Lifestyle

20 12 2021

5 Hal yang Wajib Kamu Syukuri Menjelang Akhir Tahun

Kira-kira semua list di bawah kamu alamin nggak?

317 Views

5 Hal yang Wajib Kamu Syukuri Menjelang Akhir Tahun

Menjelang akhir tahun yang sudah di depan mata, rasanya sering terbersit pertanyaan "hal apa saja yang sudah dilakukan", "apakah semua keinginan sudah terealisasikan", dan berbagai pertanyaan tentang kesuksesan lainnya yang sebenarnya kamu sendiri sudah tahu jawabannya. 

 

Memandang kesuksesan hanya dari materi, jabatan, dan berbagai hal duniawi lainnya rasanya terlalu sempit. Meski akhir tahun jadi waktu yang tepat untuk melakukan evaluasi diri selama satu tahun, tapi bukan berarti hanya diukur lewat materi dan pencapaian yang dimiliki hari ini. 

 

Salah satu hal yang sering luput untuk dievaluasi adalah rasa syukur. Meski terlihat sepele nyatanya rasa syukurlah yang mampu membentengi diri dari perasaan incesure terhadap banyak hal. Jika kamu merasa sulit untuk melihat banyak hal baik yang telah terjadi selama setahun ini, berikut beberapa hal kecil yang bisa menyadarkan kamu untuk terus bisa bersyukur.

1. Tidak menyerah meski kamu ingin

undefined

Tak sedikit rintangan yang harus kamu hadapi di tahun ini bahkan ada banyak alasan yang bisa kamu gunakan untuk menyerah dan berhenti, tapi nyatanya kamu tidak melakukannya dan terus maju.

 

Keberanianmu untuk tidak menyerah meski kamu ingin melakukannya menjadi hal kecil yang patut kamu syukuri. Meski terkesan sederhana, tapi tidak semua orang bisa melakukannya dan kamu berhasil. Selamat untuk kamu :)

2. Tetap menjadi pribadi baik meski tidak semua orang baik

undefined

Tidak semua orang yang kamu temui memberikan respon yang baik. Bisa jadi ada salah satu dari mereka yang tidak menyukai kehadiranmu. Saat bertemu dengan orang yang tidak menyukaimu tanpa alasan yang jelas dan kamu tetap berbuat baik padanya, artinya sifat baik tersebut yang ada pada dirimu wajib kamu syukuri.

 

Tetap memperlakukan seseorang yang tidak menyukainya dengan baik adalah bentuk kecintaanmu pada diri sendiri. Kamu sudah bisa memaknai arti kata ketulusan secara lebih dalam. Kamu merasa berbuat baik itu adalah keharusan sebagai manusia dan tidak perlu mendapat balasan dari kebaikan yang kamu perbuatan, karena kamu tulus dan ikhlas melakukannya.

 

Baca Juga
Tren Huslte Culture Bukan Jaminan Kebahagiaan

3. Tetap mencintai diri sendiri meski banyak kurangnya

undefined

Tidak ada yang sempurna di dunia ini, tidak orang lain atau pun juga kamu. Mencintai diri sendiri meski kamu tahu ada banyak kekurangan yang ada di diri kamu, entah dari fisik atau kepribadian, itu tetap jadi hal yang bisa kamu syukuri di tahun ini. 

 

Ada banyak kasus depresi yang berasal dari perasaan insecure dan anxiety yang dialami banyak orang, tapi lihatlah kamu, kamu tetap bisa menerima semua kekuranganmu dan terus memperbaikinya hingga kamu bisa bilang "aku bahagia dengan diriku sendiri".

4. Adanya sahabat meski tidak selalu bersama

undefined

Meski kamu tipe introvert yang tidak memiliki banyak teman, tapi pasti ada satu sahabat yang kamu merasa nyaman untuk menceritakan segala hal yang sedang kamu rasakan. Nah, memang terlihat biasanya saja, tapi memiliki sahabat yang selalu ada jadi hal kecil yang harus kamu syukuri.

 

Keberadaan sahabat menjadi support system terbaik ketika kamu membutuhkan dukungan melewati kondisi yang sulit. Mereka akan selalu ada untukmu di berbagai kondisi, entah itu saat senang atau sedih. Jadi jangan pernah abaikan mereka ya, meski kamu merasa begitu sibuk dengan rutinitas.

5. Bisa melakukan hobi meski hanya sebentar

undefined

Tidak semua orang memilik kesempatan untuk melakukan hobi yang mereka sukai. Entah karena tidak memiliki waktu luang yang cukup atau keterbatasan dana. Meski tidak bisa terlalu sering, tapi kamu tetap bisa melakukannya, hal sederhana seperti itu juga tetap kamu syukuri. 

 

Melakukan kegiatan yang kamu sukai memiliki efek positif yang begitu baik bagi kesehatan mental. Mulai dari bisa meredakan stres, meningkatkan energi positif, dan mencegah kelelahan yang menjadi pemicu timbulnya burn out.

Memupuk rasa syukur setiap saat membuat kamu jadi pribadi yang tidak mudah kecewa dan marah. Kamu paham segala sesuatu yang terjadi meski itu bukanlah hal yang positif tetap memiliki hikmah yang bisa diambil.

 

Jadi cobalah untuk luangkan waktu sejenak dan tuliskan segala hal yang kamu syukuri di tahun ini. Sehingga kebaikan yang kamu lakukan di tahun ini tetap terbawa di tahun yang akan datang dan membentukmu menjadi pribadi yang lebih baik dalam menyikapi berbagai hal yang terjadi. 

 

Jika kamu tertarik dengan informasi seputar lifestyle dan pengembangan diri, kamu bisa baca berbagai artikel lainnya di blog.higo.id.

 

Baca Juga
Cara Kelola Stres dan Overthinking dengan Teknik Brain Dumping
Tren The Great Resignation Bukan Alasan yang Tepat untuk Resign
Teknik Mengatur Skala Prioritas Saat Semuanya Terlihat Penting

Topik Terkait

loading