Tech & Social Media

29 03 2023

15 Lagu Viral TikTok 2023 yang Sering Lewat FYP

Buat konten FYP dengan sound ini!

2.867 Views

15 Lagu Viral TikTok 2023 yang Sering Lewat FYP

Memiliki format video pendek yang mudah digunakan, TikTok menjadi salah satu platform media sosial terpopuler yang banyak digunakan saat ini. Algoritma unik nya yang dapat membuat konten siapa saja viral dan FYP menjadikan TikTok sebagai media sosial pilihan banyak konten kreator baru yang ingin berkarya.

 

Namun untuk membuat konten kamu FYP, dibutuhkan cara yang tidak mudah juga, lho. Salah satu faktor yang memengaruhi konten kamu ialah sound atau lagu yang kamu pilih. Berikut ini ada beberapa lagu TikTok viral yang banyak digunakan di tahun 2023 yang bisa kamu jadikan inspirasi konten kamu.

1. Miley Cyrus - Flowers

undefined

Beberapa waktu lalu Miley Cyrus kembali dengan merilis lagu Flowers yang seketika viral begitu netizen menyadari adanya keterhubungan lirik dengan lagu When I Was Your Man yang dinyanyikan oleh Bruno Mars. Netizen juga mengira bahwa lagu Flowers dibuat oleh Miley untuk menyindir mantan suaminya Liam Hemsworth.

 

Flowers sendiri bercerita tentang seorang wanita yang tidak berharap pada laki-laki karena sang wanita percaya bahwa hanya dirinya sendirilah yang dapat memberikan cinta terbaik untuknya. Lagu self-love Miley ini pun mendapat banyak respon baik dari netizen karena memiliki arti positif untuk lebih mencintai diri sendiri

 

Di TikTok sendiri para beauty influencer menggunakan lagu ini sebagai sound dengan konten yang memuat keahlian skill makeup mereka sesuai dengan lirik reff dari lagu Flowers. Hingga saat ini total sudah ada 4,5 juta konten yang menggunakan Flowers sebagai sound, keren ya!

2. FIFTY FIFTY - Cupid

undefined

Lagu TikTok viral berikutnya datang dari FIFTY FIFTY yang baru terjun ke industri musik. Beranggotakan para gadis muda bernama Aran, Keena, Saena, dan Sio, meskipun tergolong rookie di dunia hiburan, grup ini mampu menarik perhatian pengguna TikTok berkat lagu mereka yang easy listening dan lirik yang catchy. 

 

Lewat single bertajuk The Beginning: Cupid, FIFTY FIFTY berhasil membawakan lagu yang relate dengan para jomblo. Lagu Cupid bercerita tentang seseorang yang hopeless romantic namun tetap berharap pada cupid untuk menembakan panah cintanya, meskipun di lain sisi orang tersebut masih merasa ragu untuk menjalin hubungan itu sendiri.

 

Banyak konten kreator di TikTok yang menggunakan sound ini untuk menunjukan perasaan mereka sebagai seorang hopeless romantic. Bahkan terdapat juga beberapa template yang bisa kamu gunakan untuk konten dengan sound ini, lho.  FIFTY FIFTY merilis dua versi untuk lagu ini ya. Versi biasa adalah versi berbahasa Korea yang terdapat bagian Rap, sementara Cupid Twin Ver. adalah versi berbahasa Inggris yang dinyanyian oleh Sio dan Aran saja.

3. Taylor Swift - Anti Hero

undefined

Musisi asal Amerika Serikat yang sering kali mendapat julukan sebagai ratu galau internasional, Taylor Swift beberapa waktu lalu kembali dengan merilis album Midnights. Memiliki total 20 lagu, Anti Hero menjadi salah satu lagu pilihan Taylor yang mendapat kesempatan untuk memiliki music video. Sejak rilisnya pada Oktober lalu, lagu ini sudah menarik perhatian netizen.

