Tech & Social Media

13 04 2023

Syarat dan Cara Mendapat Centang Biru Verifikasi di Instagram

Dapatkan logo verified dengan cara ini!

572 Views

Syarat dan Cara Mendapat Centang Biru Verifikasi di Instagram

Di mulai dari Twitter, kini semua media sosial memilik centang biru atau logo verified untuk membuktikan keaslian sebuah akun. Mulai dari public figure, brand, hingga organisasi dan lembaga pemerintahan biasanya memiliki centang biru untuk membuktikan bahwa akun tersebut asli dan bisa dipercaya.

 

Termasuk di Instagram, media sosial berbasis foto dan video satu ini juga memiliki fitur centang biru untuk menandakan bahwa akun yang kamu miliki itu asli, lho. Untuk kamu yang ingin mendapatkan verified dari Instagram, berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu ikuti.

Syarat Dapat Centang Biru di Instagram

undefined

Sebelum membuat pengajuan untuk centang biru di Instagram, ada beberapa persyaratan yang perlu kamu penuhi supaya pengajuan kamu disetujui, berikut adalah persyaratannya.

 

1. Autentik

Kata autentik sendiri memiliki arti dapat dipercaya, asli, nyata dan valid. Oleh karena itu dalam hal ini, akun Instagram yang kamu miliki harus asli punya kamu dan bukan akun kloningan atau akun palsu. Akun yang bisa kamu verified antara lain akun yang mewakili seseorang, akun milik suatu bisnis, dan akun entitas terdaftar.

 

2. Unik

Dalam hal ini unik berarti akun yang kamu punya berbeda dari orang lain alias hanya ada satu-satunya. Jadi Instagram hanya akan memberikan 1 verifikasi pada 1 akun setiap orang. Tetapi ada pengecualian bagi akun yang dikelola dengan bahasa berbeda. Jadi perusahaan internasional tetap bisa memiliki akun centang biru di masing-masing negara ya.

 

3. Lengkap

Akun yang hendak kamu daftarkan centang biru harus dalam mode publik dan bukan private. Selain itu kamu juga harus melengkapi hal yang ada di profile seperti nama, bio, foto profile, dll. Hal ini bertujuan supaya ketika pengguna lain melihat, mereka bisa dengan mudah dan jelas mengatahui akun yang kamu punya.

 

4. Terkenal

Supaya Instagram menyetujui permintaan kamu, pastikan bahwa akun yang hendak kamu verified merupakan akun dari tokoh, lembaga, atau organisasi terkenal yang banyak orang cari. Lalu Instagram akan meninjau berita dan informasi seputar akun kamu. Perlu kamu ingat juga bahwa konten terkenal hasil media berbayar/sponsored tidak termasuk dalam penilaian ini ya.

 

Baca Juga

Situs Website AI yang Terbukti Mempermudah Pekerjaanmu

Cara Dapat Centang Biru di Instagram

undefined

Setelah memenuhi persyaratan di atas, hal yang perlu kamu lakukan untuk membuat akun kamu mendapat cetang biru adalah mengikuti langkah-langkah berikut ini.

 

1. Buka aplikasi Instagram yang terinstall di perangkat kamu.

2. Buka profile yang ada di pojok kanan bawah.

3. Kilik ikon "garis tiga" yang ada di pojok kanan atas.

4. Klik Settings, lalu pilih opsi Account.

5. Setelah masuk ke pilihan Account, cari opsi Request Verification.

6. Lalu lengkapi lah form yang tersedia (nama, nomor identitas, hingga link dari media yang memperkuat keaslian akun)

7. Ikuti instruksi dari Instagram dan tunggu hingga akun kamu dikonfirmasi.

 

Lalu tunggu lah selama kurang lebih 30 hari karena Instagram butuh waktu untuk mengkonfirmasi permintaan kamu. Jika permintaan kamu tidak disetujui, maka coba lah lagi dengan jarak 30 hari dari percobaan sebelumnya ya. Kalau berhasil, akun Facebook yang terhubung dengan Instagram kamu juga akan ikut terverified, lho.

 

undefined

Meta Verified: Centang Biru berbayar di Facebook dan Instagram

undefined

Setelah beberapa waktu lalu, Elon Musk selaku pemilik Twitter meluncurkan fitur Twitter Blue untuk pengguna Twitter yang ingin membeli centang biru mereka, Mark Zuckerberg selaku eksekutif Meta pun memperkenalkan Meta Verified ke publik. Meta Verified adalah layanan berlangganan yang diluncurkan oleh Meta untuk memudahkan siapa saja mendapatkan centang biru yang sebelumnya sulit didapatkan di Instagram dan Facebook.

 

Jika kamu tertarik ingin menggunakan layanan ini, kamu bisa menyiapkan budget sekitar $14.99 setiap bulannya. Tetapi berbeda dengan verified secara gratis yang kamu dapatkan dari Instagram, layanan berlangganan Meta Verified untuk Instagram dan Facebook harus kamu beli secara terpisah.

Pastikan untuk membuat pengajuan centang biru pada akun kamu ya. Hal ini dilakukan supaya akun kamu lebih terpercaya dan mencegah adanya pihak lain yang meniru atau berpura-pura menjadi kamu. Selain itu dengan adanya centang biru, akun kamu akan lebih mudah saat dicari di search engine, lho.

 

Selamat mencoba dan semoga kamu bisa mendapatkan centang biru dari Instagram secara gratis ya! Jika kamu tertarik dengan artikel bertopik teknologi, kamu bisa kunjungi blog.higo.id yang memuat artikel tentang informasi dan update terbaru tentang dunia teknologi. 

 

Baca Juga

Pengaruh TikTok Bagi Kesehatan Mental Remaja

Cara Membaca Analitik TikTok di 2023

Topik Terkait

loading