Tech & Social Media

03 04 2023

Cara Membaca Analitik TikTok di 2023

Pahami analitik TikTok agar kamu bisa improve konten

584 Views

Cara Membaca Analitik TikTok di 2023

Kepopuleran TikTok di Indonesia memang tidak perlu diragukan lagi. Terbukti Indonesia menjadi negara kedua dengan pengguna TikTok terbanyak di Indonesia. Mengutip dari Goodstats, pengguna TikTok Indonesia mencapai angka 99,09 juta, dimana Amerika Serikat berada di angka 136,42 pengguna. 

 

Kepopuleran TikTok tentu membuat setiap orang tertarik untuk membuat konten, tapi kenyataannya tidak semua orang memahami cara membuat konten yang berkualitas dan bisa masuk fyp TikTok. Sehingga dengan mampu membaca analitik dari setiap konten dan menerjemahkannya menjadi strategi, menjadi langkah yang perlu dilakukan untuk membuat konten berkualitas. 

 

Apa sebenarnya fitur analisis TikTok

undefined

Bagi kamu pengguna baru TikTok, kamu perlu  paham apa itu fitur analisis TikTok. Jadi fitur analisis di TikTok adalah fitur yang disediakan oleh TikTok agar pengguna bisa memantau dan menganalisis performa konten mereka di TikTok.

 

Di fitur ini pengguna dapat mengakses data yang berkaitan dengan tampilan video, jumlah like, komentar, dan interaksi lainnya, hingga informasi tentang pengikut mereka, termasuk usia, jenis kelamin, lokasi, dan preferensi pengguna lainnya. 

 

Fitur ini juga mampu untuk mengidentifikasi tren dan preferensi pengguna yang nantinya berpotensi untuk menjadi audiens baru. Lewat fitur ini, kamu juga bisa memahami perilaku pengguna sehingga mampu membuat keputusan berdasarkan data yang akurat sehingga meningkatkan performa konten.

 

Cara Menggunakan Analitik TikTok

undefined

Agar bisa menggunakan fitur analitik TikTok ada beberapa langkah mudah yang bisa kamu lakukan. 

  1. Buka aplikasi TikTok dan login ke dalam akun yang sudah kamu miliki.
  2. Setelah masuk ke halaman utama, pilih ikon tiga garis di bagian pojok kanan atas, lalu klik “Creator Tools”
  3. Kemudian klik "Analytics"
  4. Kamu bisa melihat tampilan laporan akun TikTok kamu
  5. Setelah masuk, klik di bagian “Analitik”
  6. Setelah klik bagian tersebut, kamu bisa langsung melihat data analitik dari TikTok.

 

Cara Menganalisis Laporan TikTok

undefined

Page pertama yang perlu kamu pahami adalah Overview. Di page ini berisi rangkuman tentang berapa banyak video yang dilihat, audiens yang melihat ke profile, jumlah likes dan komentar. 

 

Di bagian bawah kamu bisa melihat grafik angka dari audiens yang melihat video sesuai dengan periode tanggal yang kamu pilih. Setelah melihat rangkuman data, TikTok akan merekomendasikan konten yang sedang populer. Di page ini kamu akan melihat seberapa populer konten yang telah kamu buat.

 

Selanjutnya kamu bisa beralih ke page Followers. Page ini akan menampilkan total followers  yang kamu miliki, usia, rentang usia, lokasi, hingga waktu aktif followers menggunakan TikTok.

undefined

Keberadaan TikTok memang memudahkan setiap orang untuk menjadi content creator, namun tak banyak yang paham bagaimana cara membaca data yang berada di analitik TikTok. Padahal setiap data yang terangkum dapat menjadi insight yang powerful agar kamu bisa membuat konten TikTok yang lebih baik dan sesuai dengan followes kamu di sana. 

 

Jika kamu memiliki pertanyaan seputar analitik yang berada di TikTok, kamu bisa tulis di kolom komentar. Tim HIGO akan dengan senang hati membantunya :)

Topik Terkait

loading