Lifestyle

04 06 2021

Tips Melamar Kerja Bagi Kamu Para Fresh Graduate

Tips ini membantu kamu cari lowongan kerja yang benar!

334 Views

Tips Melamar Kerja Bagi Kamu Para Fresh Graduate

Mencari lowongan pekerjaan di saat pandemi memang memiliki tantangannya sendiri. Selain karena banyak kasus perusahaan yang memotong gaji karyawannya untuk menutupi beban perusahaan, bahkan pengurangan karyawan menjadi pilihan yang tidak bisa terpisahkan. 

 

Survei yang dilakukan oleh Pusat Peneliti Kependudukan LIPI mengungkapkan, sebanyak 15,6% pekerja mengalami PHK dan 40% pekerja mengalami penurunan pendapatan selama pandemi melanda Indonesia.  

 

Meski tidak mudah, tapi melamar pekerjaan impian di tengah pandemi bukanlah tidak mungkin. Buktinya, masih banyak perusahaan lain yang tetap membuka lowongan pekerjaan di kantor mereka. Tapi, sebagai fresh gradute apakah peluang untukmu juga sama banyaknya ketimbang para pekerja yang sudah lebih dahulu memiliki banyak pengalaman?

 

Meski peluang untuk yang berpengalaman lebih besar, namun nyatanya selama pandemi banyak karyawanan memiliki keinginan untuk resign dari kantornya. Studi yang dikeluarkan oleh McKinsey & Company mengungankapkan, wanita memiliki kecendrungan yang lebih besar untuk untuk keluar dari perusahaannya selama pandemi. Alasannya pun bermacam-macam, mulai dari anxiety, burnout, hingga mental health.

 

Sehingga meski kamu fresh graduate, kamu tetap memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan pekerjaan guna mengisi kekosongan dari posisi yang ada. 

Tips memilih perusaahaan bagi fresh graduate

Sebagai seorang fresh graduate keinginan kamu untuk cepat mendapat pekerjaan memang begitu tinggi. Namun, kamu perlu memerhatikan beberapa hal berikut ini dalam memilih perusahaan yang tepat untuk kamu lamar.

1. Pastikan perusahaan tempatmu melamar sudah terdaftar

Ada banyak kasus perusahaan yang berdiri tapi tidak berbadan hukum, sehingga kamu perlu cermat untuk memilihnya. Agar memastikan bahwa perusahaan yang ingin kamu lamar sudah berbadan hukum, kamu bisa melakukan pengecekan di website Ditjen Ahu Online.

 

Kamu cukup mengetik nama perusahaan di kolom pencarian dan lihat hasilnya. Jika perusahaan tersebut sudah terdaftar, maka nama perusahaan tersebut akan muncul.

2. Tunjangan yang diberikan

Sebagai fresh graduate kamu pasti langsung senang saat mendapat offering dari perusahaan, tapi tidak begitu aware dengan tunjangan yang didapatkan. Padahal tunjangan begitu penting dan menjadi bagian dari hak kamu selama menjadi pegawai di perusahaan tersebut.

 

Tunjangan yang paling dasar adalah BPJS. Jaminan kesehatan ini akan memberikan kamu perasaan aman selama bekerja. Selain BPJS, biasanya perusahaan besar lebih memilih asuransi karena kemudahan dan kenyamanan bagi para pegawainya.

 

3. Jangan langsung tergiur gaji besar

Wajib bagi kamu untuk tidak mudah tergiur gaji besar! Dengan pengalaman yang minim, tentu patut dicurigai jika kamu mendapat tawaran gaji yang besar. Selain bisa jadi itu modus penipuan atau belum dipotong pajak, artinya gaji yang kamu terima belum bersih. 

Situs lowongan kerja terpercaya

Lewat internet kamu dengan mudah menemukan banyak lowongan pekerjaan dengan beragam kualifikasi hingga gaji, tapi apakah informasi itu terpercaya? Kamu harus kritis dalam memilih situs mana yang perlu kamu percayai untuk mencari lowongan pekerjaan. Berikut beberapa rekomendasi situs yang bisa kamu pilih.

1. Glints

Glints jadi marketplace yang hadir untuk membantu para milenial menemukan pekerjaan impiannya. Tidak hanya diisi oleh banyak perusahaan besar, tapi kamu juga bisa menemukan berbagai startup hingga agency.

 

Jadi kamu yang tertarik bekerja di industri kreatif, menyukai data, atau cinta dengan pekerjaan sebagai developer, kamu bisa coba mencarinya di Glints. Kamu yang ingin mengembangkan skill, ada Expertclass yang bisa kamu ikuti di Glints.

