadi, ayo semangat!
 

Topik Terkait

loading