Lifestyle

31 03 2023

7 Film Indonesia Seru di Netflix Untuk Warnai Akhir Pekan

Kupulan film karya anak bangsa.

244 Views

7 Film Indonesia Seru di Netflix Untuk Warnai Akhir Pekan

Seiring berjalannya waktu industri perfilman asia tenggara juga mengalami kemajuan dari segi kualitas film yang disajikan. Termasuk negara kita tercinta Indonesia, saat ini industri film tanah air tidak bisa kamu anggap sama seperti tahun-tahun sebelumnya, lho.

 

Bahkan beberapa tahun terakhir ini Indonesia berhasil membuktikan diri dengan meraih penghargaan internasional seperti film Yuni (2021) karya sutradara Kamila Andini yang berhasil membawa pulang penghargaan dari acara Palm Springs International Film Festival dalam kategori Young Cineastes Award.

 

Dalam rangka merayakan Hari Film Indonesia yang jatuh tepat pada tanggal 30 Maret ini, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk meryakannya, lho. Salah satunya adalah dengan menonton film Indonesia untuk mendukung industri film tanah air. Berikut adalah beberapa film Indonesia yang bisa kamu tonton di Netflix saat akhir pekan nanti.

1. Mencuri Raden Saleh

undefined

Film pertama yang wajib banget kamu tonton adalah Mencuri Raden Saleh karya sutradara Angga Dwimas Sasongko. Bukan tanpa alasan kamu harus menonton film ini, lho. Film dengan durasi 2 jam 34 menit ini menampilkan deratan aktor dan aktris ternama yang akan membuat kamu terhanyut ke dalam cerita karena kemistri kuat antar permainan.

 

Cerita berpusat pada Piko (Iqbaal Ramadhan), seorang mahasiswa yang mempunyai pekerjaan sampingan sebagai forger dan menjual lukisan palsu bersama temannya yang bernama Ucup (Angga Yunanda). Memiliki teman seorang hacker seperti ucup membuat Piko mendapat sebuah penawaran untuk meniru lukisan "Penangkapan Pangeran Diponegoro" karya Raden Saleh yang melegenda, meskipun awalnya menolak karena beberapa alasan akhirnya Piko pun menerima penawaran tersebut dengan imbalan yang fantastis.

 

Tetapi karena suatu keadaan, Piko dan Ucup diharuskan untuk mencuri lukisan asli lukisan Raden Saleh tersebut demi keselamatan ayah Piko yang ada di penjara. Dalam menjalani aksinya sepasang sahabat itu dibantu oleh Sarah (Aghniny Haque), pacar Piko yang mahir dalam bela diri, lalu ada gadis kaya raya yang hobi berjudi bernama Fella (Rachel Amanda), serta Gofar (Umay Shahab) dan TukTuk (Ari Irham) yang menjadi kaki dan tangan tim ini. Dapatkah 5 anak muda ini mencuri lukisan karya pelukis legendaris Raden Saleh?

2. Keramat

undefined

Genre horror merupakan salah satu genre yang paling banyak disukai penonton, maka tidak heran jika industri film di Indonesia banyak mengusung genre ini sebagai genre utama. Salah satu film horror yang wajib kamu tonton di Netflix adalah Keramat yang saat ini memiliki 2 film.

 

Film pertama yang dibintangi oleh Miea Kusuma dan Monty Tiwa ini menceritakan tentang teror yang dialami oleh sekumpulan kru produksi film yang sedang pergi ke Yogyakarta. Meskipun sudah mengalami gangguan kecil selama di perjalanan, namun mereka tetap bersikeras untuk tetap pergi dan menetap di sebuah desa kecil di daerah bantul. Sejak itu kerjadian mengerikan terus terjadi hingga mereka terperangkap di dunia roh.

 

Pada film kedua latar waktu menjadi lebih modern karena film dirilis 13 tahun setelah film pertamanya. Film ini menghadirkan para aktor muda seperti Umay Shahab, Lutesha, Ajil Ditto, dan komedian Keanu. Masih bercerita tentang kru produksi yang mendapat teror dari hantu, film ini berpusat pada kisah mahasiswa yang hendak mengambil video dokumenter untuk tugas akhir. Kejadian aneh mulai terjadi dan tertangkap kamera, dapatkah para anak muda ini selamat dan pulang kembali ke asal mereka?

