Lifestyle

15 01 2019

Yuk, Bikin Hidup Makin Bahagia Lewat Mindfulness!

Bahagia itu pilihan kok!

1.576 Views

Yuk, Bikin Hidup Makin Bahagia Lewat Mindfulness!
Bahagia itu pilihan sebenarnya pendapat yang paling tepat lho, kenapa? Karena kamu lah yang pegang kendali atas hidupmu sendiri bukan orang lain. Kalau kamu baru bisa merasa bahagia saat hal baik dateng atau saat semua keinginanmu terkabul, pasti kamu bakal kesulitan buat bisa bahagia.
Buat kamu yang masih kesulitan ngerasain hidup bahagia, menerapkan mindfulness dalam keseharian bisa jadi solusinya. Mindfulness itu berarti kesadaran yang tercipta dari diri kamu, baik secara perasaan, pikiran, dan emosi tanpa perlu mengkritiknya. Lalu apa aja yang bisa kamu terapin, yuk mari mulai!

1. Mulailah dengan meditasi di atas kasur atau karpet

undefined
Setelah bangun tidur jangan langsung buru-buru ke kamar mandi. Carilah posisi yang paling nyaman entah itu di atas kasur atau di atas karpet, lalu duduk bersila dengan kelapak tangan menyentuh lutut sambil memejamkan mata. Ambil nafas dalam-dalam dan hembuskan secara perlahan sambil bebaskan pikiran dari segala yang menggangu. 

2. Belajar untuk mengatur pernafasan

undefined
Mindfulness memang identik dengan latihan pernafasan, banyak teknik-teknik yang bisa kamu cari di Google dan praktekan dalam keseharian. Menerapkan teknik pernafasan yang benar bisa membantu kamu untuk menenangkan pikiran saat hal buruk tiba-tiba datang. Kamu jadi nggak mudah marah dan meluapkan emosi karena menyikapinya dengan pikiran yang tenang.

4. Menuliskan hal baik yang terjadi hari ini

undefined
Manusia itu pada dasarnya memang punya sifat pelupa, salah satu cara yang bisa kamu lakuin agar bisa selalu bersyukur adalah dengan menuliskan hal baik yang terjadi hari ini sekecil apapun itu. Dengan bersyukur, akan membuat perasaan kamu jauh lebih bahagia.   

4. Mulailah mencintai diri sendiri

undefined
Sadar bahwa setiap manusia punya kekurangan termasuk juga kamu membuat proses penerimaan diri sendiri semakin lebih mudah. Kamu perlu ingat di dunia ini nggak ada yang sempurna, jadi bagaimanapun kamu belajarlah untuk mulai mencintai diri sendiri. Ingat, kamu adalah kamu dan bukan orang lain.

5. Sadar bahwa nggak semuanya bisa berjalan sesuai apa yang kamu mau

undefined
Ekspektasi tinggi boleh-boleh aja kok, karena setiap orang termasuk kamu bebas untuk memilikinya. Namun, kamu juga perlu menyiapkan mental buat menghadapi kemungkinan lain yang bisa aja terjadi nantinya. Tujuannya cuma satu, biar kamu nggak mudah kecewa. Karena mudah kecewa itu bisa merenggut kebahagian secara perlahan. 
 
Banyaknya ketakutan yang belum tentu terjadi hanya akan membuat hidup kamu lelah. Mindfulness ngajarin kamu buat fokus ngejalanin hal yang terjadi sekarang dan nggak perlu mengkhawatirkan masa depan yang masih misteri. Bisa melihat indahnya matahari dan senyum hangat dari orang-orang yang kamu cintai itu termasuk anugrah lho. Jadi hidup bahagia itu bisa kamu raih jika kamu memang menginginkannya. 

Topik Terkait

loading