Lifestyle

08 07 2021

Cara Mendapatkan Obat Gratis Lewat Layanan Telemedicine untuk Isolasi Mandiri

Simak panduannya dengan cermat ya

100 Views

Cara Mendapatkan Obat Gratis Lewat Layanan Telemedicine untuk Isolasi Mandiri

Layanan telemedicine resmi diuji coba oleh pemerintah untuk membantu pasien covid-19 bergejala ringan melakukan isolasi mandiri. Lewat layanan ini pasien dapat melakukan konsultasi dengan dokter dan mendapatkan obat secara gratis.

 

Pemerintah melalui Kemenkes telah bekerjasama dengan 11 platform kesehatan agar mempermudah layanan telemedicine ini. Namun untuk mendapatkan layanan ini, ada beberapa proses yang perlu kamu lewati. Berikut cara mendapatkan obat gratis lewat layanan telemedicine untuk isolasi mandiri 

1. Pasien melakukan tes PCR / swab antigen

undefined

Saat kamu merasa memiliki gejala covid-19 dan ingin melakukan tes PCR atau swab antigen, pilihlah laboratorium yang sudah terafiliasi dengan Kemenkes. Saat hasil tesnya positif, pihak laboratorium akan melapor ke database kasus covid-19. 

 

Selanjutnya setelah data pasien berhasil ditambahkan ke database, pasien secara otomatis akan mendapat pesan WhatsApp yang berisi link untuk telemedicine secara gratis. 

2. Pilih link untuk memulai telemedicine

undefined

Pemerintah Indonesia melalui Kemenkes sudah bekerjasama dengan 11 platform kesehatan untuk memudahkan proses telemedicine, bagi pasien yang melakukan isolasi mandiri.

 

11 platform diantaranya Halodoc, Good Doctor, Alodokter, GetWell, KlikDokter, KlinkGo, Link Sehat, Milvik Dokter, ProSehat, SehatQ, dan YesDok. Semua platform kesehatan di atas bisa kamu pilih untuk melakukan proses konsultasi secara daring dengan dokter.

3. Lakukan konsultasi untuk melakukan screening

undefined

Saat melakukan konsultasi, dokter akan melakukan screening kondisi pasien. Jika kondisi yang dirasakan pasien masuk ke dalam kategori ringan, isolasi mandiri di rumah menjadi yang dirasankan dan akan diberikan resep obat. Namun jika gejala yang ditimbulkan tergolong berat, dokter akan mengajurkan untuk mendapatan perawatan dari rumah sakit. 

 

Baca Juga
Panduan Isolasi Mandiri Menurut Tenaga Medis Selama Masa PPKM Darurat

4. Berikan resep obat ke gerai apotek Kimia Farma melalui WhatsApp

undefined

Langkah selanjutnya untuk mendapatkan obat secara gratis, pasien perlu memberikan resep PDF yang diberikan dokter, KTP, dan alamat rumah melalui WhatsApp ke gerai apotek Kimia Farma agar obat bisa langsung diantar ke rumah.

 

Di DKI Jakarta ada beberapa nomor WhatsApp dari gerai apotek Kimia Farma yang bisa kamu pilih untuk mendapatkan obat gratis.  

a. Jakarta Timur: wa.me/628112223049

b. Jakarta Utara: wa.me/628112221832

c. Jakarta Pusat: wa.me/6287877241590

d. Jakarta Selatan: wa.me/62895324874355

e. Jakarta Barat: wa.me/6287877241405

Resep obat yang biasa diberikan untuk pasien bergejala ringan lewat telemedicine

undefined

Bagi pasien yang memiliki gejala ringan  biasanya obat yang akan diberikan oleh dokter terdiri dari beberapa macam. Mulai dari Multivitamin: C,D, E, ZINC,  Azitromisin 500mg, Oseltamivir 75mg, hingga Parasetamol tab 500mg. Semua obat tersebut bisa didapatkan lewat layanan telemedicine secara gratis. 

 

Perlu kamu ingat layanan telemedicine baru bisa dinikmati di wilayah DKI Jakarta. Sehingga bagi pasien yang berada di luar wilayah DKI Jakarta, segera konsultasi dan mendapatkan penangan dari puskesmas atau rumah sakit setempat akan sangat dianjurkan.  

 

Baca Juga
Strategi Pemasaran Efektif Bagi Cafe dan Resto Saat PPKM Darurat
Kenali Gejala dari Varian dari Virus Corona Varian Delta dan Cara Pencegahannya

Topik Terkait

loading