Lifestyle

15 01 2021

Tes MBTI untuk Cari Pekerjaan Sesuai dengan Kepribadianmu Jilid 1

Bekerja sesuai passion buat kamu bisa explore lebih dalam.

585 Views

Tes MBTI untuk Cari Pekerjaan Sesuai dengan Kepribadianmu Jilid 1
Kamu pasti pernah melihat teman di media sosial menulis singkatan INFP atau ESTJ di bio mereka? Singkatan tersebut bukanlah tanpa makna, tapi merupakan cerminan dari kepribadian yang mereka miliki. 
 
Meyers-Briggs Type Indicator atau lebih dikenal dengan MBTI adalah tes kepribadian yang paling sering digunakan hampir di seluruh dunia. Setidaknya menurut Newyorker, ada lebih dari 2 juta orang menggunakan tes kepribadian ini setiap tahunnya. Tes kepribadian MBTI bahkan sudah digunakan di 26 negara untuk menilai setiap pekerja, murid, hingga kecocokan dalam memilih pasangan hidup. 
 
Meski kepribadian setiap orang tidak pernah ada yang sama, setidaknya tes kepribadian ini membantu kamu memahami seperti apa dirimu sebenarnya, untuk menentukan pekerjaan yang sesuai dengan kepribadian yang kamu miliki. 
 
Tes MBTI membagi kelompok berdasarkan Introversion (I), Extraversion (E), Intuitive (N), Sensory (S), Thinking (T), Feeling (F), Judging (J), dan Perceiving (P). Tes kepribadian MBTI memiliki 16 kepribadian yang dikelompokan menjadi 4 kategori. Namun di artikel kali ini, kita akan membahas 2 kategori kepribadian terlebih dahulu.

Kategori Kepribadian Meyers-Briggs Type Indicator

Analis

undefined
Kepribadian pertama yang akan dibahas adalah analis. Analis menjadi kepribadian yang menggabungkan tipe kepribadian intuitif dan berpikir. Dimana tipe kepribadian ini menitik beratkan pada rasionalitas, kejujuran, hingga kecerdasan intelektual. Ada 4 kepribadian yang masuk ke dalam kategori analis.
 
  1. Arsitek (INTJ)

    Empat kepribadian dari analis yang pertama yaitu arsitek (INTJ). Arsitek adalah orang dengan ciri-ciri kepribadian introvert, intuitif, berpikir, dan juga menilai. Tipe INTJ percaya, menjadi cerdas dan bekerja keras jadi jalan menuju keunggulan. Tipe ini banyak menjadi manajer proyek, insinyur, ahli strategi pemasaran, analis sistem, dan ahli strategi militer.

  2. Logika (INTP)

    Kedua ahli logika (INTP) adalah seseorang dengan ciri-ciri kepribadian introvert, intuitif, berpikir, dan mencari prospek. Mereka sering mencari jalan yang tidak mungkin dan bereksperimen dengan kreativitas pribadi. Hal penting bagi tipe ini adalah jangan pernah berhenti bertanya. Pekerjaan yang cocok untuk INTP adalah bisnis analis, strategic, data analis, insinyur mekanik, atau developer.

  3. Komandan (ENTJ)

    Seorang komandan (ENTJ) adalah seseorang dengan kepribadian ekstrovert, intuitif, berpikir, dan menilai. Tipe ini sangat menyukai hasil atau pencapaian dan selalu cermat dalam mengumpulkan informasi untuk membangun sisi kreatif mereka. Tipe ini banyak mendominasi sebagai pengacara. 

  4. Pendebat (ENTP)

    Seorang pendebat (ENTP) adalah mereka dengan kepribadian ekstrovert, intuitif, berpikir, dan mahir dalam hal negosiasi. Mereka memiliki pribadi yang berani dan kreatif dalam mencapai tujuan, meski terkadang banyak rintangan. 

    Kekuatan dari kepribadian ini adalah menjadi komunikator yang hebat, baik verbal maupun non verbal. Biasanya orang dengan tipe kepribadian ini sering menjadi pengacara, psikolog, psikiater, atau enterpreneur.

Diplomat

undefined
Kategori kepribadian kedua adalah diplomat. Kepribadian ini menggabungkan antara intuitif dengan perasaan. Kategori kepribadian ini begitu memiliki rasa empati, idealis, serta memiliki skill diplomatik yang tinggi, beberapa kepribadian tersebut di antaranya.
  1. Advokat (INFJ)

    Kepribadian ini memiliki ciri-ciri intovert, intuitif, perasaan, dan menilai. Mereka akan cenderung mendekati kehidupan dengan perhatian dan imajinasi yang dalam. Mereka ingin pekerjaan yang dilakukan bisa membantu orang lain. Sehingga jenis pekerjaan yang cocok adalah konselor, guru, pekerja sosial, dan dokter. 

  2. Mediator (INFP)

    Mediator memiliki ciri-ciri introvert, intuitif, perasaan, dan prospeksi atau menyelidiki. Mereka cenderung pendiam, berpikir terbuka, dan imajinatif dengan pendekatan kepedulian. Mediator begitu peka dengan keindahan artistik sehingga banyak dari mereka menggeluti bidang tari, drama, musik, penulis naskah, komposer, dan koreografer.

  3. Protagonis (ENFJ)

    Kepribadian ini memiliki ciri-ciri extrovert, intuitif, perasa, dan menilai. Tipe ini begitu hangat dan senang mebantu orang lain. Protagonis menaruh minat yang tulus terhadap orang lain. Cara pendekatan mereka adalah dengan sifat keramahannya. Tipe protagonis cocok menjadi koordinator acara, politisi, atau manajer operasional.

  4. Juru Kampanye (ENFP)

    Juru kampanye adalah seseorang dengan ciri kepribadian ekstrovert, intuitif, perasaan, dan pencarian. Orang tipe ini memiliki ide dan tindakan yang besar, dimana kedua hal tersebut dapat mencerminkan harapan dan niat baik. Bahkan sering energi bersemangat mereka dapat mengalir ke berbagai arah.

    Pekerjaan yang cocok dari tipe kepribadian ENFP adalah perawat, ahli gizi, pekerja sosial, aktris atau aktor, konselor, atau jurnalis. 
Kamu yang merasa belum mengetahui seperti apa kepribadianmu, kamu bisa ikuti tesnya secara gratis di 16 Personalities. Tes ini akan memberikan kamu gambaran seperti apa kepribadianmu, apa kelebihan yang kamu miliki, dan pekerjaan yang sesuai dengan kepribadianmu.
 
Proses mengenal diri sendiri dengan baik sangat penting untuk kamu ketahui. Ini agar kamu tidak mudah merasa insecure dan bisa menghadapinya dengan tenang saat ada komentar negatif yang datang. Nah, untuk penjelasan tentang kepribadian MBTI lainnya tunggu di artikel selanjutnya ya...
 

Topik Terkait

loading