Lifestyle

01 07 2019

Jangan Baper! Ini Cara Merubah Kritikan Menjadi Hal yang Membangun

Jangan langsung baper, tapi jadikan sebagai motivasi!

9.018 Views

Jangan Baper! Ini Cara Merubah Kritikan Menjadi Hal yang Membangun
Apa yang pertama kali kamu rasakan saat menerima kritik dari atasan atau rekan kerja? Sedih? Merasa terpojok atau seketika langsung marah? Reaksi yang ditimbulkan setiap orang pasti berbeda-beda ya, tapi perasaan kecewa yang berkecamuk di dalam hati pasti tidak bisa kamu bohongi.
 
Pada dasarnya setiap orang memang tidak suka untuk diinterupsi, apa lagi saat kamu merasa sudah memberikan hal terbaik yang bisa kamu lakukan, namun masih dirasa kurang cukup dan seakan tidak pernah puas. 
 
Seperti apa pun kritikan yang datang kepada mu, mencoba belajar untuk bisa survive dan tidak mudah merasa baper penting untuk kamu terapkan. Karena dari setiap pujian datang tidak menutup kemungkinan akan diselingi dengan banyak kritikan. 
 
Menerima kritikan dan merubahnya menjadi hal yang membangun akan lebih bermanfaat untuk kamu lakukan, daripada hanya fokus dan tenggelam dengan perasaan sedih. Agar kamu bisa merubah kritikan yang datang menjadi hal yang membangun, beberapa cara ini bisa kamu terapkan.

1. Redam emosi dan mulailah untuk mendengarkan

undefined
Saat pikiran kalut akan sangat sulit menerima penjelasan apalagi masukan, untuk itu saat kamu dihadapkan pada kritikan yang datang cobalah untuk bersikap tenang dan jangan mudah untuk berasumsi. 
 
Mendengarkan dengan perasaan lapang tanpa ada emosi akan lebih mudah untuk kamu memahami di mana letak kekeliruan yang terjadi. Dengan begitu akan lebih mudah untuk kamu memberikan sanggahan jika dirasa itu tidaklah benar dan menerimanya jika itu memang benar adanya. 
 
Pikiran yang tenang membuat kamu berpikir lebih jernih sehingga menghasilkan tindakan yang paling bijak. Saat menyikapinya dengan tenang, akan lebih mudah untuk kamu mencari solusi terbaik. 

2. Cari solusi terbaik yang bisa kamu lakukan

undefined
Jangan hanya memikirkan kenapa atasan kamu atau rekan kerja bisa memberikan kritik, tapi fokuslah dengan solusi yang bisa kamu lakukan. Langkah bijak ini yang pada akhirnya membuat kamu berbeda dengan kebanyak orang. Di saat semua orang sibuk mencari pembelaan, kamu sudah sibuk mencari jalan keluar.
 
Pemikiran seperti ini yang pada akhirnya membuat setiap kritikan menjadi langkah untuk mengembangkan diri menjadi lebih baik lagi. Cara ini juga menjadi bukti bahwa kamu tipe orang yang bertanggung jawab dalam setiap kondisi, meski dalam hal kritikan.
 
Baca Juga:

3. Lakukan evaluasi dari setiap solusi yang diterapkan

undefined
Setelah berhasil mencari solusi dan menerapkannya, kamu jangan takut untuk membuat evaluasi. Lewat evaluasi kamu akan lebih paham apakah solusi yang diterapkan memberikan hasil yang diinginkan atau tidak. Pada saat seperti ini kamu juga harus menyiapkan hati untuk mau menerima banyak masukan, agar solusi yang diberikan tepat sasaran.
 
Langkah ini tidak hanya membantu kamu keluar dari masalah, tapi juga sebagai bukti bahwa kamu tipe orang yang mau belajar dari kesalahan dan berani untuk mempertanggung jawabkan segala hal yang telah kamu buat.

4. Bangun pikiran positif

undefined
Saat kamu bisa menerima pujian yang datang kamu juga harus siap dengan kritikan yang menghampiri, karena tidak ada yang benar-benar sempurna dalam hidup termasuk juga kamu. Jadi jangan langsung merasa sedih saat mendapatkan kritikan, tapi cobalah untuk belajar dari kesalahan dan tidak tenggelam di dalamnya. 
 
Membangun pikiran positif setelah semua yang terjadi membantu kamu untuk bisa percaya lagi dengan kemampuan diri sendiri. Ini menjadi penting untuk dilakukan agar kamu tidak menganggap remeh diri sendiri dan menurunkan kualitas yang kamu miliki hanya karena satu masalah. 

5. Jadikan kritikan sebagai pembelajaran

undefined
Tak perlu malu untuk membenarkan hal yang keliru, karena dari kekeliruan tersebut kamu bisa menemukan cara yang paling tepat untuk diterapkan. Dengan begitu menjadikan kritik yang datang sebagai pembelajaran jadi lebih berharga, daripada mereka yang hanya mampu memberikan kritik tanpa melakukan sedikit pun perubahan. 
 
Merubah kritikan yang datang menjadi hal yang membangun bisa dilakukan oleh siapa pun termasuk juga dengan kamu. Syaratnya kamu hanya perlu menyiapkan hati yang lapang dan pikiran yang terbuka untuk menerima. Jangan lupa untuk menjadikannya sebagai tantangan baru yang bisa kamu lakukan untuk proses pengembangan diri selanjutnya.
 
Jika kamu membutuhkan rekomendasi tempat yang cozy untuk menyelesaikan banyak tugas dan pekerjaan yang lagi dikritik, kamu bisa kunjungi beberapa merchants atau ruang publik dari HIGOspot yang menyediakan free WiFi
 
Baca Juga:

Topik Terkait

loading