 

Dalam lagu ini, Taylor menceritakan tentang rasa takut yang menghampirinya saat tengah malam, Taylor bahkan sampai merasa depresi dan takut ditinggalkan oleh orang di sekitarnya. Berbagai konflik yang kerap kali menimpa Taylor sebagai musisi papan atas juga turut menjadi inspirasi dari terciptanya lagu ini. Dari segala rasa takut yang dimilikinya, Taylor dapat mengemasnya menjadi satu lagu dengan melodi indah dan lirik yang penuh makna seperi Anti Hero.

4. Imase - Night Dancer

undefined

Lagu dari penyanyi muda asal Jepang ini, sering kali trending di media sosial termasuk lagu Night Dancer yang populer di TikTok. Layaknya pemuda generasi Z lainnya, Imase sering kali merilis kegiatan bermusiknya di TikTok dan menarik perhatian banyak orang. Bahkan lagu Night Dancer masuk chart bergensi bagi musisi Korea Selatan, Melon 100, lho. Sungguh pencapaian yang membanggakan bagi musisi luar Korea bukan?

 

Lagu ini sendiri menceritakan tentang pasangan yang sudah lama menghabiskan waktu bersama. Namun meskipun sudah memiliki banyak kenangan bersama, pasangan ini pun tidak pernah ingin berpaling dan tetap ingin bersama hingga menari di malam hari tanpa meperdulikan apapun selain satu sama lain.

 

Night Dancer memiliki dance challenge yang banyak diikuti oleh para idol seperti ENHYPEN hingga para pasangan muda di Jepang. Dengan gerakan yang santai dan alunan musik yang menyenangkan, kamu pasti akan tertarik untuk mengikuti dance challenge satu ini. Sedikit tips untuk kamu yang hendak mengikuti challenge, sebaiknya kamu mengambil video di luar ruangan saat malam hari supaya suasana bisa lebih sesuai dengan lagu yang dibawakan.

5. Ghost - Mary On A Cross

undefined

Dirilis pada tahun 2019 lalu, lagu yang dinyanyikan oleh band asal Swedia ini kembali viral berkat banyaknya konten kreator yang menggunakan sound Mary On A Cross sebagai backsound untuk video mereka. Berbeda dari grup band lainnya, seperti namanya yang berarti hantu, member Ghost tampil di atas panggung menggunakan topeng menyeramkan layaknya pengikut sekte sesat seperti yang dirumorkan netizen tentang asal-usul band tersebut.

 

Makna dari lagu Mary On A Cross sendiri juga rupanya sangat juga dinilai sangat membingungkan, bahkan beberapa netizen menyimpulkan bahwa lagu tersebut merupakan ajakan untuk bergabung bersama sekte pemuja setan yang para member ikuti. Namun sang penyanyi membantah dan berkata bahwa lirik lagu Mary On A Cross merupakan lagu yang bercerita tentang seksualitas dan efek halusinasi dari penggunaan narkoba dan ganja.

 

Biasanya konten yang menggunakan lagu ini sebagai backsound adalah konten-konten tentang pengetahuan sejarah Eropa pada abad pertengahan. Tetapi tidak jarang juga sebuah konten seperti potongan scene dari sebuah serial yang berlatar bangsawan Eropa zaman dahulu. Di luar dari kontroversi band dan lagu nya, sepertinya para konten kreator tidak begitu ambil pusing ya?

 

Baca Juga

10 Filter Instagram Viral Aesthetic 2023

6. Beabadoobee - Glue Song

undefined

Penyanyi dan menulis lagu, Beatrice Kristi Ilejay Laus atau yang biasa dikenal dengan nama panggung Beabadoobee merupakan gadis muda berdarang Filipina-Inggris yang populer berkat karyanya yang memanjakan telinga. Dengan suara merdu dan petikan gitar yang bisasa mengiringi lagu-lagunya, Beabadoobee pun populer di kalangan anak muda khususnya para generasi Z yang aktif bermain TikTok.

 

Jika di FYP kamu sering kali lewat konten tentang kucing yang menggemaskan, mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan lagu Glue Song. Para konten kreator khususnya mereka yang biasa membuat konten bersama peliharaan mereka biasanya menggunakan sound Glue Song untuk menambah kesan menggemaskan namun tetap menyejukan hati dari video-video teman bulu mereka.