3. Missing Home

undefined

Film tentang keluarga memang salah satu film yang dapat menyentuh hati, seperti film yang disutradarai oleh Bene Dion ini, dengan unsur komedi yang kental, kamu pasti akan menikmati film Missing Home. Selain plot nya yang menarik, film ini juga dibintangi oleh aktor dan aktris tanah air yang terkenal akan peran komedi mereka seperti Tika Panggabean, Indra Jegel, Lolox, dan lainnya.

 

Film yang menjadi perwakilan Indonesia untuk mendapat Piala Oscar ini bercerita tentang keluarga Pak Domu yang dikaruniai 3 putra dan 1 putri. Suatu hari karena merindukan 3 putranya yang merantau, Pak Domu meminta sang buah hati untuk pulang ke rumah sekaligus menghadiri acara adat, namun alih-alih menurut para anak yang telah sukses tersebut malah berselisih dengan Pak Domu.

 

Tidak kehabisan akal, sebuah rencana pun dilakuakn Pak Domu dan Mak Domu untuk membuat 3 putranya kembali ke rumah. Rencana tersebut adalah skenario pura-pura bertengkar hingga ingin bercerai yang rupanya berhasil membawa 3 putra yang mereka rindukan pulang. Akan kah anak-anak Pak Domu mengetahui kebenaran dari perceraiannya? Saksikan Missing Home di Netflix ya!

4. Ali & Ratu Ratu Queens

undefined

Rilis di Netflix pada 2021 lalu, film Ali & Ratu Ratu Queens cocok kamu tonton untuk merayakan Hari Film Indonesia juga nih. Dibintangi aktor muda kecintaan tanah air Iqbaal Ramadhan dan para aktris senior seperti Nirina Zubir, Asri Welas, Tika Panggabean, Happy Salma, tentu saja kamu tidak perlu ragu untuk menonton film ini.

 

Kisah berpusat pada remaja bernama Ali yang ditinggalkan bersama Ayahnya oleh sang Ibu untuk menjadi seorang penyanyi di New York. Di masa kecil, sang Ibu berjanji untuk membawa Ali bersamanya ke New York setelah sukses, namun nyatanya sang Ibu tidak pernah kembali untuk membawanya ke New York hingga Ali tumbuh dewasa.

 

Kematian sang ayah membuat Ali nekat mencari sang Ibu ke New York berbekal dengan selembar foto dan surat yang pernah Ibunya kirimkan dulu. Dalam perjalananya mencari sang Ibu, Ali bertemu dengan para tante-tante asal Indonesia yang tinggal di New York dan menyambut kedatangannya dengan hangat. Dapat kah Ali bertemu kembali dengan sang Ibu? Kamu bisa saksikan keseruan dan chemisty kuat antar para cast dalam film Netflix Ali & Ratu Ratu Queens.

5. Sayap-sayap Patah

undefined

Bagi kamu yang menyukai film sedih yang menguras air mata, maka Sayap-sayap Patah adalah film yang tepat untuk kamu. Film yang rilis pada Agustus 2022 ini dibintangi oleh Nicholas Saputra dan Ariel Tatum sebagai pasangan suami istri. Menurut kabar yang beredar krakter Aji yang diperankan Nicholas Saputra terinspirasi dari sosok nyata yang merupakan anggota Densus 88 dan terlibat dalam kasus terorisme di Kelapa Dua Depok pada 2018 lalu.

 

Sepanjang film kamu akan dibuat ikut merasakan kekhawatiran Nani sebagai seorang istri yang menunggu suaminya pulang. Pekerjaan sang suami yang menjadi polisi membuat Nani sering kali merasa cemas akan nyawa suaminya yang selalu terancam. Namun dibalik itu Aji merupakan sosok suami yang baik bagi Nani, bahkan saat Nani sedang hamil besar pun Aji masih sempat untuk memastikan bahwa keadaan istrinya baik-baik saja.

 

Konflik pun memuncak saat Aji harus menghadapi teror Leong yang membuat Nani semakin cemas. Bisakah Aji kembali pulang untuk bersama sang istri dan buah hati mereka yang baru lahir? Kamu bisa saksikan film romantis yang menyentuh hati Sayap-sayap patah di Netflix. 

