Lifestyle

04 04 2022

Tips Mudah Menjaga Tubuh Tetap Bugar Selama Puasa

Tetap produktif selama berpuasa? Bisa...

136 Views

Tips Mudah Menjaga Tubuh Tetap Bugar Selama Puasa

Saat menjalankan ibadah puasa, tubuh memang kehilangan banyak cairan dan protein. Kondisi seperti inilah yang membuat kamu tidak bertenaga dan mudah merasa lemas. Tak heran kamu jadi merasa malas untuk beraktivitas dan hanya ingin bersantai.

 

Padahal berpuasa bukanlah alasan untuk berhenti melakukan aktivitas dan hanya bermalas-malasan. Sebaliknya, di bulan suci yang penuh dengan rahmat ini, umat muslim diharuskan untuk gemar melakukan aktivitas positif karena akan bernilai sebagai ibadah. 

 

Agar dapat menjaga tubuh tetap bugar dan tidak mudah merasa lemas saat berpuasa, ada beberapa hal mudah yang bisa kamu lakukan. Berikut tips menjaga tubuh tetap bugar selama berpuasa yang bisa kamu lakukan.

1. Terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat olahan

undefined

Berbeda dengan karbohidrat yang biasa kita dapatkan dari nasi, kentang, atau ubi, kabohidrat olahan adalah jenis karbohidrat yang memiliki jumlah serat, vitamin, dan mineral yang sedikit. Biasanya karbohidrat ini didapatkan dari makanan olahan seperti roti, kue kering, atau soda. 

 

Mengonsumsi terlalu banyak karbohidrat olahan saat sahur, akan membuat tubuh lebih mudah merasa lelah sepanjang hari. Hal ini karena tubuh akan memecahkan karbohidrat yang dikonsumsi menjadi gula dan dapat digunakan sebagai sumber energi, tapi jika jumlah yang dihasilkan terlalu banyak, maka efeknya akan membuat tubuh mudah lelah. 

2. Kurang aktif dalam melakukan kegiatan fisik

undefined

Saat menjalankan ibadah puasa, pasti kamu ingin tidur atau beristirahat tanpa melakukan kegiatan. Padahal menghindari kegiatan fisik akan membuat tubuh kamu merasa lelah. Beberapa penelitian menyebutkan, seseorang yang kurang aktif secara fisik akan memberikan efek lemas pada tubuh.

 

Sedangkan orang yang melakukan olahraga ringan di waktu berbuka atau melakukan aktivitas fisik lainnya seperti berjalan atau bekerja, akan terasa jauh lebih bugar selama puasa. Jadi salah satu kunci agar tubuh tidak lemas saat berpuasa, kamu perlu meluangkan waktu untuk berolahraga.

 

Baca Juga
Cara Kelola Stres dan Overthinking dengan Teknik Brain Dumping

3. Kualitas tidur yang kurang baik

undefined

Tidur yang cukup memiliki peranan yang penting bagi tubuh, tidak hanya membuat tubuh lebih segar, tapi juga membuat suasana hati jadi lebih baik. Orang yang berpuasa memang sering kurang tidur, untuk itu perlu diperhatikan agar tidak begadang dan membuat kamu sulit untuk bangun sahur. 

 

Menurut peneliatian yang dilakukan oleh American Academy of Sleep Medicine and Sleep Research Society, orang dewasa rata-rata membutuhkan waktu 7 jam untuk tidur agar memberikan efek segar, berenergi, dan waspada bagi tubuh esok harinya.

4. Cobalah mengalihkan fokus agar lebih produktif

undefined

Pikiran memiliki peran yang penting dalam mengontrol perasaan dan juga tindakan seseorang. Bagi seseorang yang sedang menjalankan ibadah puasa, mampu mengontrol pikiran dari rasa lapar dan mengalihkan fokus tersebut ke arah yang lebih produktif, akan membuat puasa yang dijalankan jauh terasa lebih bersemangat. 

 

Saat kamu mampu mengabaikan perasaan lapar, tubuh tidak akan menerima sinyal lemas. Efeknya tubuh tetap terasa segar dan kamu bisa menjalankan aktivitas seperti biasa tanpa merasa kesulitan.

5. Cobalah untuk melakukan latihan pernapasan

undefined

Waktu berbuka puasa menjadi momen yang paling ditunggu setiap orang yang berpuasa. Tak heran banyak dari kita yang langsung mengonsumsi berbagai makanan yang diinginkan, untuk membalas rasa lapar yang sudah ditahan sejak pagi. 

 

Melakukan latihan pernapasan menjadi cara yang bisa dilakukan untuk mengontrol aktivitas makan yang melibatkan emosi. Kamu jadi lebih sadar dengan apa yang kamu lakukan sekarang, sehingga bisa mengontrol aktivitas makan yang berlebih. 

Menjaga tubuh tetap bugar selama berpuasa memang memiliki tantangannya sendiri. Tapi dengan niat yang kuat dan dibarengi dengan pola hidup sehat, maka puasa yang kamu jalankan akan jauh lebih lancar. 

 

Bagi kamu yang memiliki tips lain untuk menjaga tubuh tetap bugar selama berpuasa, kamu bisa memberikan komentar di bawah. Khusus bagi kamu pemilik cafe atau resto yang ingin memaksimalkan fasilitas WiFi menjadi revenue tambahan, kamu bisa gabung bersama HIGOspot di sini

 

Baca Juga

Subway Meditation: Buat Perjalanan Pulang Kantor Jadi Tenang
Tips Mengatur Skala Prioritas Saat Semuanya Terlihat Penting

Topik Terkait

loading