Lifestyle

04 Agustus 2021

Tips Mudah Mencari Lowongan Kerja di Saat Pandemi

Kamu pasti bisa, semangat aja dulu!

92 Views

Tips Mudah Mencari Lowongan Kerja di Saat Pandemi

Pandemi yang terus berlanjut tentu berdampak pada kondisi ekonomi Indonesia. Tidak sedikit bisnis yang gulung tikar dan membuat para pegawainya kehilangan pekerjaan dan membutuhkan pekerjaan baru. 

 

Mencari lowongan kerja di tengah pandemi memang bukan perkara yang mudah untuk dilakukan. Namun, fenomena pindah kerja yang sering dialami milenial di tengah pandemi menjadi bukti, bahwa mendapatkan pekerjaan di tengah pandemi juga bukanlah perkara yang mustahil untuk dilakukan. 

 

Bagi kamu yang ingin mencari lowongan kerja, berikut tips yang bisa kamu perhatikan agar lowongan kerja yang kamu impikan bisa didapatkan. 

1. Pastikan lowongan kerja yang pilih terpercaya

image-content-1

Mencari lowongan kerja online tentu bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan, tapi apakah lowongan kerja yang kamu pilih itu benar dan terpercaya? Nah, di sini kamu perlu ektra hati-hati agar tidak mudah tertipu dengan gaji besar yang ditawarkan. 

 

Perhatikan situs lowongan kerja yang memberikan informasi tersebut. Apakah statusnya kredibel atau tidak, perhatikan review dari para job seeker, serta lowongan kerja yang disediakan. Jika kamu merasa ada yang aneh dari situs lowongan kerja tersebut, segerlah untuk mencari situs lain yang lebih terpercaya. 

 

Baca Juga
5 Situs Lowongan Kerja Terpercaya untuk Milenial

2. Telusuri dari situs resmi perusahaan yang ingin kamu incar

image-content-4

Agar meminimalisir kasus penipuan yang kerap terjadi dari situs lowongan kerja di internet, kamu bisa telusuri langsung dari situs resmi perusahaan yang ingin kamu incar. Kamu bisa melihat adakah lowongan yang sesuai dengan background yang kamu miliki. 

 

Saat lowongan kerja yang kamu inginkan tidak tersedia, setidaknya kamu bisa mengetahui alamat email yang bisa kamu gunakan untuk mengirimkan CV dan portfolio. Jadi mereka bisa memasukkan kamu ke dalam kualifikasi saat sedang membutuhkannya. 

3. Update dan aktif di Linkedin

image-content-7

Linkedin tidak hanya berguna untuk mencari lowongan kerja yang diinginkan, tapi juga membangun relasi dengan berbagai tenaga profesional agar bisa dilirik oleh HR dari perusahaan lain. 

 

Kamu bisa update pengalaman kerja di Linkedin dan sebisa mungkin mengikuti praktisi yang sudah expert di bidang yang ingin kamu raih. Tujuannya agar kamu bisa mendapat insight yang lebih dalam dan update seputar bidang yang kamu geluti sekarang.

 

Baca Juga
7 Akun di Instagram yang Kasih Lowongan Kerja Terpercaya

4. Upgrade skill selama menunggu panggilan kerja

image-content-10

Agar semakin dilirik oleh HR, mulailah upgrade skill dengan mengikuti webinar. Ada banyak situs yang menyediakan webinar online dengan narasumber para praktisi, bahkan tak jarang webinar tersebut bersifat gratis. 

 

Semakin kamu fokus berlajar untuk menguasai bidang yang kamu geluti sekarang, akan banyak insight yang kamu dapatkan dan dapat dijadikan sebagai nilai jual saat melamar di kantor baru. 

 

Baca Juga
5 Situs Online Buat Upgrade Skill Saat Physical Distancing

5. Cobalah mengambil freelance

image-content-13

Sambil menunggu panggilan dari lowongan kerja yang kamu incar, cobalah untuk mengambil freelance namun dengan bidang yang sama. Misalnya kamu sedang melamar menjadi SEO writer di salah satu perusahaan media tapi belum dapat kabar lebih lanjut, kamu bisa mencoba cari lowongan kerja freelance untuk SEO writer. 

 

Tujuannya agar kamu memiliki nilai tambah saat nanti ada panggilan interview. Kamu bisa menjadikan freelance ini sebagai tempat kamu belajar dan berlatih. Sehingga kamu sudah memiliki pengalaman lebih dan membuat kamu terlihat lebih profesional. 

 

Mencari lowongan kerja dan akhirnya mendapat panggilan untuk interview di tengah pandemi memang butuh kesabaran dan usaha yang lebih besar. Kesiapan hati dan mental selama masa penantian juga diperlukan, tujuannya agar kamu tetap semangat melakukannya.

 

Jika kamu ingin bergabung menjadi keluarga baru HIGO, kamu bisa cek berbagai lowongan kerja yang sesuai dengan background kamu di sini. Kami tunggu!

 

Baca Juga
Tips Melamar Kerja Bagi Para Fresh Graduate

Topik Terkait

loading