Lifestyle

27 08 2019

Trik Tetap Semangat Kerja Saat Kantor Tak Lagi Nyaman

Jangan langsung resign!

581 Views

Trik Tetap Semangat Kerja Saat Kantor Tak Lagi Nyaman
Punya pengalaman merasa kantor tidak lagi nyaman? Atau sekarang kamu sedang berada di posisi tersebut? Merasa semangat kerja mulai luntur menjadi dilema yang sering dialami para pekerja. Pikiran untuk mulai mengajukan resign dari kantor dan mencari kantor baru pasti sering terbesit di benak kamu.
 
Tak mudah memang membangkitkan semangat kerja yang mulai luntur, tapi bukan berarti resign menjadi jalan satu-satunya. Agar kamu bisa tetap semangat kerja meski kondisi kantor tak lagi nyaman seperti dulu, beberapa trik ini bisa kamu lakukan.

1. Ambilah cuti sebentar

undefined
Break dari rutinitas menjadi trik pertama yang bisa kamu lakukan untuk menenangkan pikiran agar tidak terburu-buru mengajukan resign. Mengambil cuti sebentar entah itu dua atau tiga hari akan membuat pikiran kamu jauh lebih tenang.
 
Memberikan waktu sebentar untuk diri bersantai menjadi healing tersendiri yang efeknya baik bagi kesehatan mental. Bahkan ini membantu kamu untuk tetap berpikir jernih dan memandang setiap masalah tidak sebesar yang dibayangkan.
 
Dengan mengambil cuti sebentar, kamu telah mengambil langkah mundur untuk melihat masalah dari kejauhan. Sehingga setiap masalah yang kamu rasakan di kantor akan tampak jauh lebih kecil dan sangat bisa untuk diselesaikan tanpa harus mengajukan resign.

2. Tanyakan pada diri sendiri sudahkah kamu melakukan yang terbaik

undefined
Masalah yang menghampiri itu menandakan bahwa kamu sudah melakukan sesuatu yang keluar dari zona nyaman. Tak masalah untuk salah, karena pada akhirnya menghantarkan kamu pada jawaban yang benar. 
 
Saat kondisi kantor tak lagi senyaman seperti dulu, karena ada beberapa perubahan di sana-sini dan kamu dituntut untuk melakukan improve, jangan langsung memandangnya pada satu sisi saja. Karena pada kenyataannya setiap perubahan dilakukan untuk memberikan dampak yang lebih baik lagi.
 
Memiliki pikiran untuk mengajukan resign tentu menjadi hak kamu, tapi coba tanyakan pada diri sendiri apakah kamu sudah melakukan hal terbaik yang bisa kamu lakukan di kantor yang sekarang?
 

3. Mengingat apa yang membuat kamu berada di sini

undefined
Sebelum menerima overing untuk menjadi bagian di kantor yang sekarang, kamu pasti memiliki pertimbangannya sendiri. Di saat kamu merasa kondisi di kantor tidaklah nyaman lagi, jangan terburu-buru untuk mengajukan resign. Kamu bisa mencoba untuk mengingat apa yang membuat kamu berada di sini.
 
Perjuangan kamu untuk masuk ke dalam perusahaan yang sekarang tentu tidaklah mudah, sehingga jika kamu merasa belum mendapatkan apa yang kamu inginkan maka bertahanlah. 

4. Bangun percaya diri bahwa kamu mampu

undefined
Jangankan untuk menyelesaikan pekerjaan, kondisi kantor yang tidak nyaman pasti membuat kamu tidak merasa betah untuk berlama-lama di kantor, hingga akhirnya berpengaruh pada performa pekerjaan yang buruk.
 
Membangkitkan semangat disaat perasaan hati tidak nyaman memang tidak mudah, tapi perlu diingat bahwa kamu itu tipe seseorang yang selalu menyelesaikan apa yang berani kamu mulai dengan baik, sehingga kamu perlu membangun kepercayaan diri lagi bahwa kamu mampu untuk menyelesaikannya hingga tuntas.

5. Tanamkan rasa syukur

undefined
Rasa syukur yang hanya terucap lewat lisan tapi tidak ditanamkan di dalam hati pasti dampaknya jauh berbeda. Di saat kondisi yang tidak mudah seperti ini, rasa syukur yang tertanam dalam hati akan sangat membantu kamu untuk terus berjuang sampai akhir dan bisa melewati masa sulit ini dengan pikiran tenang.
 
Jika kamu merasa sering melupakan perasaan syukur tersebut, cobalah untuk terus mengingatkan setiap saat dan menanamkan di dalam hati, karena pada kenyataannya di luar sana masih banyak orang lain yang ingin berada di posisimu sekarang.
Tetap bisa semangat kerja meski kantor terasa tidak nyaman lagi kuncinya ada berada di diri kamu. Jangan biarkan segala hal yang kurang baik memengaruhi kondisi kamu dalam berkarya, karena pekerjaan yang selalu dilakukan dengan hati dan sungguh-sungguh pastinya memberikan hasil yang jauh lebih baik.
 
Jadi, jika kamu sedang berada pada kondisi di atas, cobalah untuk menerapkan beberapa trik di atas agar kamu tetap bisa semangat dalam melakukan pekerjaan.
 

Topik Terkait

loading