Lifestyle

19 06 2019

Sering Lembur? Ini Tips Mudah Meningkatkan Semangat Kerja

Kerja tetap on fire meski abis lembur ternyata nggak susah!

7.251 Views

Sering Lembur? Ini Tips Mudah Meningkatkan Semangat Kerja
Banyaknya pekerjaan pada akhirnya sering memaksa kamu untuk lembur hingga larut malam, padahal besok paginya kamu tetap diwajibkan datang ke kantor seperti biasa untuk menyelesaikan semua pekerjaan yang ada. Perasaan lelah besok pagi secara alami pasti akan kamu rasakan, karena kamu tidak mendapat cukup istirahat padahal badan dan pikiran kamu sangat membutuhkannya.
 
Meningkatkan semangat kerja setelah lembur memang sedikit tricky nih. Karena kamu harus melawan keinginan tubuh yang ingin beristirahat namun di lain sisi kamu ingat masih memiliki pekerjaan yang harus diselesaikan. Saat berada di kondisi tersebut, beberapa tips berikut ini akan sangat membantu kamu dalam meningkatkan semangat kerja setelah lembur.

1. Memulai hari dengan kegiatan yang paling kamu sukai

undefined
Setiap orang memiliki kesukaan yang berbeda-beda dalam meningkatkan mood, ada yang hanya bertemu atau memeluk orang-orang yang mereka sayangi dengan seketika perasaan bahagia langsung memuncah, ada juga yang harus mengeluarkan tenaga dengan cara berolah raga, atau ada juga yang cukup dengan mendengarkan musik. Untuk itu, agar bisa meningkatkan semangat kerja setelah lembur, melakukan kegiatan yang membuat kamu merasa bahagia perlu untuk dilakukan. 
 
Memulai hari dengan melakukan kegiatan yang paling kamu sukai akan sangat membantu dalam meningkatkan mood baik dan memberikan energi tambahan untuk memulai pagi ini dengan senyuman. Saat kamu tahu bahwa hari ini harus lembur hingga larut malam, cobalah langsung pikirkan kegiatan apa yang paling kamu sukai dan mampu membuat perasaan kamu langsung membaik. Karena saat perasaan kamu merasa bahagia, meski terasa lelah kamu tetap mampu untuk melakukannya.

2. Letakkan barang kesayangan di tempat kerja

undefined
Kira-kira apa nih barang kesayang yang kamu miliki sekarang? Parfum baru, komik baru, buku, bantal atau apa pun itu, cobalah bawa dari rumah dan letakkan di atas meja kerja. Saat ingin memulai pekerjaan coba pandangi dan katakan terima kasih karena sudah rela menemani di hari yang berat ini. Dengan melakukan hal mudah seperti itu perasaan kamu akan jauh lebih tenang.
 
Perasaan bahagia yang muncul hari ini akan memudahkan dalam melakukan apa pun, termasuk menyelesaikan pekerjaan setelah lembur yang kamu lakukan. Jadi jangan malu dan sungkan untuk melakukannya, percayalah setiap orang pasti memiliki barang kesayangan mereka hanya mau atau tidak mereka untuk menunjukkannya.
 

3. Sempatkan waktu untuk pejamkan mata saat istirahat

undefined
Biasanya saat kondisi badan kurang fit, nafsu makan kamu juga akan terganggu. Nah, untuk mengatasinya kamu bisa mulai untuk pejamkan mata sejenak di atas meja dan jangan lupa pasang alarm 10 menit. Meski bukan tidur, percayalah rehat sejenak akan sangat berpengaruh pada kondisi tubuh kamu untuk bisa mengumpulkan lagi semangat menyelesaikan pekerjaan.
 
Istirahat sejenak di jam makan siang bisa menjadi bentuk rasa peduli terhadap diri sendiri. Kamu merasa bahwa tubuh kamu juga perlu untuk diapresiasi setelah melakukan pekerjaan berat, dengan memberinya ruang untuk mengistirahatkan diri sejenak.

4. Menanamkan pada diri bahwa kamu orang yang bertanggung jawab

undefined
Salah satu cara membedakan kamu dari orang lain pada umumnya yaitu seberapa besar rasa tanggung jawab yang kamu perlihatkan. Menyelesaikan apa yang telah berani kamu mulai dengan baik menjadi cerminan seberapa besar rasa tanggung jawab yang kamu miliki. Bagaimana pun kondisi yang sedang kamu alami sekarang dan seberapa sulit pekerjaan yang kamu selesaikan, dengan menganggapnya sebagai sebuah bentuk tanggung jawab, kamu tetap semangat untuk menuntaskannya.
 
Untuk meningkatkan semangat kerja setelah lembur melanda, mengingat kembali bahwa kamu tipe orang yang bertanggung jawab dan selalu menyelesaikan apa yang telah berani kamu mulai dengan sebaik-baiknya, akan mengisi penuh hati kamu dengan perasaan semangat tanpa menyisakan ruang untuk berkeluh kesah.

5. Atur waktu untuk membahagiakan diri saat weekend

undefined
Jika dibilang sebagai bentuk balas dendam mungkin hal berikut ini bisa menjadi salah satunya. Memprioritaskan waktu weeked untuk membuat hati senang dan pikiran lapang bisa kamu lakukan sebagai bentuk balas dendam setelah melakukan lembur berhari-hari. Kamu tidak perlu membandingkan diri kamu dengan orang lain saat ingin membahagiakan diri sendiri. Jika dengan tidur siang selama 3 jam atau membaca novel di atas kasur menjadi cara kamu untuk membahagiakan diri saat weekend, kenapa harus merasa ragu untuk melakukannya.
 
Pikirkan hal apa yang sangat ingin kamu lakukan saat weekend dan pastikan kegiatan tersebut membuat kamu merasa bahagia. Sehingga saat hari Senin datang energi kamu sudah terisi penuh dan semangat untuk berhadapan dengan semua pekerjaan yang datang.
 
Terlepas dari kelima tips di atas, banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan semangat kerja setelah lembur hingga larut malam. Setiap dari kamu pasti memiliki caranya sendiri dan memahami di mana celah yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan semangat kerja, menjadi cara yang paling efektif. 
 
Hal penting lainnya yang tidak boleh kamu lupakan, rasa syukur yang selalu ada di setiap kesempatan. Meski kamu merasa beban pekerjaan yang datang tidak sebanding dengan pencapaian atau apresiasi yang kamu raih, percayalah dengan meletakkan rasa syukur di atas segalanya kamu akan merasa lebih lapang dalam melakukannya. Intinya tetap semangat!
 
Baca Juga: 
 

Topik Terkait

loading