Lifestyle

03 09 2019

Soft Skill yang Dibutuhkan Saat Bekerja di Startup

Soft skill ini penting banget di startup

1.144 Views

Soft Skill yang Dibutuhkan Saat Bekerja di Startup
Setiap tahunnya, ada begitu banyak lulusan baru yang berasal dari berbagai kampus di Indonesia dan sama-sama mencari pekerjaan. Sebagai seorang fresh graduate yang masih sangat minim pengalaman, hard skill saja tentu tidak akan cukup, karena kamu kalah jauh dengan para profesional yang sudah lebih dahulu berkecimpung di dunia kerja. Karenanya, soft skill begitu penting untuk bisa diterima di berbagai perusahaan.
 
Berbeda dengan hard skill, soft skill adalah kemampuan kamu dalam berhubungan dengan orang lain dan bagaimana kamu meng-handle diri serta lingkungan untuk bisa mencapai tujuan yang kamu inginkan.
 
Sekarang ini, banyak fresh graduate yang tak hanya fokus melamar di banyak perusahaan besar, tapi juga mulai melirik dan tertarik untuk bekerja di startup. Berbeda dengan perusahaan besar, realitas kerja di startup tentunya memiliki budaya kerja yang berbeda. Agar kamu bisa menjadi bagian dari startup, beberapa soft skill ini sangat dibutuhkan saat bekerja di startup.

1. Jangan mudah baper

undefined
Saat berbicara tentang perasaan memang sedikit tricky, untuk itu soft skill pertama yang harus kamu tanamkan dalam hati adalah jangan mudah baper atau terbawa perasaan. 
 
Sebagai seorang yang bekerja di startup dengan ritme kerja yang sangat akrab dengan deadline, kamu harus sangat menguatkan hati untuk menerima masukan dan request yang terkesan tidak masuk akal. 
 
Jangan mudah baper ini menjadi harga mati bagi kamu yang bergerak di industri kreatif. Karena saat kamu menciptakan sebuah karya, itu artinya kamu juga harus siap dengan berbagai komentar yang ditujukan ke arahmu dan itu tidak bisa dihindari. Jadi pastikan bahwa kamu kuat untuk menerima semua masukan dan komentar dari orang lain.

2. Kemampuan menganalisis

undefined
Berkerja di startup itu tandanya kamu siap dengan berbagai kondisi baru yang kadang tidak terduga, untuk itu kemampuan menganalisis menjadi soft skill penting selanjutnya yang penting untuk kamu miliki saat ingin bekerja di startup
 
Kemampuan menganalisis akan sangat membantu kamu untuk menemukan strategi yang paling tepat untuk menyelesaikan berbagai tantangan baru yang datang. Kamu yang merasa bahwa kemampuan menganalisisnya masih kurang, bisa melatihnya dengan cara menonton film Sherlock Holmes, membaca buku, atau mulai lebih peduli dengan lingkungan sekitar.
 

3. Problem solving yang baik

undefined
Kemampuan menyelesaikan masalah tanpa menimbulkan masalah menjadi soft skill yang penting untuk kamu miliki. Berbeda dengan big company, kamu akan lebih rentan dan sering bertemu dengan masalah saat bekerja di startup. Karena biasanya budaya kerja di sana akan menuntut kamu untuk mencoba berbagai strategi untuk mendapatkan yang paling tepat.
 
Problem solving yang baik akan sangat membantu kamu agar tidak mudah menyerah dan menganggap bahwa masalah yang datang sebagai tantangan baru yang akan memberikan banyak pelajaran baru saat kamu bisa menyelesaikannya.

4. Memiliki sifat inisiatif yang tinggi

undefined
Meski kamu fresh graduate dan masih membutuhkan banyak arahan, tapi kamu tetap penting untuk memiliki sifat inisiatif. Inisiatif adalah kemampuan untuk mengerjakan sesuatu dengan benar tanpa diberi tahu terlebih dahulu. Intinya, kamu memiliki kesadaran untuk mencari tahu dan mengerjakannya dengan baik meski itu terkesan sulit.
 
Jika soft skill ini sudah kamu miliki, maka kamu akan sangat mudah untuk bisa diandalkan di dalam tim. Karena kamu memiliki kemauan belajar yang lebih tinggi daripada orang lain dan kamu tidak mudah untuk menyerah.

5. Percaya dengan diri sendiri

undefined
Percaya diri menjadi soft skill yang tak kalah penting untuk ada di diri kamu. Saat kamu tidak percaya diri, bagaimana kamu bisa berkomunikasi dengan tim untuk memberikan ide atau menyelesaikan masalah yang ada.
 
Percaya diri membuat kamu merasa yakin dengan ide yang kamu miliki untuk di share ke dalam tim dan tidak takut merasa salah. Karena kamu tahu, ide yang kamu berikan sudah kamu pikirkan dengan baik.
Di luar sana mungkin masih banyak orang yang lebih pintar dengan track record yang lebih bagus secara akademis, tapi kamu tetap bisa bersaing dengan mereka jika memiliki kelima soft skill di atas. 
 
Jadi mulai sekarang jangan ragu untuk mengasah berbagai kelima soft skill di atas. Bagi kamu yang ingin bekerja di startup dan menjadi keluarga baru HIGO, bisa kunjungi link ini
 

Topik Terkait

loading