7. Bruno Mars - After Last Night

undefined

Berbicara tentag sound TikTok, lagu dari penyanyi papan atas Bruno Mars tentu harus masuk dalam daftar ya! Akhir-akhir ini lagu kolaborasinya bersama Anderson Paak dan Silk Sonic, After Last Night yang dirilis pada tahun 2021 lalu dalam album An Evening with Silk Sonic, kembali viral berkat para konten kreator yang menjadikannya sebuah trend di media sosial berbasis video pendek tersebut.

 

Lagu ini sendiri bercerita tentang seorang pria yang jatuh cinta setelah pertemuanya dengan seorang gadis pada malam sebelumnya, ketika pagi datang sang pria pun masih memikirkan gadis tersebut dan kembali mengingat perasaan jatuh cinta itu hingga merasa tidak apa untuk menguncapkan selamat tinggal pada semua gadis sepermainannya karena sudah menemukan sebuah cinta yang sesungguhnya.

 

Seperti makna dari lagu nya, konten TikTok yang menggunakan sound ini biasanya berisikan pengalaman yang para kreator alami bersama dengan gebetan mereka dan membuat para penonton menjadi gemas. Trend lain dari sound After Last Night adalah tentang video edit dari celebrity crush atau fiction crush dari para konten kreator yang bisa membuat para penonton berdebar.

8. NewJeans - OMG

undefined

Grup rookie di bawah naungan HYBE Labels, NewJeans tentu sudah tidak asing lagi bagi kamu yang aktif di TikTok. Aktifnya promosi grup NewJeans di media sosial seperti TikTok tentu membuat nama mereka melambung dan terasa dekat dengan para penggemar. Selain itu lagu-lagu NewJeans yang easy listening juga mudah diterima di telinga masyarakat umum sehingga lagu seperti OMG bisa viral dan dicintai banyak orang.

 

Seperti konsep grup mereka yang mengangkat tema Y2K, genre dari lagu OMG yang merupakan UK garage juga populer di masa lalu, lho. Lagu ini bercerita tentang perasaan para gadis yang baru pertama kali jatuh cinta serta kebingungan yang melanda mereka karena baru merasakan perasaan asing tersebut, sangat cocok dengan image NewJeans yang merupakan gadis remaja polos ya?

 

Selain dance challenge yang dimulai dari para member NewJeans yang sedang berpromosi, ada banyak konten lainnya yang populer, lho. Seperti konten tentang gabungan beberapa foto ketika kamu bersenang-senang bersama teman atau daily vlog ketika kamu pergi bermain dan menghabiskan waktu bersama orang tersayang. Bahkan saking populernya kamu bisa menembukan banyak template NewJeans OMG yang dapat memudahkan kamu mengikuti trend.

9. Stephen Sanchez - Until I Found You

undefined

Lahir pada tahun 2002, penyanyi dan penulis lagu asal Amerika Stephen Sanchez, berhasil menyita perhatian warga TikTok dengan lagunya yang berjudul Until I Found You. Lagu yang dirilis pada September 2021 ini bagaikan tidak pernah lekang oleh waktu dan terus berkeliaran di FYP banyak pengguna TikTok hingga saat ini. Penyanyi dengan nama besar seperti Rose dari BLACKPINK juga pernah menyanyikan lagu ini saking populernya, lho.

 

Lagu yang memiliki alunan melodi yang romantis ini rupanya merupakan sebuah lagu cinta yang Stephen persembahkan untuk Georgia, seorang gadis yang berhasil membuatnya merasa tergila-gila dan menolak untuk jatuh cinta lagi atau berpaling kepada orang lain. Tetapi sayangnya dari berita yang beredar, saat ini Stephen dan Georgia sudah tidak bersama lagi meskipun masih berteman baik dan mengagumi satu sama lain.

 

Bagi kamu yang ingin membuat konten TikTok bersama orang terkasih, lagu ini wajib kamu pertimbangkan nih. Dengan lirik yang manis dan alunan musik yang mendayu, konten kamu pasti bisa membuat orang yang kamu anggap berharga merasa hangat dan disayangi sebagaimana Stephen menyatakan seberapa besar cintanya pada Georgia lewat lagu ini.