6. A Perfect Fit

undefined

Setelah hidup di Indonesia selama bertahun-tahun, kamu tentu paham bukan jika negara kita ini memegang nilai budaya dan tradisi yang kuat. Dalam film ini kamu akan terhanyut dengan kisah cinta yang terbalut tradisi khas pulau dewata yang akan menambah wawasan kamu tentang budaya di Indonesia lebih banyak lagi. Diperankan oleh Nadya Arina, Refal Hady, Giorgino Abraham, hingga Christine Hakim, kamu pasti terhanyut dalam konflik tradisi dan modernitas dari film ini.

 

Semua bermula ketika Saski bertunangan dengan seorang bangsawan Bali untuk sekedar bakti kepada orang tuanya. Suatu hari teman Saski membawanya pergi ke seorang peralam, sang peramal pun berkata bahwa semesta akan membawa Saski ke suatu tempat yang ditakdirkan untuknya, hingga Saski pun bertemu dengan Rio, seorang pembuat sepatu.

 

Seiring berjalannya waktu Saski dan Rio pun semakin dekat dan muncul tanda-tanda cinta di antara mereka. Saksi juga menyadari bahwa dirinya berhak memilih jalan hidupnya sendiri termasuk dengan siapa dirinya akan melabuhkan cintanya. Apakah Saski dan Rio dapat bersatu meskipun Saski sudah terikat dengan orang lain? Dengan unsur budaya Bali yang kental kamu pasti akan menyukai film A Perfect Fit!

7. Seperti Hujan Yang Jatuh Ke Bumi

undefined

Merupakan adaptasi dari novel best seller karyanya Boy Candra berjudul Seperti Hujan Yang Jatuh Ke Bumi, film ini disambut dengan antusias oleh para penggemar novelnya, lho. Bagi kamu yang menyukai kisah cinta segitiga, maka film yang dibintangi oleh Jefri Nichol, Aurora Ribero, dan Axel Matthew Thomas ini bisa menjadi pilihan kamu ketika buka Netflix.

 

Ketika orang berkata bahwa tidak ada pertemanan yang murni antara perempuan dan laki-laki maka dalam film ini pernyataan tersebut benar adanya. Seperti Kevin yang memendam perasaan kepada Nara yang merupakan sahabatnya sedari kecil. Alasan tidak ingin merusak persahabatan mereka, Kevin pun memilih diam dan terus menjadi tempat curhat Nara setiap dirinya memiliki masalah percintaan termasuk tentang Juned, seorang laki-laki misterius yang menarik perhatian Nara.

 

Melihat keadaan itu, Kevin pun memutuskan menyerah dan menjalin hubungan dengan Tiara, seorang perempuan yang sedari dulu menyukainya. Tetapi masalah hati tentu tidak bisa berbohong karena nyatanya Kevin tetap lebih peduli pada sahabatnya, Nara dibandingkan dengan sang kekasih, Tiara. Apakah menurut kamu Kevin dan Nara dapat bersatu dalam sebuah ikatan yang lebih dari sekedar sahabat? 

Deretan film Indonesia di atas bisa menjadi referensi kamu untuk menonton film saat akhir pekan nanti. Ayo dukung industri perfilman Indonesia dengan menonton film di situs resmi platform yang menayangkannya. Jika kamu menonton film secara legal maka kamu ikut adil dalam kemajuan film Indonesia, lho. Dukungan yang kamu berikan akan sangat berarti bagi para aktor, aktris, dan kru produksi film yang sudah bekerja keras selama proses pembuatan.

 

Jika kamu memiliki rekomendasi film Indonesia lainnya silahkan tulis di kolom komentar ya! Jangan malu untuk menonton film buatan anak negeri dan selamat Hari Film Indonesia semua! Masih ada banyak rekomendasi film, lagu, dan info menarik seputar lifestyle lainnya dari HIGO yang bisa kamu lihat di blog.higo.id ya.

 

Baca Juga

15 Lagu Viral TikTok 2023 yang Sering Lewat FYP

10 Drama Korea Terbaru 2023 yang Wajib Kamu Tonton

Topik Terkait

loading