Lifestyle

13 09 2023

5 Brand Kosmetik yang Sukses Kolaborasi Dengan Brand F&B

Mana kolaborasi yang paling kamu suka?

300 Views

5 Brand Kosmetik yang Sukses Kolaborasi Dengan Brand F&B

Brand kosmetik dan kecantikan kian menunjukan kreativitas nya dalam melakukan inovasi untuk bersaing di pasar yang semakin ketat. Salah satu cara yang efektif adalah dengan melakukan kolaborasi. Bentuk kolaborasi yang diusung oleh brand kosmetik ada berbagai macam seperti kolaborasi bersama beauty influencer, tokoh animasi, film atau komik, hingga kolaborasi bersama brand F&B ternama.

 
Kerjasama ini dinilai mampu menaikan reputasi dari dua brand dan efektif untuk meningkatkan penjualan, lho. Berikut ini adalah beberapa brand kosmetik yang berkolaborasi bersama F&B dan viral di Indonesia, apakah kamu pernah pencoba nya?

1. Dear Me Beauty x KFC

undefined
Setelah sebelumnya sukses berkolaborasi dengan brand F&B yang populer seperti Nissin, Yupi, dan Sasa, brand kosmetik asal Indonesia Dear Me Beauty juga melakukan kolaborasi bersama restoran fast food asal Amerika yang fenomenal, KFC. Rangkaian koleksi ini dirilis mulai dari akhir tahun 2021 hingga tahun 2022.
 
Dalam kolaborasi Dear Me Beauty dan KFC total ada 9 produk yang dirilis secara berkala. Produk tersebut memiliki packaging khusus dengan warna merah putih khas KFC. Beberapa packaging bahkan memiliki bentuk seperti kemasan ayam KFC sungguhan, lho. Hasil produk dari kolaborasi dua brand ini adalah sheet mask, primer sunstick, cushion, face pallete, lip tint, eyebrow contour, moisturizer, eyeliner, dan meltway balm.

2. Mizzu x Khong Guan

undefined
Brand kosmetik lokal berikutnya yang berkolaborasi dengan brand F&B adalah Mizzu. Brand yang berdiri sejak 2012 ini berkolaborasi dengan biskuit legendaris Indonesia, Khong Guan. Hasil dari kolaborasi dua brand ini adalah face pallete dengan packaging ala biskuit Khong Guan yang ikonik.
 
 
Ada 3 shades di dalam face pallete yang masing-masing diberi nama Baba, Papa, dan Daddy. Bukan tanpa alasan, pemberian nama shades dengan panggilan Ayah tersebut disebabkan oleh sosok Ayah yang tidak ada dalam potret keluarga di kemasan Khong Guan sehingga menimbulkan banyak konspirasi. Detail juga ya?

3. Moko Moko x Regal

undefined
Siapa yang suka banget sama biskuit marie produksi Bandung yang ada dari tahun 1952 satu ini? Yup! Tidak ketinggalan Regal juga melakukan kolaborasi bersama brand kosmetik asli Indonesia, Moko Moko. Hasil dari kolaborasi ini merupakan lipcream sachet yang mudah dibawa kemana-mana.
 
Selain mudah dibawa dan simple, lipcream Moko Moko x Regal juga punya aroma susu seperti biskuit marie, lho. Penasaran banget ya? Dari beberapa netizen yang udah review sih katanya bikin pengen makan lipcream nya. Namun sayang nya hanya ada 1 shade aja untuk kolaborasi ini.

4. Polka x Chupa Chups

undefined
Kolaborasi brand kosmetik dan F&B viral berikutnya adalah Polka dan Chupa Chups. Bukan hanya produk nya yang mendapat review baik dan respon positif, packaging nya yang lucu dan imut juga menjadi salah satu alasan mengapa netizen penasaran dan check-out produk kolaborasi ini.
 
Terdapat beberapa produk dalam kolaborasi Polka dengan permen fenomenal tersebut, diantaranya adalah eyeshadow, highlighter, powder blush, dan lip tattoo. Namun produk yang paling best seller dan wajib untuk kamu coba adalah blusher puff nya, nih. Tersedia dalam 4 shades yang cocok dengan kulit orang Indonesia.

5. Somethinc x Kopi Kenangan

undefined
Memiliki mindset bahwa kopi tidak hanya dapet diminum untuk menikmati manfaatnya, kolaborasi antara Kopi Kenangan dan Somethinc pun terbentuk. Kolaborasi ini meluncurkan 2 produk yaitu body scrub dan lip scrub yang keduanya memiliki bahan dasar yang terbuat dari kopi yang kaya akan manfaat untuk kecantikan.
 
Hasil dari kolaborasi ini dijual sangat exclusive dan hanya dapat dibeli di 30 gerai Kopi Kenangan tertentu saja, lho. Produknya berupa bundle yang berisikan 1 produk body scrub atau lip scrub dan 1 exclusive tumbler Lid Cup kolaborasi dari Somethinc dan Kopi Kenangan.
Bagaimana kolaborasi antar brand di atas? Apakah dengan berkolaborasi dan merilis produk seasonal akan membuat kamu tertarik untuk membeli produk kosmetik suatu brand? Atau tergantung dengan siapa brand tersebut berkolaborasi? Kamu tim yang mana nih?
 
 
Nyatanya dengan memikirkan jawaban dari pertanyaan itu saja sudah membuktikan bahwa kolaborasi antara 2 brand ternama akan membuat kamu berpikir untuk membeli produk tersebut, lho. Cara yang cukup efektif untuk berpromosi ya! Kira-kira brand kosmetik dan F&B mana yang kamu harapkan untuk melakukan kolaborasi?
 
 
Baca Juga

Topik Terkait

loading