Business Tips

04 03 2021

Ide Jualan Online Bagi Anak Muda dengan Modal Kecil

Pilih mana ide jualan online yang paling cocok buat kamu

274 Views

Ide Jualan Online Bagi Anak Muda dengan Modal Kecil

Pandemi yang melanda Indonesia memang membuat banyak hal tidak pasti, termasuk kondisi perekonomian di Indonesia. Di awal 2021 ini, bahkan bayang-bayang resesi masih terus melanda Indonesia.

 

Mengutip VOA, Direktur Eksekutif Institute of Development of Economics and Finance (Indef), Tauhid Ahmad mengatakan, pertumbuhan ekonomi pada kuartal 1 di tahun 2021 berada dikisaran minus 1 persen. 

 

Meski resesi akan terus menghantam Indonesia, namun masyarakat Indonesia tidak pernah berhenti untuk mengasah kreativitas. Terbukti menurut Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM), Teten Masduki yang dikutip dari Detik mengatakan ada lonjakan akun baru di e-commerce yang menjual berbagai produk. Khususnya akun tentang kesehatan yang mencapai lonjakan hingga 250%. 

 

Melihat antusiasnya masyarakat Indonesia untuk memulai berjualan online, banyak milenial dan termasuk juga kamu mulai tertarik untuk mencobanya. Nah, bagi kamu yang ingin mencoba untuk berjualan online, berikut beberapa ide jualan online yang bisa kamu pilih untuk menambah pemasukan. 

1. Jualan makanan online

image-content-1

Pandemi tidak hanya merubah kebiasaan masyarakat Indonesia perihal kesehatan, tapi juga pola belanja. Meski sudah bisa dine-in saat makan di resto atau kafe, tapi kamu pasti merasa lebih aman saat memakannya dari rumah. 

 

Selaras dengan survei yang dilakukan oleh Sosial Demografi Dampak Covid dari Badan Pusat Statistik (BPS), aktivitas belanja makanan masyarakat Indonesia meningkat tajam hingga 51 persen saat pandemi. Artinya peluang berjualan makanan online di saat pandemi sangat besar untuk dicoba. 

 

Agar membedakan jualan kamu dengan yang lain, kamu bisa menonjolkan sisi kesehatannya. Misalnya kamu bisa membuat camilan sehat dengan bahan sayur dan buah yang diproses tanpa minyak atau gula biang. Ide bisnis ini sangat tepat dilakukan, karena masalah kesehatan jadi hal yang utama sejak pandemi. 

2. Jualan baju thrifting

image-content-4

Sempat ramai di TikTok karena banyak tempat thrifting yang menjual barang branded, kamu bisa jadikan ini sebagai peluang bisnis. Di Jakarta sendiri kamu bisa coba hunting ke Pasar Senen atau Pasar Baru, untuk mendapat berbagai barang branded dengan kualitas yang masih bagus untuk dijual kembali.

 

Jika kamu ingin lebih menantang dan sambil jalan-jalan, kamu bisa pergi ke Pasar Gedebage di Bandung yang sudah terkenal dengan barang-barangnya berkualitas bagus dan harga yang terjangkau. Dijamin modal kamu untuk usaha ini terbilang ramah budget!

 

Baca Juga
Video Pemasaran Online Shop di TikTok, Wajib Coba
Strategi Pemasaran untuk Membangkitkan Bisnis Coffee Shop

3. Jualan strap masker

image-content-7

Strap masker jadi item hits yang banyak digunakan untuk menunjang penampilan saat keluar rumah. Semakin banyak peminatnya, artinya peluang untuk membuat usaha ini juga terbilang besar. 

 

Ada banyak bahan yang bisa kamu gunakan untuk berkreasi membuat strap masker. Mulai dari bahan rajut, manik-manik, hingga rantai.  

4. Jualan lilin aromaterapi

image-content-10

Bagi kamu yang suka dengan keharuman, lilin aromaterapi bisa jadi ide jualan online selanjutnya. Bisa dibilang peluang usaha ini menjanjikan, mengingat lilin aromaterapi yang dijual di pasaran memiliki harga yang terbilang mahal untuk satu itemnya.

 

Agar membuat usaha lilin aromaterapi kamu berbeda dengan yang lain, kamu bisa gunakan bunga kering, buah kering atau kerang-kerang kecil untuk membuat tampilan lilin aromaterapi lebih aesthetic.

5. Jualan aksesoris resin

image-content-13

Resin jadi bahan yang mulai banyak dilirik nih karena bisa dikreasikan menjadi apa aja, salah satunya aksesoris. Kamu bisa membuat aksesoris lucu seperti kalung, anting, hingga gelang cantik dengan resin. 

Memadukan resin dengan bunga kering, cat warna-warni, hingga benda-benda cantik lainnya, kamu bisa berkreasi untuk membuat kerajinan tangan dari resin ini. 

Kelima ide jualan online di atas bisa dipilih sesuai dengan kesukaan kamu. Hal penting lainnya yang perlu kamu ingat dalam memulai jualan online adalah konsisten dan mau belajar. Kamu juga perlu untuk terus update tren untuk memastikan bahwa produk kamu tidak ketinggalan dan dapat bersaing dengan kompetitor. Jika kamu memiliki ide jualan online lainnya, kamu bisa share di kolom komentar ya.

Baca Juga
Cara Bisnis Kafe Bertahan di Tengah Pandemi Selama PSBB
Strategi Menghadapi Perubahan Perilaku Konsumen Saat New Normal

Topik Terkait

loading