Lifestyle

27 10 2023

Film Horror Populer yang Diangkat dari Kisah Nyata

Nomor berapa yang paling seram?

283 Views

Film Horror Populer yang Diangkat dari Kisah Nyata

Dalam dunia perfilman, kisah nyata seringkali menjadi sumber inspirasi bagi film-film horror untuk memikat minat penonton. Sebagian orang beranggapan bahwa film yang didasari kisah nyata lebih menarik untuk ditonton. Film-film horor berdasarkan kisah nyata memberikan dimensi yang lebih dalam, sehingga membuat para penonton merasa bahwa kengerian yang terjadi benar-benar ada di dunia ini.

 

Dalam artikel kali ini, HIGO akan membahas tentang beberapa rekomendasi film horror yang mengambil inspirasi dari kisah nyata spesial menjelang perayaan Halloween. Siapkan diri untuk list film seram di bawah ini ya!

1. The Conjuring

undefined

Film satu ini merupakan kisah nyata dari paranormal fenomenal Ed dan Lorraine Warren. Pasangan paranormal tersebut memang terkenal akan kasus-kasus yang mereka selesaikan, salah satunya adalah kisah yang terjadi di kawasan Rhode Island pada tahun 1971.  Cerita berpokus pada keluarga pasangan Carolyn dan Roger Perron bersama 5 orang anak perempuan mereka.

 

Ketika hari pertama pindah ke rumah baru mereka, keluarga Perron menjalani hari seperti biasa, teror mereka dimulai pada hari ke dua saat menempati rumah tua tersebut. Rangkaian kejadian aneh terus terjadi hingga akhirnya Carolyn sebagai ibu yang khawatir akan keselamatan anaknya, memutuskan untuk menghubungi paranolmal Warren. 

 

Pasangan Warren tersebut mengatakan bahwa rumah baru keluarga Perron dulunya merupakan milik penyihir bernama Bathsheba yang sudah mengutuk tanah tempat rumah itu berdiri. Kamu bisa menyaksikan kisah pengusiran yang dilakukan oleh Ed dan Lorraine Warren di film The Conjuring!

2. The Exorcism of Emily Rose

undefined

Diadaptasi dari kisah seorang gadis bernama Anneliese Michel pada tahun 1952, film ini menceritakan tentang kasus exorcism gagal yang berujung kematian. Dalam film kamu akan dibuat penasaran oleh pengacara Erin Burner, yakni pengacara yang mengambil kasus ini sebagai batu loncatannya untuk naik jabatan di firma hukumnya.

 

Dalam kasus kematian Emily Rose, tersangka yang diduga sebagai pembunuhnya adalah Richard Moore, seorang pastor yang dipercaya orang tua Emily untuk melakukan exorcim kepada anak perempuan mereka. Selama persidangan, sang pastor bersikeras bahwa dirinya tidak membunuh Emily meskipun sudah dipaksa mengaku oleh Jaksa yang bertugas.

 

Dapatkah Erin Burner mendapat jalan terang dalam mengungkapkan kebenaran di balik kasus kematian Emily Rose? Atau ada alasan lain di balik meninggalnya gadis berusia 16 tahun tersebut? Saksikan kisah selengkapnya dalam The Exorcism of Emily Rose di malam Halloween kamu nanti.

3. Keluarga Tak Kasat Mata

undefined

Pecinta horror mungkin sudah tau kisah yang satu ini. Diangkat dari postinga seorang pria bernama Bonaventura Genta di forum Kaskus pada tahun 2016, kemudia kisah ini terus menyebar ke segala penjuru internet. Bahkan ada podcast dan YouTube nya juga, lho. Memang seseram apa sih pengalaman yang dialami Bonaventura Genta?

 

Kisah bermulai saat salah satu perusahaan periklanan di Jogja memutuskan untuk pindah kantor, bangunan yang menjadi kantor baru perusahaan tersebut merupakan sebuah rumah dengan segala makhluk halus di dalamnya. Satu persatu karyawan pun mengalami kejadian mistis dan diganggu oleh sang penunggu.

 

Kejadian yang semakin parah membuat Genta dan teman-teman kantornya memutuskan untuk meminta bantuan pada Hao yang mengerti tentang hal-hal tak kasat mata. Dengan indra keenam yang dimilikinya, Hao pun mencari tau alasan dari munculnya makhluk-makluk tersebut dan mengganggu para karyawan.

4. Verónica

undefined

Pernah main Ouija? Game yang berhubungan sama arwah tersebut jadi pemicu kejadian horror yang ada di film ini. Verónica sendiri terinspirasi dari kisah seorang remaja bernama Estefanía Gutierrez yang hidup bersama keluarganya di Madrid pada tahun 1992. Berdasarkan kisah aslinya setelah bermain ouija, Estefanía meninggal secara misterius.

 

Suatu hari saat gerhana matahari, seorang gadis bernama Veronica yang saat itu sedang mengasuh adiknya bermain permainan papan ouija untuk memanggil arwah dari orang yang sudah meninggal. Setelah bermain, Veronica menjadi sering dirasuki oleh sosok jahat bahkan sampai membahayakan anggota keluarga lainnya.

 

Film ini sempat ramai di media sosial beberapa waktu lalu saking seramnya, bahkan salah satu netizen mengatahan bahwa hanya ada 1 orang yang berhasil menonton film ini hingga selesai dari 100 orang yang menontonnya. Apakah kamu berani nonton film horror ini untuk menemani malam Halloween kamu?

5. KKN di Desa Penari

undefined

Beberapa waktu lalu cerita tentang sekelompok mahasiswa yang melakukan KKN di sebuah desa memang sempat ramai dibicarakan. Thread yang diunggah di Twitter tersebut didasari dari pengalaman nyata seseorang beberapa tahun lalu. Saking viralnya kisah tersebut, sang pembuat thread juga mempulikasikan kisah yang lebih detail dalam bentuk novel, lho.

 

Kisah mermula dari kedatangan 6 mahasiswa ke sebuah desa terpelosok untuk menjalani KKN. Meskipun sudah mendapat penolakan dari kepala desa, para mahasiswa itu pun akhirnya mendapat izin untuk melakukan KKN dengan banyak syarat dan peraturan yang harus dipatuhi. Awalnya memang kegiatan di desa tersebut berjalan dengan lancar hingga satu persatu mahasiswa mendapat gangguan dari makhluk penunggu desa.

 

Ada banyak pelajaran yang bisa kamu ambil dari film ini, intinya jangan berbuat sembarangan di tempat tinggal orang lain jika tidak ingin mendapat karma ya. Kamu bisa saksikan film KKN di Desa Penari selengkapnya di Disney Hotstar.

Film yang diangkat dari kisah nyata memang memberikan kesan tersendiri bagi yang menontonnya. Bagailkan mendengarkan kisah orang lain, based on true story movie akan lebih mudah untuk dirasakan oleh para penonton. Makanya film horror yang diangkat dari kisah nyata sangat populer dan banyak dibicarakan orang banyak ya?

 

Sekian rekomendasi film horror yang bisa kamu saksikan saat merayakan malam Halloween, semoga film di atas bisa membuat kamu merinding dan berdebar saat menontonnya ya! Happy Halloween dan selamat berakhir pekan!

 

Baca Juga

Rekomendasi Cafe Untuk Nongkrong di Daerah Jabodetabek

5 Brand Kosmetik yang Sukses Kolaborasi Dengan Brand F&B

Topik Terkait

loading