Business Tips

15 01 2019

Skill yang Wajib Kamu Miliki di Usia 20-an!

Biar usia 20-an makin gemilang!

540 Views

Skill yang Wajib Kamu Miliki di Usia 20-an!
Usia muda memang menjadi masa-masa yang paling menyenangkan dalam perjalanan hidup. Memiliki teman yang banyak, saling bercerita, tertawa lepas tanpa perlu memikirkan hari esok, sering mencoba hal baru memang menjadi aktivitas yang membahagiakan. Punya segudang aktivitas jangan sampai buat kamu merasa terlena, nih.
 
Selain bersenang-senang kamu juga perlu menyiapkan banyak hal supaya nggak tertinggal dengan anak muda lainnya. Di luar sana udah banyak lho anak muda yang mampu menciptakan hal yang menakjubkan dan menjadi inspirasi buat anak seumurannya. Menambah skill baru sangat penting untuk kamu lakukan saat berusia 20-an, selain bermanfaat untuk menambah value dalam diri, kamu bisa gunakan skill tersebut dilingkungan sekitar. Berikut skill yang wajib ada di usia 20-an.

1. Kemampuan berkomunikasi yang baik dengan orang lain

undefined
Hidup memang nggak bisa lepas dari yang namanya komunikasi, untuk itu penting buat kamu memiliki kemampuan komunikasi yang baik dengan orang lain. Di dalam hidup kamu akan menemukan banyak orang baru, entah itu untuk bekerja sama atau hanya sekedar bertegur sapa, jadi kemampuan berkomunikasi sangat diperlukan untuk menjalin hubungan yang baik dan menciptakan relasi yang bisa digunakan di masa depan.
 
Buat kamu yang merasa memiliki kepribadian introvert dan sedikit sulit untuk memulai pembicaraan dengan orang baru nggak perlu khawatir, dengan sering mencobanya secara pelan-pelan kamu akan bisa mulai terbiasa untuk bisa menjalin komunikasi yang lancar. Kamu yang introvert sebenarnya memiliki banyak bahan pembicaraan lho, karena biasanya kamu lebih peka dengan berbagai hal yang terjadi di sekitar, kamu hanya perlu berani untuk memulai dan keluar dari zona  nyaman.

2. Kemampuan berbahasa Inggris

undefined
Kemampuan berbahasa asing terutama Inggris memang semakin penting untuk dipelajari dan dikuasai. Jadi buat kamu yang masih sedikit kesulitan untuk berkomunikasi dengan bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya, kamu bisa coba untuk mulai belajar lagi. Banyak metode belajar yang bisa kamu terapkan jika nggak punya waktu dan biaya untuk kursus, kamu bisa mulai dengan mengganti bahasa di smartphone dan media sosial yang kamu miliki menjadi bahasa Inggris. 
 
Nggak cukup sampai disitu, kamu bisa follow akun berbahasa Inggris yang kamu sukai. Setelah itu sedikit-sedikit kamu bisa menghafal beberapa kosa kata dalam satu hari dan gunakan saat berbicara dengan teman agar lebih mudah untuk mengingatnya. Jika kamu sudah sedikit terbiasa kamu bisa menonton film dengan subtitle bahasa Inggris dan ditutup dengan membaca buku atau novel yang berbahasa Inggris. Aneka cara berikut sangat ampuh jika kamu melakukannya dengan sungguh-sungguh.

3. Kemampuan mengatur emosi

undefined
Apakah kamu termasuk pribadi yang gampang marah? Di usai yang mulai beranjak 20-an ini penting bagi kamu untuk bisa mengatur emosi yang ada. Di ujung sana akan banyak tantangan baru yang akan menghampiri perjalanan kamu dan nggak jarang kamu akan menemukan masalah-masalah yang perlu kamu selesaikan, jadi jika kamu sedikit-sedikit mudah marah akan sulit buat kamu untuk menyelesaikannya. Selain itu kamu juga akan membuat partner kamu kurang nyaman saat berkerja sama dengan kamu.

4. Kemampuan mengatur keuangan

undefined
Yang masih suka boros siapa hayooo? Di usia 20-an jika masih sulit mengatur keuangan pribadi yang ada kamu akan banyak hutang dan nggak memiliki tabungan. Usia muda yang produktif penting bagi kamu untuk mulai merencanakan masa depan. Bukan berarti kamu nggak boleh nongkrong dan beli barang-barang yang kece, tapi diusahakan untuk menyisihkan sebagain dari penghasilan kamu untuk ditabung.

5. Kemampuan untuk mengatur waktu

undefined
Waktu nggak akan pernah menunggu kamu, dia akan berlalu begitu aja jika kamu nggak bisa memanfaatkan dengan maksimal. Di usia 20-an ini hal apa aja yang udah pernah kamu buat dan kamu merasa bangga dengan hal itu? Dengan mengingat-ngingat kembali hal apa aja yang udah kamu buat, kamu makin tersadar bahwa kamu sudah menghabiskan banyak waktu. 
 
Mulai sekarang cobalah untuk belajar mengelola waktu dengan bijak, terus evaluasi hal apa aja yang telah kamu lakuin selama satu bulan ini. Kemampuan mengatur waktu yang baik akan berdampak positif bagi diri kamu sendiri, kamu akan menjadi lebih teratur dalam menjadi kehidupan. 
 
Di usia 20-an ini jangan sampai terlewat begitu aja, kamu bisa membuat perubahan yang besar dalam hidup kamu supaya lebih bermakna dan nggak akan menyesal nantinya. Buat di usia 20-an menjadi masa yang gemilang sepanjang perjalanan hidupmu. Kamu bisa menerapkan beberapa tips di atas satu persatu secara konsisten dan sungguh-sungguh, setelah itu lihatlah perubahan baik apa yang akan terjadi pada hidup kamu. 

Topik Terkait

loading