Tech & Social Media

19 12 2022

Mengenal Lensa Ai : Aplikasi Viral yang Banyak Dipakai Selebriti

Buat avatar mudah dengan foto selfie!

67 Views

Mengenal Lensa Ai : Aplikasi Viral yang Banyak Dipakai Selebriti

Saat ini media sosial khususnya Instagram sedang dihebohkan dengan sebuah aplikasi yang dapat mengubah wajah seseorang menjadi sebuah avatar secara instan. Aplikasi buatan Prisma Labs tersebut bernama Lensa AI. Sejak kemunculannya aplikasi ini sudah diunduh sebanyak lebih dari 10 Juta kali di Play Store dan memiliki rating 4.8/5 di App Store.

 

Tidak mau kalah, para selebriti juga banyak yang mencoba aplikasi Lensa AI ini untuk membuat wajah mereka menjadi avatar. Bagi kamu yang belum tahu apa sih aplikasi Lensa AI ini, berikut penjelasannya untuk kamu.

 

Apa itu Lensa Ai?

undefined

Lensa AI adalah aplikasi buatan perusahaan teknologi asal California, Prisma Labs. Aplikasi ini menggunakan kecerdasan buatan atau artificial intelligence, tujuannya untuk mengubah selfie seseorang menjadi avatar dengan beragam gaya dan pose. Bukan itu saja, avatar yang dihasilkan juga akan diberikan efek dan background yang sesuai sehingga gambar yang dihasilkan terlihat lebih memukau.

 

Cara menggunakan Lensa AI juga cukup mudah, karena kamu hanya perlu mempersiapkan berbagai selfie dan aplikasi ini akan merubah wajahmu menjadi avatar dengan sendirinya. Bagi kamu yang baru ingin mencoba, berikut langkah-langkah yang bisa kamu terapkan.

 

1. Cari aplikasi "Lensa AI: Photo & Video Editor" di Play Store bagi pengguna Android atau App Store bagi pengguna iOS lalu klik download

2. Buka aplikasi dan klik ikon "Magic Avatar" pada bagian Photo

3. Akan terdapat peringatan dari aplikasi bahwa hasil avatar mungkin tidak akurat dan terdapat kecacatan. Kamu juga harus mengkonfirmasi bahwa usia kamu sudah di atas 18 atau 21 tahun. Jika sudah memahami peringatan tersebut kamu bisa klik "Continue"

4. Masukan 10-20 selfie yang kamu punya. Aplikasi akan menyarankan untuk memasukkan semua selfie dari orang sama dengan berbagai ekspresi wajah

5. Kamu akan diminta untuk memilih gender

6. Silahkan tunggu selama 20 menit untuk proses pembuatan avatar

 

Sebelum memulainya kamu perlu tahu bahwa aplikasi ini tidak gratis ya. Agar bisa menggunakan aplikasi Lensa AI, kamu harus memilih paket berlangganan yang harganya mulai dari Rp. 65,000 per 50 avatar.

 

Tetapi bagi kamu yang baru membuat akun, kamu bisa mengambil paket Free Trial yang berlaku untuk 7 hari. Pastikan kamu menonaktifkan auto paid sebelum masa berlaku dari free trial habis.

 

Selebriti yang sudah mencoba Lensa AI

Selain netizen, para selebriti juga tidak mau kalah dan ikut menggunakan aplikasi yang satu ini. Tak heran menjadikan aplikasi ini semakin populer di Indonesia dan membuat banyak orang semakin penasaran. 

 

Agar kamu bisa lebih mengetahui seberapa canggih aplikasi ini membuat, berikut rekomendasi 5 artis Indonesia yang memiliki hasil foto paling cantik.

 

1. Dian Sastro

undefined

Aktris cantik yang populer berkat perannya sebagai Cinta dalam film ikonik Indonesia, Ada Apa Dengan Cinta ini, menjadi salah satu selebriti yang ikut mempopulerkan trend avatar dari Lensa AI, lho. Dengan unggahan Instagramnya pada 6 Desember lalu, Dian Sastro (@therealdisastr) mengunggah 4 foto yang menunjukan berbagai avatar yang menyerupai dirinya.

 

Hingga saat ini postingan tersebut sudah disukai oleh lebih dari 96 ribu orang, bahkan penyanyi populer seperti Melly Goeslaw juga ikut berkomentar dan mengatakan bahwa sang aktris akan selalu cantik meskipun dibuat menjadi avatar apapun. Sungguh pertemanan yang manis ya.

 

2. Asmara Abigail

undefined

Memiliki kulit tan yang eksotis membuat avatar milik aktris Asmara Abigail terlihat lebih majestic layaknya peri. Postingan yang diunggah pada 6 Desember 2022 itu memuat 10 foto yang mana pada setiap fotonya, masing-masing avatar memiliki looks yang berbeda.

 

Lewat unggahannya Asmara Abigail (@asmaraabigail) menambahkan caption berupa quotes dari fisikawan Dr S.Haroche dan Dr D. Worland yang berbunyi "a particle can be at two locations at the same time" Wah sepertinya sang bintang film horor ini percaya bahwa di dunia paralel sosok lain dari dirinya itu ada ya.

 

3. Ayu Ting Ting

undefined

Penyanyi dangdut sekaligus ibu satu anak ini juga mengunggah hasil avatar dirinya menggunakan Lensa AI di Instagram, lho. Dengan caption aksara Korea yang artinya "Avatar", wanita kelahiran Depok ini pun memperoleh lebih dari 296 ribu like di postingan tersebut.

