Lifestyle

29 05 2019

Lelah dengan Pekerjaan? Itu Tandanya Kamu Butuh Quality Time

Aware ya kalau tubuh kamu juga butuh quality time

637 Views

Lelah dengan Pekerjaan? Itu Tandanya Kamu Butuh Quality Time
Beban pekerjaan yang menumpuk dan seakan tidak pernah ada habisnya terkadang mampu memberikan tekanan yang besar pada diri sendiri. Belum lagi revisian yang harus disegerakan, padahal masih ada pekerjaan lain yang masih menunggu dan efeknya bukan hanya perasaan stres yang kamu dapatkan, tapi tubuh juga ikut merasa kelelahan.
 
Saat tubuh sudah mulai mengirim sinyal kelelahan, kamu harus aware dengan mulai break sejenak dari pekerjaan. Melakukan quality time terhadap diri sendiri menjadi treatment terbaik yang bisa kamu lakukan sebagai bentuk rasa cinta dan peduli. Hal yang terkesan sederhana seperti quality time memang sering dianggap sepele, padahal efek yang diberikan sangat baik. Untuk itu di akhir pekan ini cobalah melupakan pekerjaan dan mulai melakukan beberapa kegiatan quality time seperti di bawah ini.

1. Mulailah dengan menikmati waktu mandi pagi kamu

undefined
Bangun siang pasti menjadi hal wajib tidak tertulis yang harus dilakukan saat hari libur, tapi bangun siang hanya akan membuat tubuh kamu menjadi lemas, lho. Untuk itu langkah pertama untuk menikmati quality time, mulailah dengan menikmati waktu mandi pagi kamu. Jika di hari biasa kamu hanya memiliki waktu sedikit untuk membersihkan badan, sekarang menjadi waktu yang paling tepat.
 
Kalau kamu memiliki bathtup di rumah, pasti kegiatan mandi pagi akan jauh lebih nyaman dan santai. Tapi jika tidak ada, kamu bisa mencoba untuk membawa handphone ke kamar mandi dan putar playlist lagu favorit. Mandilah sambil mendengarkan musik dan ikut bernyanyi tentu akan lebih menyenangkan dan membuat kamu lebih semangat.

2. List tempat yang ingin kamu kunjungi hari ini

undefined
Karena biasanya waktu libur kamu hanya diisi dengan menyelesaikan pekerjaan, sekarang waktunya kamu berikan jeda 30 menit untuk mulai memikirkan di mana tempat paling nyaman dan seru yang bisa kamu kunjungi hari ini. Buatlah beberapa list dan cari review-nya di internet untuk memutuskan apakah tempat tersebut recomended untuk dikunjungi.
 
Berjalan dan melihat banyak hal baru akan membuat perasaan menjadi lebih senang dan saat hati senang, pikiran pun akan terasa lebih tenang. Quality time seperti ini akan sangat membantu kamu untuk meningkatkan mood yang sebelumnya terasa kacau.
 

3. Tenggelamkan pikiran dengan buku bacaan

undefined
Ada beberapa orang yang menikmati quality time mereka dengan membaca buku. Tenggelam dengan kisah dan pandangan dari sang penulis yang dituangkan ke dalam bentuk buku. Bahkan banyak orang yang akan merasa menemukan apa yang mereka cari dan solusi setelah membaca buku, jadi tidak heran jika buku disebut sebagai sumber ilmu pengetahuan dan jendela dunia ya.
 
Kamu yang ingin memiliki quality time dengan ditemani buku-buku favorit, akhir pekan ini adalah saat yang paling tepat untuk mewujudkannya. Pilihlah buku yang paling kamu butuhkan untuk membuat kamu merasa lebih rileks dan bersyukur dengan apa yang kamu miliki sekarang, sehingga pas masuk kerja lagi pikiran kamu akan jauh lebih tenang. 

4. Merenung sambil mengingat segala hal yang telah berhasil kamu lalui

undefined
Merenung juga menjadi quality time terbaik yang bisa kamu lakukan sebagai bentuk rasa peduli terhadap diri sendiri. Merenung bukan berarti kamu mendadak jadi merasa galau dan sedih ya, tapi tujuan dari merenung kali ini sebagai cara untuk kamu bisa mengingat segala keberhasilan yang telah kamu capai. 
 
Merenung membuat kamu sadar bahwa sudah banyak hal yang telah kamu lalui dan tidak menjadikan segala kesulitan yang dialami sekarang mampu menghentikan langkah kamu untuk terus maju. Karena kamu sadar bahwa semua ini harus kamu lalui agar bisa menjadi lebih baik lagi di kemudian harinya.

5. Lakukan hal yang paling kamu sukai meski hanya sebentar

undefined
Kesukaan setiap orang pasti berbeda-beda dan untuk membuat quality time kamu kali ini terasa menyenangkan, lakukan apapun hal yang membuat kamu bahagia. Jika misalnya saat bertemu teman, menghabiskan waktu bersama pasangan, atau mungkin menonton film membuat kamu merasa bahagia, maka segera lakukanlah. 
 
Mengikuti kata hati untuk melakukan apapun yang kamu sukai akan memberikan efek positif terhadap diri sendiri. Energi positif akan memengaruhi perasaan kamu untuk menjadi lebih bahagia.
 
Memberikan quality time kepada diri sendiri setelah merasa lelah dengan pekerjaan bukanlah sebuh dosa, tapi sebagai bentuk apresiasi terhadap diri sendiri bahwa kamu sudah melakukan hal terbaik yang bisa kamu lakukan. Buat kamu yang ingin mengetahui tips menarik dan mudah untuk dipraktekan seputar lifestyle dan hal lainnya, kamu bisa lihat di Blog HIGO ya. 

Topik Terkait

loading