Lifestyle

30 04 2019

5 Cara Menghadapi Quarter Life Crisis dengan Bijak

Jangan langsung down ya...

986 Views

5 Cara Menghadapi Quarter Life Crisis dengan Bijak
Sudah mulai memasuki pencarian makna akan arti kehidupan? Jika ia, tandanya kamu sudah masuk ke dalam fase Quarter Life Crisis. Menginjak usia 25 tahun, tentunya menjadi masa pendewasaan diri yang membuat kamu berpikir lebih tentang banyak hal. Tidak hanya tentang kesenangan semata, kamu mulai merasa apa makna dari kehidupan yang telah kamu jalani sekarang dan adakah manfaat yang sudah kamu berikan sampai saat ini. 
 
Quarter Life Crisis yang kamu rasakan, jangan langsung membuat kamu merasa terpuruk. Tapi, cobalah untuk belajar menjadi lebih bijak dalam menyikapi berbagai masalah yang berkecamuk di dalam hati dan pikiran. Untuk menghadapi masa-masa Quater Life Crisis yang kamu alami, cobalah untuk menerapkan beberapa tips berikut ini. 

1. Tulislah apa yang sudah kamu raih hingga sekarang

undefined
Menulis menjadi obat terapi yang paling mudah untuk dilakukan. Saat memasuki masa Quater Life Crisis, mulailah dengan menulis apa saja hal yang sudah berhasil kamu raih hingga sekarang. Kamu bisa mulai mengurutkannya dari hal yang paling besar hingga kecil. Jangan remehkan sekecil apapun mencapaian yang telah kamu raih, karena tidak semua orang bisa mendapatkannya dan kamu tetap harus beryukur. 

2. Tanyakan pada diri sendiri apa yang buat kamu bahagia

undefined
Banyak orang yang merasa lebih baik mengikuti jalan hidup yang sudah ada di depan mata, tanpa mereka tahu apa sebenarnya tujuan yang ingin diraih dalam hidup. Menentukan tujuan dalam hidup memang perlu waktu dan keberanian untuk jujur kepada diri sendiri, sehingga saat masa Quarter Life Crisis datang, cobalah tanyakan pada diri sendiri, apa yang buat kamu merasa bahagia jika melakukannya. Langkah ini akan memberi tahu kamu bahwa, masih banyak hal yang ingin kamu raih dan membuat hidup kamu jauh lebih berarti. 
 

3. Mengingat semua orang yang kamu sayang

undefined
Semakin dewasa, kamu mulai merasa bahwa memiliki banyak teman bukanlah hal yang penting untuk didapatkan. Semakin bertambahnya umur, banyak teman kamu yang dulunya terasa begitu akrab akan mulai berkurang. Memiliki sedikit sahabat, namum mereka selalu ada di berbagai keadaan tentunya akan lebih sangat berarti. 
 
Saat Quarter Life Crisis menghampiri, mulailah ingat semua orang yang berarti dalam hidup kamu. Dengan cara itu, kamu akan merasa tidak sendiri, bisa mencurahkan semua kisah dan memiliki tempat untuk kamu pulang.

4. Mengingat bahwa hidup merupakan anugrah

undefined
Tidak semua orang memiliki kesempatan untuk menjalani hidup yang kamu punya sekarang, untuk itu ingatlah agar tetap bersyukur sesulit apa pun keadaannya. Menganggap bahwa hidup merupakan anugrah terindah yang diberikan oleh Tuhan, akan membuat kamu merasa bersyukur dan ringan dalam menjalani hari. Mengingat semua kebaikan yang pernah terjadi dalam hidup kamu, tentunya akan membuat kamu merasa lebih baik lagi dan bisa melewati Quarter Life Crisis dengan sangat bijak. 

5. Kontrol perasaan agar tidak mudah kecewa

undefined
Sering mengalami perasaan kecewa? Entah itu dengan teman, orang tua, atasan, hingga pasangan pastinya tetap membuat kamu merasa sedih. Mengontrol perasaan agar tidak mudah kecewa, menjadi cara yang bisa kamu lakukan saat menghadapi masa Quater Life Crisis. Rasa kecewa yang tinggi hanya akan memperburuk keadaan kamu, sehingga mulailah melapangkan hati dan pikiran agar kamu tidak mengalami perasaan kecewa yang berkepanjangan.
 
Menghadapi masa-masa Quarter Life Crisis memang butuh keberanian dan dukungan dari orang-orang tersayang. Jadi saat kamu merasa tidak sanggup menanggungnya seorang diri, ceritalah dan jangan sungkan untuk meminta bantuan.
 
Baca Juga:

Topik Terkait

loading