Lifestyle

14 07 2022

Drama Extraordinary Attorney Woo Dipuji Penyintas Autisme

Wajib banget ditonton!

175 Views

Drama Extraordinary Attorney Woo Dipuji Penyintas Autisme

Akhirnya setelah Hospital Playlist dan Move to Heaven muncul drama Korea dengan jalan cerita yang heart warming dan begitu dinanti setiap episodenya. Extraordinary Attorney Woo jadi drama Korea yang menyita begitu perhatian publik dengan jalan cerita yang segar dan menarik. 

 

Bercerita tentang pengacara muda yang juga penyintas autisme bernama Woo Yong-woo, Extraordinary Attorney Woo berhasil pecahkan rekor dengan perolehan rating tertinggi di seluruh negara. Menurut laporan yang dikeluarkan oleh Nielsen Korea, di episode pertamanya  Extraordinary Attorney Woo berhasil mendapatkan rating 0,9%, 1,8% di episode keduanya, 4% di episode ketiganya, dan 5,2% di episode keempatnya. 

 

Perolehan rating tinggi ini tentu tidak lepas dari jalan ceritanya yang  begitu menarik dan serta akting brilian yang dilakukan oleh para pemain di Extraordinary Attorney Woo, khususnya bagi sang pemeran utama Park Eun Bin. Kesuksesannya berperan sebagai Woo Yong-woo mendapat banyak apresiasi, termasuk dari penyinta austisme. 

 

Lewat Twitter, cuitan dari akun @Grukii memberikan apresiasi karena begitu merepresentasikan bagaimana seorang penyintas autismes dalam keseharian.

undefined

Extraordinary Attorney Woo Begitu Relate dengan Keseharian Penyintas Autisme

undefined

Sebagai pengacara yang juga penyintas autisme, Woo Yong-woo melakukan berbagai gerakan tidak biasa dilakukan oleh orang pada umumnya. Beberapa hal atau gerakan inilah yang membuat Extraordinary Attorney Woo merepresentasikan keseharian para penyintas autisme. 

 

Baca Juga
Situs Legal untuk Nonton Drama Korea dengan Subtitle Indonesia

Perilaku Stimming

undefined

Mengutip dari situs kesehatan Verrywell Health, Stimming adalah perilaku yang sengaja dilakukan untuk memberikan rangsangan pada indra tertentu. Bagi penyintas autisme perilaku ini seperti gerakan tubuh, menggerakan benda, dan juga mengeluarkan kata secara berulang. 

 

Di setiap episodenya, Woo Yong-woo selalu menunjukkan berbagai gerakan yang berulang. Misalnya menggerakkan jari, mengulangi kalimat atau kata tertentu, atau mengatur ulang benda yang terlihat tidak rapih.

Begitu terobsesi dengan suatu hal

undefined

Mengutip dari Mother & Beyond, Anna Surti, S.Psi., M.Si., Psikolog anak dari Universitas Indonesia mengatakan, Obsesi yang terjadi antara anak penyintas autisme tidak begitu kompleks seperti orang dewasa. Mereka melakukan ini untuk memenuhi kebutuhan akan rasa nyaman dan aman. 

 

Di drama Extraordinary Attorney Woo, Woo Yong-woo begitu terobsesi dengan paus. Segala hal tentang paus menjadi favorit Woo Yong-woo, bahkan saat mendapatkan ide cemerlang, Woo Yong-woo seakan-akan melihat ikan paus berenang di depannya. 

Extraordinary Attorney Woo akan memberikan kamu tontonan yang tidak hanya menghibur, tapi juga memberikan edukasi baru tentang dunia autisme. Sehingga kamu bisa lebih menghargai para penyintas autisme dan memperlakukan mereka dengan baik. 

 

Baca Juga
Drama Korea Populer Meski Alur Ceritanya Bukan Romance
7 Rekomendasi Drama Thailand Romantis Terbaru dari GMMTV

Topik Terkait

loading