Lifestyle

05 01 2024

Rekomendasi NGO Pecinta Lingkungan di Indonesia

Tunjukan rasa cinta kamu pada bumi kita!

262 Views

Rekomendasi NGO Pecinta Lingkungan di Indonesia

Menjaga kelestarian lingkungan merupakan kewajiban dari setiap manusia yang menghuni bumi. Oleh karena itu beberapa negera memiliki hari penghijauan kembali atau hari bercocok tanam untuk mengembalikan kelestarian lingkungan yang sudah mulai rusak. Di negara kita sendiri hari tersebut diperingati sebagai Hari Gerakan Satu Juta Pohon yang jatuh pada tanggal 10 Januari setiap tahunnya.

 

Meskipun terdengar asing bagi masyarakat awam karena tidak dirayakan besar-besaran seperti hari peringatan lainnya, tetapi nyatanya Hari Gerakan Satu Juta Pohon sudah memiliki sejarah panjang di Indonesia, lho. Sebelum membahas lebih lanjut tentang kegiatan yang berhubungan dengan pelestarian lingkungan, kamu harus tahu sejarah hari Satu Juta Pohon terlebih dahulu.

Sejarah Hari Satu Juta Pohon

undefined

Awal mulanya gerakan ini dilakukan pada 10 April 1872 ketika pemerintah Amerika Serikat menghadiahkan satu juta pohon kepada setiap kabupaten di wilayah Nebraska. Hal tersebut membuat J. Sterling Morton, seorang editor koran menganjurkan setiap individu untuk menanam pohon di lingkungannya masing-masing.

 

Pemerintah pun mendukung kampanye tersebut dan membagikan pohon kepada warga untuk ditanam di lingkungan mereka dan sejak itu lah banyak negara yang ikut merayakan hari Gerakan Satu Juta Pohon.

 

Di Indonesia sendiri hari Gerakan Satu Juta Pohon dikemukakan oleh Presiden Seoharto dalam pidatonya di tanggal 10 Januari 1993 lalu. Melalui pidato tersebut sang presiden mengajak masyarakat untuk menanam pohon hingga lebih dari satu juta di setiap provinsi. Waktunya yang bertepatan di bulan Januari juga bukan tanpa alasan, menurut beliau cuaca di bulan Januari sangat cocok untuk menanam pohon, sungguh penuh pertimbangan ya.

 

Baca Juga

Buah yang Baik Dikonsumsi Untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh

Liburan Tahun Baru di Lokasi Syuting Alice in Borderland Netflix

NGO di Indonesia yang Memiliki Program Penghijauan

NGO atau Non-Governmental Organization adalah sebuah organisasi yang secara sukarela dibentuk untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat umum, tanpa bertujuan untuk memperoleh keuntungan. Biasanya kegiatan yang dilakukan organisasi ini adalah mempromosikan perubahan sosial atau politik, pembelaan terkait lingkungan, isu sosial, advokasi, serta HAM.

 

Perannya yang penting dalam masyarakat membuat jenis organisasi ini terdapat di banyak negara, bahkan beberapa organisasi ada yang berskala global, lho. Jika kamu tertarik untuk menjadi relawan atau berdonasi guna menjaga bumi kita, ada beberapa NGO yang bergerak di bidang pelestarian lingkungan, seperti organisasi di bawah ini yang menantikan partisipasi kamu.

 

1. World Agroforestry Centre

undefined

Disebut juga sebagai The International Council for Research in Agroforestry, organisasi ini sudah lama masuk di Indonesia, lho. Tepatnya 30 tahun lalu di Bogor, Jawa Barat ICRAF bekerja sama dengan lembaga yang menangani kehutanan dan pelestarian lingkungan setempat.

 

Projek yang berhasil dijalankan organisasi ini antara lain adalah Sustainable, Low Carbon Emission Agriculture and Water Resource Co-Investment of Rejoso Watershed pada 2019 hingga 2022 lalu, dimana bertujuan untuk melestarikan kawasan hilir DAS (Daerah Aliran Sungai) Rejoso dengan penanaman pohon menggunakan sistem agroforestri.

 

Ada pula beberapa program on going yang bisa kamu ikuti seperti Sustainable Farming in Tropical Asian Landscapes (SFITAL) yang berfokus di Indonesia dan Filipina atau Improving the Management of Peatlands and the Capacities of Stakeholders in Indonesia (Peat-IMPACTS Indonesia), yang berfokus dalam rencana pengelolaan dan restorasi lahan gambut. Selengkapnya kamu bisa mengujungi situs World Agroforestry.

