Lifestyle

18 06 2021

Fakta Tentang 5G di Indonesia yang Perlu Kamu Ketahui

Sudah siap menggunakan 5G?

187 Views

Fakta Tentang 5G di Indonesia yang Perlu Kamu Ketahui

Kecepatan jaringan 5G yang sudah lebih dahulu ada di beberapa negara memang menarik perhatian masyarakat Indonesia. Laporan yang dikeluarkan Open Signal, Korea Selatan dan Taiwan menjadi dua negara di dunia yang memiliki kecepatan internet 5G yang begitu ngebut. Dimana kecepatan download-nya berada di angka 380.5 Mbps dan 353.3 Mbps. 

 

Setelah lama menunggu, akhirnya jaringan 5G ini hadir di Indonesia. Telkomsel dan Indosat Ooredoo jadi dua perusahaan yang baru mendapat izin untuk mengkomersilkan jaringan 5G ini di Indonesia.

 

Bagi kamu yang begitu penasaran dengan jaringan 5G dan ingin menjajal jaringan yang digadang-gadang anti buffering ini, berikut beberapa fakta tentang 5G yang perlu kamu ketahui. 

1. Latensi super rendah atau ultra low latency

undefined

Bagi sebagian orang rasanya latensi jadi istilah yang kurang umum di dengar, namun pada jaringan 5G istilah ini begitu sering disebut. Secara sederhana latensi adalah waktu yang dibutuhkan data dari tempatnya berasal untuk sampai ke tempat tujuannya yang diukur dalam satuan mili detik. Latensi sebenarnya tidak ada bedanya dengan istilah delay

 

Sehingga jika jaringan 5G menyebut bahwa memiliki latensi super rendah, maka kamu tidak akan merasa delay saat sedang menggunakan internet. Terlebih bagi kamu yang suka streaming atau meng-upload video dengan kapasitas besar ke internet. Tentu semua kegiatan akan sangat terbantu karena dapat selesai hanya dengan waktu yang singkat.

2. Kecepatan internet hingga 20 Gbps

undefined

Memiliki kecepatan internet hingga 20 Gbps, tentu begitu diidamkan seluruh masyarakat Indonesia. Kecepatan internet yang begitu tinggi akan sangat membantu berbagai aktivitas masyarakat. 

 

Kecepatan internet pada jaringan 5G ini tidak lepas dari adanya teknologi Sub-6 GHz dan mmWave. Kedua teknologi ini biasanya digunakan oleh negara-negara yang sudah lebih dahulu menerapkan jaringan 5G di negaranya.

 

Teknologi Sub-6 GHz biasa digunakan untuk daerah pedesaan dan pinggiran kota, sedangkan untuk mmWave menjadi teknologi yang begitu cocok diterapkan di wilayah perkotaan. 

 

Baca Juga
5 Penyebab Koneksi Internet Indonesia Begitu Lambat

3. Jaringan 5G aman digunakan

undefined

Awal kemunculannya di beberapa negara, jaringan 5G tidak lepas dari berbagai isu miring yang merebak salah satunya radiasi yang lebih besar dari pemakaian jaringan 5G. Namun hal tersebut dibantahkan oleh penelitian yang dilakukan ahli teknologi dari Inggris.

 

Howard Jones menyatakan gelombang yang ada pada jaringan 5G sudah melewati masa uji coba dan sepenuhnya aman digunakan oleh masyarakat. Jadi kamu tidak perlu khawatir lagi dengan isu keamanan dari pemakaian 5G ini. 

4. Sudah digunakan di 60 negara

undefined

Indonesia terbilang negara yang telat menerapkan jaringan 5G. Ini karena sejak 2019 lalu, beberapa negara sudah lebih dahulu menggunakan jaringan 5G dan tercatat sudah ada 60 negara yang menggunakan jaringan 5G ini dan diprediksi akan terus bertambah.

5. Tidak langsung menggantikan jaringan 4G

undefined

Penerapan 5G yang begitu baru di Indonesia tidak akan langsung bisa menggantikan jaringan 4G. Berkaca dari jaringan 2G dan 3G yang masih tetap ada meski jaringan 4G sudah hadir lama di Indonesia. 

 

Diprediksi jaringan 5G ini dapat digunakan diseluruh penjuru Indonesia memerlukan waktu yang tidak sebentar. Prediksi ini tercetus melihat kondisi geografi Indonesia yang begitu luas dan banyak dipisahkan oleh gunung dan laut.

 

Kehadiran 5G di Indonesia memang begitu dinantikan masyarakat. Namun untuk bisa menikmati jaringan 5G ini kamu perlu bersabar, karena selain Telkomsel dan Indosat Ooredo belum ada provider lainnya yang menyediakan jaringan 5G.

 

Baca Juga
Faktor yang Buat Kecepatan Internet di Korea Selatan Kencang
5 Rekomendasi Aplikasi Pencari WiFi Sekitar Wajib Dicoba

Topik Terkait

loading