 

Dalam postingan yang diunggah pada 12 Desember itu, Ayu Ting Ting (@ayutingting92) mengunggah 10 foto avatar yang menurut netizen sangat menggambarkan image sang penyanyi yang feminin namun juga tomboy. Beberapa netizen juga mengatakan bahwa avatar milik Ayu Ting Ting terlihat seperti penyanyi populer asal Korea Selatan IU. Bagaimana menurut kamu?

 

4. Sophia Latjuba

undefined

Selebriti yang populer berkat visualnya yang awet muda ini juga mengikuti trend Lensa AI seperti seleb lainnya, lho. Bahkan sang aktris berusia 52 tahun ini sampai 2 kali mengunggah hasil avatarnya seakan belum puas memperlihatkan hasil aplikasi Lensa AI pada para followers-nya.

 

Pada salah satu unggahannya yang memperlihatkan avatar Sophia Latjuba (@sophia_latjuba88) dengan potongan rambut pendek, wanita ini juga bertanya pada followers-nya seperti, apakah dirinya harus ganti gaya rambut? Tapi tidak bisa dipungkiri sih karena memang nyatanya Sophia Latjuba terlihat cocok dengan model rambut pendek ya.

5. Rianti Cartwright

undefined

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan selebriti berdarah Inggris-Indonesia ini. Memiliki tipikal wajah ala western membuat avatar Rianti Cartwright (@riantic) tampak cantik bagaikan seorang putri yang hidup di komik fantasi. Lewat caption-nya bahkan aktris yang berperan dalam film Ayat-ayat Cinta ini juga memberikan nama pada sosok Elf dirinya sebagai Eilae Moonbryn.

 

Postingan yang mendapat lebih dari 10 ribu likes itu kini dipenuhi oleh komentar netizen dan para rekan sesama selebriti dari Rianti Cartwright. Mereka juga memuji wanita kelahiran 1983 tersebut karena visual memukaunya yang cantik bagaikan seorang dewi. Bagaimana menurut kamu?

 

Baca Juga 

Tips Membuat Resolusi Tahun Baru 2023 Anti Gagal

Rekomendasi Filter Instagram Viral di Akhir Tahun

Bahaya menggunakan Lensa Ai

Bersamaan dengan viralnya aplikasi ini, netizen juga menemukan hal-hal yang dapat membahayakan pengguna Lensa AI. Untuk meningkatkan kewaspadaan kamu, berikut beberapa bahaya yang bisa melanda kamu jika tidak digunakan secara bijak. 

 

1. Privasi wajah yang diragukan

undefined

Sebagai pihak pengembang, Prisma Labs menyatakan bahwa mereka tidak menyimpan foto dan video pengguna mereka lebih dari 24 jam. Namun siapa yang tau bahwa mereka benar-benar sudah menghapus data pengguna mereka?

 

Seorang pakar AI dan keamanan siber bernama Mari Galloway mengatkan bahwa, pengguna Lensa AI sebaiknya tetap berhati-hati ketika menggunakan aplikasi tersebut karena pihak Prisma Labs tidak memberitaukan dengan jelas bagaimana datanya dienkripsi.

 

2. Termasuk pencurian seni

undefined

Meskipun hasil avatar yang dibuat oleh kecerdasan buatan tampak cantik dan keren namun rupanya beberapa seniman beranggapan bahwa aplikasi ini mencuri karya seni, lho. Hal ini dikarena kan Lensa AI bagaikan mencuri pekerjaan seniman dan art style mereka.

 

Untuk menanggapi hal ini, dalam akun Twitter resminya @PrismaAI berkata bahwa AI tidak akan menggantikan seniman digital atau merobek karya seniman, tetapi AI belajar mengenali hubungan antara gambar dan deskripsinya, bukan karya seninya. Bagaimana pendapat kamu jika kamu seorang seniman?

3. Integritas dan etika filter

undefined

Beberapa pengguna perempuan mengaku bahwa avatar yang dihasilkan dari selfie mereka memiliki tampilan yang eksplisit. Hal ini tentunya membuat beberapa orang merasa tidak nyaman jika wajah mereka digunakan untuk avatar yang seksi.

 

Di halaman FAQ-nya sendiri, sang pengembang aplikasi Prisma Labs pun mengakui bahwa seksualisasi terkadang terjadi di semua kategori gender. Jadi sebelum menggunakan Lensa AI, pastikan kamu sudah mengetahui seluk-beluk aplikasi ini sebelumnya ya.

Aplikasi yang viral di media sosial seperti Lensa AI memang asik digunakan terlepas dari biayanya yang sedikit mahal jika dibandingkan dengan aplikasi edit lainnya. Namun kesenangan pengguna saat melihat avatar keren dengan wajah mereka tentu membawa kepuasan tersendiri.

 

Tetapi di lain sisi, Lensa AI juga memiliki banyak kekurangan yang dapat merugikan para seniman ataupun penggunannya. Sebagai pengguna yang baik, pastikan untuk menjaga keamanan data pribadi kamu ketika menggunakan aplikasi ini karena dengan foto selfie yang mereka miliki, bukan suatu kemustahilan bagi pihak tidak bertanggung jawab untuk membuat identitas palsu menggunakan data milik kamu.

 

 

Baca Juga

10 Pemain Bola Populer yang Beraksi di Piala Dunia Qatar 2022

30 Ucapan Selamat Tahun Baru Untuk Pacar, Teman, dan Keluarga

 

Topik Terkait

loading