10. Wham! - Last Christmas

undefined

Lagu legendaris satu ini rupanya viral di TikTok meskipun belum memasukin musim dingin menjelang hari raya natal. lho. Dirilis oleh grup band Wham! pada tahun 1986 silam, Last Christmas pun menjadi salah satu lagu natal terpopuler sepanjang masa. Bahkan penyanyi seperti Ariana Grande memiliki versi remake dari lagu Last Christmas ini dengan lirik miliknya sendiri.

 

Patah hati akibat suatu penghianatan memang dapat memberikan luka yang membekas pada hati, begitulah yang sang pencipta sampaikan dalam lagu Last Christmas ini. Akibat berakhirnya hubungan dengan sang kekasih pada natal tahun lalu, sang penyanyi pun ingin memberikan hatinya pada orang yang tepat pada natal tahun ini supaya dirinya tidak kembali merasakan rasa sakit yang dulu dirasakannya.

 

Pada bagian "Me? I guess I was a shoulder to cry on, A face on a lover with a fire in his heart" menjadi populer di TikTok dengan gerakan dance sederhana yang khas dan membuat banyak konten kreator mengikutinya. Bahkan hampir 2 Juta konten video menggunakan dance challenge ini, lho. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya?

 

Baca Juga

5 Tren Influencer Marketing di 2023 yang Wajib Brand Pahami

11. Fujii Kaze - Shinunoga E-Wa

undefined

Merupakan salah satu lagu dalam album debutnya yang bertajuk HELP EVER HURT NEVER yang dirilis pada Mei 2020 lalu, penyanyi muda asal Jepang, Fujii Kaze pun berhasil menarik perhatian para pecinta musik dengan suara khas miliknya serta melody adiktif dari lagu Shinunoga E-Wa.

 

Secara harfiah, Shinunoga E-Wa berarti "I'd rather die" atau aku lebih baik mati. Tetapi meskipun memiliki judul yang menyeramkan, sebenarnya lagu ini merupakan sebuah lagu cinta yang seorang laki-laki persembahkan untuk kekasihnya, lho. Perasaan tidak ingin berpisah dan ingin selalu bersama yang laki-laki itu rasakan membuatnya ingin selalu bersama sang kekasih, bahkan menurutnya mati akan terasa lebih baik dibandingkan sebuah perpisahan.

 

Lagu Shinunoga E-Wa juga sangat populer di TikTok, terutama di kalangan para kreator muda yang senang menunjukan bakat mereka. Memiliki total lebih dari 425 ribu konten video, apakah kamu tertarik untuk menggunakan sound Shinunoga E-Wa dari Fujii Kaze sebagai backsound konten kamu?

12. The Weeknd & Ariana Grande - Die For You

undefined

Lagu Die For Yoy yang dinyanyikan oleh The Weeknd sebenarnya sudah rilis sejak 2016 lalu, namun pada Februari 2023 sang penyanyi bernama asli Abel Makkonen Tesfaye itu menggandeng Ariana Grande dalam versi remix dari Die For You. Rilisnya single kolaborasi ini pun disambut antusias oleh para pendengar musik dunia. Bahkan menurut laporan dari Billboard lagu ini berhasil menduduki posisi pertama setelah 7 tahun rilis.

 

Di TikTok lagu Die For You banyak digunakan oleh para konten kreator sebagai backsound konten mereka, lho. Mulai dari konten scene film, lipsync, hingga konten yang membicarakan gebetan mereka. Bahkan beberapa konten kreator juga membuat versi lain dari sound ini seperti membuat versi slow-mo dan speed-up yang membuat lagu ini menjadi semakin adiktif ketika didengarkan. 

13. Baby Tate - Hey, Mickey!

undefined

Bagi kamu yang aktif di TikTok pas sudah tidak asing lagu dengan sound "Hey Mickey you're so fine!" yang satu ini nih. Dinyanyikan oleh rapper asal Amerika yang akrab dipanggil dengan sebutan Baby Tate, sound Hey Mickey sendiri sudah memiliki jutaan konten yang dibuat oleh para konten kreator TikTok dari segala penjuru dunia.

