Lifestyle

12 06 2019

Mengatasi Post Holiday Blues Agar Produktivitas Tetap Terjaga

Biar kamu bisa move on dari liburan kemarin ya

368 Views

 Mengatasi Post Holiday Blues Agar Produktivitas Tetap Terjaga
Gimana nih rasanya balik lagi ke rutinitas semula setelah vacuum beberapa hari pasca liburan? Perasaan malas dan masinh teringat tentang liburan kemaren buat kamu jadi gagal move on dari liburan dan pada akhirnya berpengaruh terhadap produktivitas kamu hari ini. Timbulnya perasaan tidak semangat, malas, bahkan membuat kamu merasa sedikit depresi kecil karena harus berhadap kembali dengan tekanan dari rutinitas pasca liburan, menjadi tanda-tanda kamu mengalami gejala Post Holiday Blues, nih. 
 
Meski sindrom ini tidak berbahaya, namun tetap harus segera di atasi agar tidak mengganggu produktivitas kerja, karena kamu merasa tidak ingin kembali ke rutinitas semula dan masih ingin menikmati waktu liburan lebih lama. Untuk mengatasi Post Holiday Blues yang menyerang, kamu bisa mencoba terapkan beberapa cara mudah ini, agar tetep bisa produktivitas pasca liburan.

1. Berikanlah tubuh kamu istirahat yang cukup

undefined
Menghindari begadang setelah liburan menjadi langkah awal agar kamu bisa mengatasi Post Holiday Blues. Tubuh yang memiliki kualitas tidur baik akan memberikan stimulasi positif terhadap otak, sehingga saat bangun kamu akan merasa lebih rileks dan segar. Keluarlah dan nikmati matahari pagi agar tubuh kamu terasa lebih hangat dan memberikan semangat lebih bagi tubuh untuk memulai aktivitas.
 
Istirahat yang cukup akan membantu kamu untuk terlepas dari Post Holiday Blues, karena kamu bisa berpikir positif saat tubuh terasa fit. Jika sudah beberapa hari pasca liburan kamu tidak bisa produktivitas dengan tugas kerjaan atau sekolah, mulai nanti malam cobalah tidur lebih awal dan gunakan pakaian yang paling nyaman agar tidur kamu terasa lebih nyenyak.

2. Olahraga sebentar saat pagi datang

undefined
Setelah bangun tidur, luangkanlah sedikit waktu kamu untuk melakukan olahraga. Tidak perlu dengan olahraga yang berat, cukup dengan jogging atau mungkin bersepeda. Jika kamu masih merasa malas untuk keluar rumah, kamu bisa melakukan workout di depan teras rumah. Apa pun olahraga yang kamu pilih tidak masalah asalkan kamu melakukannya dengan hati yang senang dan bukan menjadikannya sebagai beban.
 
Olahraga ringan ini mampu membantu kamu agar terlepas dari gejala Post Holiday Blues. Pasalnya olahraga yang kamu lakukan menjadi kolerasi penyeimbang antara kekuatan fisik dan emosional, sehingga kamu akan merasa lebih siap untuk menghadapi hari ini dan bisa menjadi lebih produktif dalam melakukan pekerjaan.
 
Baca Juga:

3. Buat janji dengan teman untuk hangout

undefined
Sering bergaul dan bertemu teman akan membuat hati kamu lebih merasa senang. Kamu bisa saling bercerita tentang banyak hal dan membuat kamu sejenak melupakan keinginan untuk balik ke masa-masa liburan. Energi positif yang kamu bangun setelah bertemu orang-orang yang kamu sayang, akan membuat kamu merasa bahwa balik ke rutinitas semula merupakan pilihan yang tepat. 
 
Kamu bisa memilih coffee shop, resto atau tempat nyaman lainnya untuk bertemu. Atau kalau kamu ingin bekerja lebih nyaman, kamu bisa pergi ke co-working space agar bisa merasa lebih produktif lagi saat bekerja. Kalau kamu merasa butuh tempat nongkrong atau kerja yang nyaman dengan fasilitas free wifi yang kencang, beberapa merchant HIGOspot bisa kamu kunjungi. 

4. Lakukan hobi yang buat kamu happy

undefined
Saat weekend dan kamu berasa belum bisa move on dari suasana liburan kemarin, cobalah untuk mengisi weekend kamu dengan melakukan hobi yang kamu sukai. Melakukan hal-hal simple tapi kamu menyukainya akan memberikan efek baik bagi hati dan pikiran. Coba mulai sekarang pikirkan kegiatan apa yang ingin kamu lakukan untuk mengisi weekend ini.
 
Jika kamu ingin lebih seru saat melakukan hobi yang kamu sukai jangan sungkan untuk mengajak teman. Kabari mereka dan bilang bahwa kamu melakukan kegiatan ini agar terlepas dari Post Holiday Blues, dijamin mereka akan dengan senang hati hadir dan membantu kamu.

5. Rencanakan liburan lagi

undefined
Dengan memikirkan bahwa kamu akan melakukan perjalanan lagi untuk liburan sudah bisa membuat perasaan kamu lebih senang. Mulai rencanakan liburan kamu lagi di tahun ini dan pilih destinasi yang ingin kamu kunjungi. Tidak perlu harus memaksanakan liburan ke luar negeri, banyak spot baru dan tentunya lebih otentik yang bisa kamu kunjungi di Indonesia.
 
Merencanakan liburan lagi akan membuat kamu merasa memiliki kewajiban untuk lebih produktif dalam bekerja, karena kamu merasa harus mengumpulkan uang dan bekerja lebih semangat lagi untuk mewujudkannya. Hal penting yang perlu kamu ingat agar bisa terhindari dari Post Holiday Blues dengan menganggap bahwa untuk membuat perasaan senang bukan hanya terpaku dengan liburan, tapi melakukan kegiatan sederhana namun itu memiliki dampak positif juga bisa menjadi hiburan yang lebih bermakna untuk kamu lakukan.
 
Baca Juga:

Topik Terkait

loading