 

2. Forest Stewardship Council

undefined

Organisasi berikutnya yang bergerak di bidang pelestarian lingkungan adalah Forest Stewardship Council (FSC) yang berdiri sejak 1993 lalu. Organisasi ini memiliki misi untuk mempromosikan pengelolaan hutan dunia yang sesuai dengan kaidah lingkungan, bermanfaat secara sosial, dan ekonomis. Jadi bisa dipastikan jika bisnis yang bekerjasama dengan organisasi ini peduli pada keberlangsungan hutan di Indonesia.

 

Para pendiri dari Forest Stewardship Council merupakan perwakilan dari beragam kelompok, seperti lembaga lingkungan, perdagangan kayu, profesional kehutanan, organisasi masyarakat lokal, asosiasi kehutanan dan lembaga sertifikasi dari 25 negara. Salah satu projek organisasi yang telah dijalankan adalah perluasan hutan yang terverifikasi. Untuk informasi lebih lengkap, kamu bisa mengunjungi situs resmi Forest Stewardship Council di sini.

 

3. Yayasan Konservasi Alam Nusantara

undefined

YKAN adalah organisasi nirlaba berbasis ilmiah yang hadir di Indonesia sejak 2014 lalu di bawah hukum Republik Indonesia dengan landasan yang dibangun oleh TNC. Menurut penjalasan dalam situs resminya, YKAN menjalin kemitraan dengan pemerintah, sektor usaha, organisasi masyarakat, akademisi, dan komunitas lokal.

 

Banyak program yang sudah dijalankan oleh organisasi ini, salah satunya adalah program bernama "Melestarikan Mangrove untuk Indonesia yang Lestari" yang dilaksanakan pada Desember 2022 lalu. Program tersebut bekerjasama dengan HSBC Indonesia untuk lestarikan hutan mangrove di daerah muara angke. Jika kamu tertarik, kamu bisa mempelajari tentang Yayasan Konservasi Alam Nusantara lebih lanjut di situs resmi ykan.or.id.

4. Greenpeace Indonesia

undefined

Organisasi lingkungan global yang satu ini sudah berdiri sejak 1969 lalu di Vancouver, Kanada. Sementara untuk struktur organisasi ini terdiri dari Greenpeace International yang berbasis di Amsterdam, Belanda, dan 28 cabang regional yang berada di 45 negara, termasuk Indonesia.

 

Berdasarkan halaman situs resminya, Greenpeace Indonesia memiliki banyak program yang yang menantikan partisipasi kamu untuk turut ikut serta dalam melindungi lingkungan hidup. Selain ikut turun ke lapangan, kamu juga bisa ikut berdonasi di Greenpeace Indonesia untuk membuat bumi menjadi tempat yang lebih baik.

5. Peduli Konservasi Alam Indonesia (PEKA)

undefined

Yayasan Peduli Konservasi Alam Indonesia atau PEKA Indonesia merupakan organisasi nirlaba yang memiliki program utama berupa penelitian, pendidikan, konservasi, dan pengembangan masyarakat serta mempromosikan konsep ”Ecosystem Health” di Indonesia. Dengan tujuan membangun kepedulian masyarakat untuk mendukung usaha konservasi sumberdaya alam di Indonesia.

 

Bagi kamu yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai organisasi yang berdiri sejak 23 tahun silam ini, kamu bisa menelusuri situs PEKA Indonesia dan memilih menu "program kerja" untuk mempelajari program-program yang dilaksanakan oleh organisasi ini. 

Mengubah lingkungan untuk menjadi lebih baik merupakan suatu perbuatan yang mulia karena kamu bisa membuat bumi kita menjadi rumah yang lebih nyaman untuk dihuni. Untuk merawat lingkungan, kamu bisa bergabung dengan beberapa program buatan NGO di atas atau mulai melakukan perubahan dengan ikut serta menanam pohon di Hari Gerakan Satu Juta Pohon saat 10 Januari nanti.

 

Jika kamu memiliki rekomendasi NGO atau organisasi yang bergerak untuk penghijauan kembali, silahkan share organisasi kamu di kolom komentar ya! Ayo buat bumi ini menjadi lebih baik!

 

Baca Juga

5 Rekomendasi NGO yang Bisa Kamu Pilih Saat Ingin Jadi Relawan

Tips Menghadapi Hujan Badai di Musim Penghujan

Topik Terkait

loading