Tech & Social Media

17 02 2023

10 Faktor yang Memengaruhi Algoritma TikTok di 2023

Ayo buat konten FYP!

2.022 Views

10 Faktor yang Memengaruhi Algoritma TikTok di 2023

Memiliki lebih dari 1 miliar pengguna aktif setiap bulannya, membuat TikTok menjadi salah satu platform media sosial terpopuler di dunia saat ini. Dalam upaya untuk menyajikan konten yang sesuai dengan masing-masing pengguna, TikTok menggunakan algoritma yang kompleks untuk memperlihatkan video-video yang dianggap paling menarik dan relevan bagi setiap pengguna.

 

Dalam artikel ini, tim HIGO akan membahas secara mendalam tentang algoritma TikTok dan faktor-faktor apa saja yang memengaruhi kesuksesan konten pada platform asal China yang satu ini.

Apa itu algoritma TikTok?

undefined

Secara singkat algoritma TikTok dapat diartikan sebagai sistem pemrosesan data yang digunakan oleh  TikTok untuk menampilkan konten yang sesuai dengan minat dan preferensi dari setiap pengguna. Algoritma TikTok juga memberikan peluang bagi para konten kreator untuk mendapatkan eksposur lebih luas dan membangun fanbase yang lebih besar.

 

Penting bagi kamu sebagai pengguna TikTok untuk memahami tentang algoritma TikTok. Dengan mengetahui sistem algoritma, kamu dapat lebih memahami strategi pemasaran dan promosi konten. TikTok juga membantu pengguna dalam menemukan konten yang relevan dengan minat dan preferensi mereka, sehingga konten yang lewat FYP setiap pengguna merupakan konten yang mereka sukai.

Faktor yang memengaruhi algoritma TikTok

undefined

Ada banyak faktor yang memengaruhi cara kerja algoritma TikTok, berikut ini adalah faktor-faktor yang memengaruhi algoritma TikTok yang perlu kamu ketahui.

 

1. Setting Akun

Faktor pertama yang memengaruhi algoritma TikTok adalah pengaturan akun seperti jenis akun, kategori konten, dan preferensi pengguna. Jenis akun yang dipilih oleh pengguna (akun bisnis dan akun pribadi) juga dapat memengaruhi algoritma TikTok, lho.

 

2. Informasi Video

Jika konten kreator memperhatikan informasi video seperti judul, deskripsi, teks, hashtag, dan musik yang digunakan, maka kreator dapat mengoptimalkan konten mereka agar dapat ditemukan oleh algoritma TikTok dan menarik perhatian pengguna lainnya yang memiliki preferensi atau minat yang sama.

 

3. Interaksi Antar Pengguna

Jumlah like, komentar, dan share yang ada di TikTok juga memengaruhi algoritma nya, lho. Semakin banyak like, komentar, dan share dalam satu konten menunjukan seberapa populernya konten tersebut. Konten dengan tingkat popularitas yang tinggi akan memiliki potensi lebih besar untuk masuk halaman FYP.

 

4. Konsistensi Unggah Video

Tau kah kamu bahwa Algoritma TikTok menyukai konsistensi dalam unggahan video? Hal ini dapat menjadi ajang bagi para kreator untuk menunjukkan dedikasi dan keseriusan kreator dalam membuat konten dan membangun komunitas pengikut.

 

5. Pemilihan Hashtag

Sebuah hashtag dapat membantu algoritma TikTok memahami konten dalam setiao kategori yang cocok sehingga lebih mudah ditemukan oleh pengguna lainnya, oleh karena itu penting bagi para konten kreator untuk menggunakan hashtag yang relevan dengan isi konten.

 

6. Timing Posting

Waktu unggahan juga dapat memengaruhi algoritma TikTok, lho. Hal ini karena algoritma TikTok cenderung menampilkan video yang diunggah saat pengguna aktif di platform. Jadi jika kamu mengunggah video di waktu yang tepat maka besar juga peluang konten kamu untuk masuk FYP pengguna lain. Untuk mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mengunggah, kamu bisa memerhatikan waktu luang dari orang yang ada di wilayah kamu karena setiap wilayah memiliki timing yang berbeda-beda.

 

7. Sound yang Digunakan

Jika sebuah video menggunakan sound atau musik yang sedang populer, maka video tersebut memiliki potensi lebih besar untuk FYP pengguna lain yang tertarik dengan konten sejenis. Jadi pastikan untuk menggunakan sound yang sedang trend namun tetap relevan dengan konten jika ingin FYP, ya!

 

8. Kualitas Konten

Algoritma TikTok didesain untuk menampilkan video yang menarik dan bermanfaat bagi penggunanya. Jadi konten yang memiliki kualitas baik, maka konten tersebut memiliki peluang lebih besar untuk menarik perhatian dan mendapatkan eksposur yang lebih besar. Namun, perlu diingat bahwa kualitas konten dapat berbeda-beda. Konten yang sederhana atau kurang berkualitas juga dapat sukses jika sesuai dengan jenis konten yang diinginkan, lho.

 

9. Durasi Video

Video dengan rentang durasi 15 hingga 60 detik rupanya lebih disukai dan mudah masuk FYP. Hal ini karena para pengguna TikTok cenderung lebih menyukai video dengan durasi yang singkat. Jadi alih-alih membuat video berdurasi panjang dan membuat penonton bosan, sebaiknya bagi lah video kamu menjadi beberapa klip dan unggah secara berkala.

 

10.  Lokasi Pengguna

Lokasi tempat di mana kreator berada juga memengaruhi algoritma TikTok yang dimilikinya, lho. Jika kamu berada di Jepang tentu saja FYP kamu akan berisikan konten-konten TikTok dari Jepang. Oleh karena itu jika kamu ingin FYP pastikan untuk menyesuaikan budaya dan bahasa wilayah setempat yang menjadi tempat tinggal kamu ya.

Meskipun algoritma TikTok terus berkembang dan mungkin sulit dipahami sepenuhnya, namun dengan kamu mempelajari tentang faktor-faktor yang memengaruhi algotirma TikTok di atas, kamu dapat lebih memahami apa saja yang dibutuhkan oleh seorang konten kreator untuk membuat konten mereka masuk FYP pengguna lain.

 

Semoga artikel ini dapat membantu kamu lebih memahami tentang algoritma TikTok 2023 ya. Kamu bisa mengunjungi blog.higo.id untuk informasi tentang teknologi lainnya yang akan membuat kamu lebih dekat dengan dunia digital.

 

 

Baca Juga

Kumpulan Lagu TikTok Viral Korea Terbaru yang Sering FYP

Jadwal FYP TikTok Terbaru Agar Konten Bisa Viral

Topik Terkait

loading