Tech & Social Media

26 03 2023

Situs Website AI yang Terbukti Mempermudah Pekerjaanmu

Pekerjaanmu Cepat Selesai Nih!

446 Views

Situs Website AI yang Terbukti Mempermudah Pekerjaanmu

Kehadiran website AI (Artificial Intelligence) yang semakin canggih nyatanya menjadi alternatif yang bisa digunakan untuk memudahkan pekerjaan manusia. Tak heran banyak orang yang mulai untuk mecoba menggunakan agar bisa membuat pekerjaanya semakin cepat selesai. Tapi sebelum membahas website AI apa saja yang bisa kamu gunakan, kamu perlu paham apa itu AI (Artificial Intelligence).

Penjelasan Tentang AI (Artificial Intelligence).

undefined

Mengutip dari AWS, kecerdasan manusia atau (AI) adalah bidang ilmu komputer yang dibuat khusus untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan kognitif manusia, seperti pembelajaran, pemecahan masalah, hingga pengenalan pola. Sedangkan mengutip dari Tech Target, Kecerdasan AI adalah simulasi dari kecerdasan manusia yang diwujudkan lewat sistem komputer. 

 

Dari beberapa penjelasan di atas kita bisa mengambil kesimpulan, bahwa AI adalah kecerdasan buatan yang sengaja diciptakan untuk dapat memecahkan berbagai permasalahan yang terkait degan kognitif manusia, pemrosesan bahasa, pengenalan suara, dan lainnya.

 

Cara Kerja AI

undefined

Kecerdasan AI bekerja sesuai dengan algoritma pemrograman yang telah dirancang. Bagi yang belum familiar tentang algoritma pemrograman, itu adalah sebuah kerangka berpikir dari artificial intelligent dalam memproses berbagai jenis data. 

 

Agar bisa menjalankan AI, diperlukan jumlah data yang besar untuk dikelola sehingga dapat menjalankan sebuah perintah, membuat keputusan, dan belajar untuk bisa beradaptasi. 

 

Agar biasa merancang kecerdasan buatan atau AI, diperlukan 4 elemen yang penting yang terdiri dari:

1. Neural Network
Neural Network adalah beberapa unit yang saling terhubung agar mesin AI yang diciptakan bisa belajar, layaknya sistem saraf manusia. 

2. Machine Learning
Adalah kemampuan belajar yang didapat dari neural network yang diolah agar mendaoatkan pengetahuan baru. 

3. Deep Learning
Deep learning menjadi peningkatan dari sebuah machine learning. Deep learning memanfaatkan tenaga komputer untuk bisa mempelajari pola yang ada di dalam data.


4. Cognitive Computing 
Merupakan unit yang memungkinkan AI agae memiliki sistem kognisi yang mirip dengan manusia. Kegunaan dari cognitive computing adalah agar bisa memproses perintah dari manusia dan bisa di interpretasi melalui ucapan dan gambar. 

 

Baca Juga
Mengenal Lensa AI: Aplikasi Viral yang Banyak Dipakai Selebriti

5 Website AI yang Dapat Mempermudah Pekerjaan Manusia

undefined

Ada banyak website AI yang bisa kamu gunakan untuk mempermudah pekerjaan manusia dan tentunya bisa kamu gunakan secara gratis. Berikut rekomendasinya untuk kamu. 

1. ChatGPT

undefined

ChatGPT jadi website AI yang paling populer dan sering digunakan di Indonesia hingga dunia. Bahkan kepopulerannya membuat website ini tidak bisa diakses karena terlalu ramai. ChatGPT dikenal sebagai website AI yang sangat pintar, karena mampu menjawab berbagai pertanyaan secara detail. Tidak hanya pertanyaan yang umum, bahkan hal-hal sulit seperti tentang coding, rumus matematika, mengumpulkan keywords, dan lain sebagainya. 

 

Bahkan kamu yang ingin mencari sumber informasi untuk kebutuhan skripsi, sekolah, materi presentasi, membuat caption, atau membuat artikel, semua bisa kamu tanyakan melalui ChatGPT dengan mudah dan tentunya gratis. 

 

2. Copy.ai

undefined

Kamu yang memiliki pekerjaan di dunia menulis, kehadiran Copy.ai akan sangat membantu untuk digunakan. Kamu tidak hanya bisa membuat caption untuk media sosial, tapi juga materi email blast, surat, artikel, dan jenis materi tulisan lainnya dengan kualitas yang bagus. 

 

Fitur yang ada di Copy.ai akan sangat membantu kamu yang sering mengalami writer block atau kebuntuan untuk mencari ide tulisan. Jadi kamu bisa membuat tulisan lebih efektif dan cepat.

 

3. Lalal.ai

undefined

Kamu yang sering menggunakan musik atau suara sebagai bagian dari pekerjaan, kamu pasti akan sangat terbantu dengan kehadiran Lalal.ai Website AI yang satu ini akan memudahkan kamu untuk memisahkan antara vokal dengan instrumen musik yang mengiringinya. 

 

Menariknya lagi, Lalal.ai dapat menghapus suara yang tidak kamu butuhkan, misalnya suara petikan gitar, atau drum tanpa mengurangi kualitas dari file suara tersebut. Tentu kehadiran website AI akan sangat memudahkan pekerjaan para video editor agar lebih cepat dan efisien.

4. Tome

undefined

Kamu yang selalu merasa kesulitan untuk membuat presentasi, website AI Tome akan sangat mempermudah pekerjaanmu. Tome menyediakan banyak template powerpoint yang bisa kamu gunakan secara gratis. 

 

Beberapa template yang bisa dipilih diantaranya, template pitch deck, sales deck, product design, design portfolio, dan banyak lainnya. Keunggulan dari website AI ini adalah hasil tampilan presentasi yang bisa terlihat 3D dan attractive untuk ditampilkan. 

5. DALL-E 2

undefined

Mungkin bagi sebagian orang website AI yang satu ini hanya untuk kesenangan semata, tapi bagi para pekerja kreatif Dall-E 2 bisa menjadi inspirasi untuk menciptakan sebuah design. Hanya dengan menuliskan deskripsi, secara otomatis akan berubah menjadi tampilan gambar. 

 

Tak hanya itu, kamu juga akan diberikan 4 hasil gambar dari deksripsi yang kamu tulis. Tentu hasil visual yang diberikan bisa menjadi inspirasi atau ide untuk dapat menciptakan gambar yang kamu butuhkan.

Kelima website AI bisa menjadi alternatif yang bisa membantu pekerjaan kamu jika digunakan dengan tepat. Jadi daripada menolak kehadiran AI, lebih baik kamu memanfaatkannya untuk membantu pekerjaanmu agar terasa lebih ringan. 

 

Gimana, tertarik untuk mencobanya? Atau kamu memiliki rekomendasi website AI liannya? Kamu bisa berikan informasinya di kolom komentar. Bagi kamu yang tertarik dengan informasi seputar teknologi, kamu bisa membaca artikel lainnya di blog.higo.id. 

 

Baca Juga
10 Faktor yang Memengaruhi Algoritma TikTok 2023
10 Filter Instagram Viral Aesthetic 2023

Topik Terkait

loading