2. Tech In Asia

Tidak hanya dikenal sebagai portal berita yang membahas dunia startup, kamu juga bisa menemukan banyak lowongan kerja sesuai dengan skill yang kamu miliki. 

Saat masuk ke website Tech in Asia, pilih menu Job. Di sana kamu langsung ditampilkan berbagai perusahaan yang sedang membuka lowongan pekerjaan. Tidak hanya perusahaan yang bergerak di bidang teknologi, kamu juga bisa menemukan berusahaan perusahaan besar lainnya seperti Detik, Ruangguru, SayurBox, dan masih banyak lainnya.

3. Indeed

Indeed jadi situs lowongan kerja yang begitu populer di dunia. Berpusat di Amerika Serikat, Indeed menyediakan banyak lowongan pekerjaan dari berbagai negara. Kamu yang memiliki niat untuk bekerja di luar negeri, Indeed jadi portal yang sangat membantumu. 
 
Setiap detiknya ada lebih dari 10 lowongan pekerjaan baru yang dimuncul di Indeed, sehingga peluang kamu untuk mendapatkan pekerjaan impian semakin terbuka lebar. Menariknya, ada banyak perusahaan besar dari seluruh dunia yang bisa coba kamu untuk dimasuki. 
 

Tips menulis lamaran kerja bagi fresh graduate

Meski pengalamanmu di dunia kerja terbilang masih minim, kamu tetap bisa menarik perhatian HRD dengan memberikan lamaran kerja yang bagus. Iman Usman, selaku CPO Ruangguru memberikan tips cara menulis surat lamaran kerja yang baik lewat media sosialnya. 

1. Hindari menulis informasi pribadi secara spesifik

Memberikan informasi pribadi terlalu spesifik hanya akan membuatmu terlihat tidak profesional. Hal ini karena bukan poin tersebut yang diinginkan oleh pihak recruiter. Kamu cukup memberikan informasi pribadi secara singkat dan jelas tanpa perlu memasukkan poin yang bisa mengandung SARA, seperti ras atau agama. 

2. Menilai keahlian sendiri secara subjektif

Memberikan informasi tentang kemampuan yang kuasai memang menjadi nilai tambah di mata recruiter. Namun bukan berarti kamu bisa menilai kemampuanmu sendiri secara subjektif. 

Jika memang kamu menguasai kemampuan tersebut seperti bahasa asing atau berbagai tools, kamu bisa lampirkan buktinya yang lebih representatif lewat surat yang dikeluarkan oleh lembaga resmi atau portofolio.

3. Mencantumkan keseluruhan riwayat pendidikan

Alangkah baiknya untuk membuat CV kamu lebih ringkas, cukup menulis riwayat pendidikan terakhir. Selain lebih efisien, hal inilah yang menjadi penilain di mata recruiter bukan daftar riwayat pendidikanmu dari awal.

4. Tulislah riwayat pengalaman yang sesuai

Ingin memberikan kesan aktif lewat mencantumkan riwayat pengalaman yang tidak sesuai sebisa mungkin untuk dihindari. Agar membuat tampilan CV kamu semakin menarik, kamu bisa mencantumkan kegiatan yang sesuai dengan lowongan yang kamu lamar sekarang.

Misalnya kamu tertarik untuk menjadi Digital Marketing, kamu bisa cantumkan pengalamanmu selama kuliah saat memperkenalkan event kampus untuk mendatangkan audiens yang banyak. Serta jabarkan dengan detail strategi apa saja yang kamu gunakan.

5. Mendesign CV terlalu berlebihan

Ada banyak platform yang bisa kamu gunakan untuk membuat CV yang menarik dan terlihat profesional, meski kamu tidak mahir menggunakan Adobe Photoshop. Platform paling mudah yang bisa kamu gunakan adalah Canva. Selain gratis, ada banyak template CV dengan tampilan yang sederhana tapi terkesan profesional.

Setelah membaca beberapa informasi di atas tentang mendapatkan lowongan pekerjaan, kamu bisa mulai menerapkan satu persatu agar kamu lebih kritis dalam mencari tempat kerja dan mahir membuat CV. 

Semoga kamu lebih semangat untuk mendapatkan tempat kerja sesuai dengan passion kamu ya. Jika kamu memiliki tips lain tentang lowongan pekerjaan, kamu bisa share di kolom komentar. 

Topik Terkait

loading