 

Memiliki lirik dan melody yang easy listening pada bagian chorus, kamu pasti bisa langsung mengingat lagu ini meskipun baru pertama kali mendengarnya. Tetapi meskipun lagu ini terdengar menyengkan, ternyata Baby Tate membuat lirik dengan arti yang penuh dengan plot twist, lho.

 

Pada verse pertama, Baby Tate berhasil menyampaikan dengan baik kepada pendengar betapa mengagumkannya sosok laki-laki bernama Mickey. Layaknya wanita muda yang mudah jatuh cinta, Baby Tate pun menyukai Mickey sejak pandangan pertama. Namun setelah segala kekagumannya akan sosok Mickey, pada verse kedua Baby Tate mengatakan bahwa sebenarnya Mickey adalah seorang penyuka sesama jenis. Sungguh kisah yang tidak bisa tertebak ya?

14. PinkPantheress & Ice Spice - Boy's a Liar Pt. 2

undefined

Kolaborasi dari dua pemusik muda ini rupanya menghasilkan sebuah mahakarya yang banyak disukai oleh para gen Z di media sosial. Setelah merilis Boy's a Liar pada akhir tahun lalu, penyanyi asal Inggris, PinkPantheress kembali merilis lagu iconic tersebut dan berkolaborasi dengan rapper asal Amerika Ice Spice. Alih-alih bosan, para pendengar malah semakin menyukai lagu Boy's a Liar Pt. 2 yang rilis Februari 2023 ini.

 

Seperti arti judulnya, lagu ini bercerita tentang seorang wanita yang menjalin hubungan tidak sehat dengan seorang laki-laki. Dalam hubungan tersebut sang wanita merasa bahwa kekasihnya selalu merasa kurang dengan apa yang dirinya miliki, bukan hanya itu saja, bahkan sang kekasih tidak segan untuk membohongi si wanita berulang kali.

 

Meskipun kisah lagu ini tidak menyenangkan, namun melody yang ditampilkan cukup asik hingga membuat para konten kreator menari. Beberapa konten lain seperti beragam aksi lucu dari hewan peliharaan juga banyak menggunakan sound ini, lho. Bagaimana? Apakah kamu akan menggunakan lagu ini untuk menyindir kekasih toxic yang kamu punya atau lebih baik kamu gunakan untuk video lucu peliharaan saja?

15. Mazie - Dumb Dumb

undefined

Bagi kamu yang menonton film garapan Netflix Do Revange pasti tidak asing lagi dengan lagu Dumb Dumb yang satu ini. Selain menjadi soudtrack untuk film tentang anak sekolahan yang dibintangi oleh Maya Hawke dan Camila Mendes. Lagu ini juga rupanya populer di TikTok terutama untuk versi speed-up yang terdengar lebih menyenangkan di telinga.

 

Dumb dumb biasanya digunakan sebagai backsound untuk konten POV yang banyak dibuat konten kreator di TikTok. Kata dumb yang diucapkan berulang-ulang membawa kesan tersendiri seolah kamu tersadarkan akan betapa bodohnya kamu karena tidak menyadari sesuatu. Hal itu juga lah yang membuat lagu ini sering kali menjadi sound untuk konten potongan klip yang berisikan potongan film yang mengandung plot twist.

Itu dia beberapa lagu TikTok yang dapat kamu gunakan untuk membuat konten kamu FYP.  Selain lagu-lagu di atas masih banyak lagu viral TikTok lainnya yang bisa kamu gunakan sesuai dari jenis konten yang kamu buat. Pastikan untuk membuat konten yang positif dan tidak mengandung unsur sensitif yang dapat menyingung pihak tertentu.

 

Selamat mencoba dan selamat berkarya para kreator muda! Semoga artikel ini dapat membantu kamu menentukan sound untuk konten kamu ya! Dari beberapa rekomendasi yang sudah HIGO berikan, adakah yang menarik bagi kamu? Jika kamu punya rekomendasi lagu TikTok populer lainnya, silahkan tulis di kolom komentar!

 

Baca Juga

10 Faktor yang Memengaruhi Algoritma TikTok di 2023

Situs Website AI yang Terbukti Mempermudah Pekerjaanmu

Topik Terkait

loading