Business Tips

01 07 2021

Strategi Pemasaran Efektif Bagi Cafe dan Resto Saat PPKM Darurat

Tetap semangat untuk para bisnis owner!

3.291 Views

Strategi Pemasaran Efektif Bagi Cafe dan Resto Saat PPKM Darurat

Meningkatkan kasus Covid-19 varian delta di Indonesia yang kian meningkat akhirnya memunculkan usulan PPKM darurat. Kebijakan PPKM darurat ini diharapkan mampu menekan lonjakan kasus positif dan membuat ekomoni Indonesia kembali pulih lagi. Namun bagaimanakah nasib dari pemilik cafe atau resto selama PPKM ini berjalan?

 

Selain jam operasional yang dikurangi serta jumlah kunjungan yang dibatasi, pihak cafe atau resto tentu membutuhkan strategi lain untuk tetap menarik minat konsumen dalam hal melakukan pembelian. 

 

Strategi pemasaran yang inovatif serta berani mencoba hal baru penting untuk diterapkan agar cafe dan resto tetap bisa bertahan dan eksis di mata konsumen. Berikut beberapa rekomendasi strategi pemasaran yang bisa digunakan selama PPKM darurat ini berlangsung.

1. Buat online cooking class hingga berbagi tips

image-content-1

Memastikan untuk tetap berada di hati konsumen selama masa PPKM darurat nanti, tentu jadi hal yang penting untuk diraih pemilik cafe atau resto. Lewat pemanfaatan teknologi, kamu bisa membuat berbagai konten interaktif seperti cooking class hingga berbagi tips dan trik seputar dunia kuliner yang bisa kamu bagikan. 

 

Kedekatan dengan konsumen inilah yang menjadi kunci untuk mendapatkan loyalitas konsumen. Lewat konten interaktif ini, kamu tetap bisa berkomunikasi dengan konsumen serta mendapatkan feedback dari mereka dan bisa digunakan untuk meningkatkan kualitas cafe atau resto sambil menunggu pandemi ini berlalu. 

 

Baca Juga
Strategi Menghadapi Perubahan Perilaku Konsumen Saat New Normal

2. Buat promo gratis ongkir di setiap layanan pesan antar

image-content-4

Kemudahaan pemesanan di berbagai layanan pesan antar akan sangat membantu di saat penerapan PPKM darurat ini terjadi. Namun hal yang membuat konsumen berpikir dua kali dan akhirnya membatalkan pesanan mereka karena biaya antar yang terkadang lebih mahal, ketimbang harga makanan atau minuman yang dipesan. 

 

Membuat program gratis ongkir di setiap layanan pesan antar akan sangat membantu cafe atau resto untuk menarik minat konsumen dan menaikkan jumlah pembelian selama PPKM darurat ini berjalan. 

3. Berkolaborasi dengan produk lain

image-content-7

Kolaborasi menjadi strategi pemasaran yang bisa diterapkan untuk menarik perhatian serta antusiasme konsumen lebih banyak. Kolaborasi ini bisa dilakukan dengan produk lain atau komunitas.

 

Seperti yang dilakukan oleh salah satu brand kopi tanah air, Kulo Coffee. Mengutip dari Katadata, Kulo menceritakan strateginya melakukan kolaborasi dengan acara menjadi sponsor di webinar Urban Sneaker Society.

 

Lewat kolaborasi dan berbagai inisiatif lainnya, Kulo Coffee mengungkapkan dapat meningkatkan penjualan online mereka yang semula 55% menajdi 70%. 

4. Buat cerita tentang tim cafe yang tetap semangat

image-content-10

Menceritakan bagaimana kamu dan para staf cafe atau resto tetap semangat dan bahagia menerima pesanan dari pada konsumen, dapat menjadi konten menarik yang bisa dibagikan ke para followers di media sosial. 

 

Penelitian yang dilakukan oleh Harvard Medical School and The University of California, San Diego mengungkapkan bahwa kebahagiaan itu bersifat kolektif dan bisa menular.

 

Sehingga dengan memberikan konten kebahagian para staf saat menerima pesanan yang masuk, akan mendorong setiap orang yang melihat tergerak untuk ikut membeli.

5. Memaksimalkan promo dengan email marketing

image-content-13

Meski keberadaan media sosial sedang hype digunakan sebagai platform pemasaran, tapi efektivitas email marketing dalam menghasilkan konversi pembelian tidak bisa disepelekan.

 

Penelitian yang dilakukan Marketing Sherpa menemukan 72%, konten promosi yang didapatkan lewat email nyatanya lebih baik daripada media sosial. Sedangkan laporan yang dikeluarkan dari The American Genius menemukan sebanyak 4.24% yang dikirimi email akan melakukan pembelian.

 

Strategi pemasaran selama PPKM darurat ini semoga bisa membantu cafe atau resto bisa bertahan. Buat kamu para pemilik cafe atau resto yang tidak memiliki list subscriber email para pengunjung atau merasa kesulitan untuk membuat email marketing, bisa hubungi HIGO ke info@higo.id.

 

Baca Juga 
Strategi Pemasaran untuk Membangkitkan Bisnis Coffee Shop
Cara Cafe Bertahan di Tengah Pandemi Selama PSBB
Ide Jualan Online Bagi Anak Muda dengan Modal Kecil

Topik Terkait

loading